Gochujang Buatan Rumahan Rasa Korea

  • resep gochujang

Saat ini semua hal tentang Korea tentunya menarik perhatian banyak orang, khususnya di kalangan anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya budayanya saja yang digemari namun, makanannya pun memiliki banyak penggemar. Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis makanan dari Korea seperti Kimchi, yang nyum tong dak, bibimbap, dan tteokbokki.

Semua jenis makanan Korea tersebut memiliki rasa pedas yang berasal dari gochujang, yang merupakan bubuk cabai asli Negeri Ginseg tersebut. Kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai jajanan khas Korea yaitu Tteokbokki, seperti berikut:

Tteokbokki

Tteokbokki merupakan jajanan khas kaki lima asal Korea yang cukup populer. Makanan ini memiliki cita rasa yang cukup pedas dan sedikit manis, terbuat dari tteokk atau kue beras yang dimasak dalam saus berbahan gochujang. Penyajiannya dibentuk silinder pendek dengan warna putih, jika dimakan akan terasa kenyal.

Gochujang

Gochujang merupakan pasta cabai yang untuk masakkan Korea. Bahan utama makanan ini berasal dari beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. Pada zaman dahulu, proses fermentasi yang dilakukan pada halaman rumah di dalam tempayan.

Resep gochujang memiliki bahan baku yang berbeda-beda pada setiap daerahnya. Pada umumnya campuran bahan yang digunakan seperti berbagai jenis tepung yaitu kedelai, milet, gandum. Lalu, ditambahkan juga bubuk cabai garam dapur, dan kecap asin yang digunakan sebagai sebagai bumbu untuk dimatangkan dengan cara fermentasi.

Cara Membuat Gochujang

Untuk membuat masakan Korea dengan bahan pasta cabai gochujang, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Korea karena dapat dibuat sendiri. Penasaran? Berikut resep gochujang yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Bahan:

- 3 sdm Tepung ketan

- 4 sdm Cabai bubuk atau sesuai selera

- 5 sdm Kecap asin

- 1/5 sdm Gula pasir

- 2 sdm Cuka

- 4 sdm Air matang

- 5 siung bawang merah (parut halus)

Cara Membuat:

- Campurkan tepung ketan dengan cabai bubuk dan aduk hingga rata

- Kemudian tambahkan kecap asin, gula pasir dan cuka

- Tambahkan air matang dan aduk hingga membentuk pasta kental

- Simpan pada wadah kedap udara di suhu ruang untuk difermentasikan selama 3 hingga 4 hari, semakin lama difermentasi akan menjadi lebih enak

Untuk cabai bubuk, Anda bisa menggunakan produk asal Korea atau pun lokal. Jika Anda menggunakan cabai bubuk Korea, warnanya akan lebih merah tetapi tidak terlalu pedas. Namun, jika menggunakan cabai bubuk lokal, warna yang dihasilkan tidak terlalu cerah tetapi memiliki rasa yang lebih pedas.

Nah, itulah resep gochujang yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Bahan baku tepung ketan dapat diganti dengan tepung kedelai yang tinggi akan protein. Anda dapat menggunakan tepung kedelai dari Markaindo yang diproduksi oleh Crown Soya.

Crown Soya Protein merupakan salah satu produsen dan eksportir produk protein kacang kedelai di China. Produk yang dihasilkan berupa Isolated Soy Protein (ISP) atau tepung kedelai, soy protein concentrate, soy dietary fiber dan textured soy protein. Produk ini dibuat dengan bahan baku berkualitas tinggi, sistem produksi yang terjaga mutunya serta mesin-mesin produksi dengan kualitas tinggi.

Tepung kedelai ini telah terbukti baik untuk digunakan pada berbagai macam bahan makanan. Anda bisa mendapatkan tempat jual tepung kedelai untuk membuat resep gochujang di Markaindo. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang tepung kedelai dari Crown Soya, Anda dapat mengunjungi www.markaindo.co.id  atau dapat memesannya dengan mengirim email di marketing@markaindo.co.id.