Fakta Unik Mulai dari Kentang Hingga Potato Starch

Di Indonesia, kentang memang bukan merupakan makanan pokok seperti halnya di negara Barat. Akan tetapi, cukup banyak masakan tradisional Indonesia yang menjadikan kentang sebagai bahan utamanya, misalnya saja sambal goreng kentang dan ati ayam, perkedel, dan juga kering kentang balado. Rasa kentang yang bisa dengan mudah berpadu dengan banyak bumbu membuat umbi satu ini banyak digemari.

Nah, buat Anda yang kurang suka mengonsumsi kentang, berikut ini ada beberapa fakta unik yang perlu Anda tahu:

 

Kentang termasuk salah satu bahan makanan tersehat di dunia

Meski mengenyangkan, kentang merupakan bahan makanan yang bebas lemak dan kolesterol serta rendah sodium. Selain itu, kentang merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik dan juga sekaligus kaya akan potasium. Mengonsumsi kentang sebagai sumber karbohidrat utama pengganti nasi akan membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Seluruh jenis kentang memiliki nutrisi yang sama

Ada begitu banyak jenis kentang yang beredar di pasaran, seperti kentang Kennebec yang banyak ditanam di Indonesia, kentang Dore yang memiliki ukuran kecil dengan kulit halus, hingga kentang Kerr’s Pink yang memiliki kuliat berwarna pink keunguan. Meski banyak jenisnya, namun nutrisi dari seluruh varietas kentang hampir sama, yakni > 20% vitamin C dan potasium, > 8% serat, > 10% vitamin B6, < 140 mg sodium, serta < 5 g lemak.

 

Kentang sama sekali tidak menggemukkan

Dikarenakan bebas lemak dan kolesterol, kentang termasuk bahan makanan yang tidak akan membuat Anda gemuk sehingga cocok sekali dikonsumsi ketika diet. Akan tetapi, proses pengolahan dan juga bahan yang dimasak bersama kentang memegang peranan cukup penting. Pastikan tidak mengolah kentang dengan terlalu banyak minyak dan bahan berlemak lainnya.

 

Mengupas kulit kentang tidak membuat Anda kehilangan nutrisi penting

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa nutrisi terpenting kentang terdapat pada kulitnya. Hal ini ternyata tidak terbukti, karena hampir seluruh nutrisi kentangberada pada bagian dagingnya. Namun mengapa banyak orang yang lebih memilih mengolah kentang tanpa mengupasnya? Hal ini disebabkan kulit kentang akan memberikan tekstur lebih renyah saat digoreng atau dipanggang.

 

Kentang merupakan bahan makanan yang bebas gluten

Meski tak banyak, namun ada sebagian orang yang ternyata memiliki alergi terhadap gluten. Nah, saat hal tersebut terjadi, kentang menjadi bahan makanan terbaik yang bisa dipilih karena bebas gluten. Berbagai olahan kentang ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak didapatkan dari bahan makanan dengan kandungan gluten.

 

Kentang bisa menggantikan banyak bahan lain

Dengan rasanya yang udah diatur dan juga teksturnya yang cocok dengan berbagai teknik memasak, kentang bisa dijadikan salah satu bahan pengganti untuk makanan lain yang kurang sehat. Jika ingin menggantikan daging-dagingan misalnya, kentang bisa dipanggang atau diolah dengan kuah. Jika ingin menggantikan topping seperti beef bacon, Anda bisa mengiris tipis kentang dan membumbuinya kemudian memanggangnya hingga kering.

 

Kentang dalam bentuk tepung atau potato starch juga menjadi alternatif pengganti yang baik untuk tepung terigu biasa. Potato starch bisa diolah menjadi adonan pizza,  pasta, hingga berbagai olahan roti. Potato starch ini juga dapat dicampurkan dengan berbagai hidangan lain yang akan memberikan nutrisi dan tekstur lebih.

Untuk mendapatkan potato starch berkualitas, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.