Fakta Mengejutkan Di Balik Lezatnya Sosis Bratwurst

  • fakta Sosis bratwurst

Sosis memang merupakan makanan lezat yang dapat Anda nikmati bersama teman atau keluarga. Makanan cepat saji ini juga cukup mudah untuk dimasak, dan juga tidak sulit untuk ditemukan. Tapi tahukah Anda, ternyata sosis ini memiliki rasa yang berbeda berdasarkan negara tempat dibuatnya.

Salah satunya adalah sosis bratwurst yang berasal dari Jerman. Sosis yang dibuat dari negara ini ternyata memiliki rasa yang kuat, karena terbuat dari daging sapi muda atau veal, babi, dan juga daging sapi dewasa. Penggunaan nama “bratwurst” sendiri berasal dari bahasa Jerman, yaitu “brat” yang berarti daging cincang dan “wurst” yang berarti sosis.

Fakta Unik di Balik Bratwurst

Lebih dari itu, ternyata sosis dari Jerman ini juga memiliki beberapa fakta unik yang pastinya akan membuat Anda terkejut! Apa saja fakta tersebut? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1.Salah Satu Sosis Terenak di Dunia

Tidak disangka, ternyata sosis dari Jerman ini merupakan salah satu sosis terbaik di dunia menurut versi Barbecue Bible. Sosis ini diketahui sebagai satu dari 10 jenis sosis yang sangat cocok untuk dipanggang bersama dengan makanan lainnya.

2.Disajikan Sebagai Makan Siang

Di negara asalnya, sosis ini biasa dijadikan menu makan siang, bersamaan dengan salad kentang, mustard, atau juga sauerkraut (sejenis kol asli Jerman). Cara memasak sosis ini di Jerman sendiri pun cukup beragam, mulai dari dipanggang, goreng, hingga diolah menjadi sup kaldu yang gurih. Orang Jerman sering menikmatinya didampingi dengan bir.

3.Museum Brutwurst di Jerman

Karena jumlah jenis sosis yang cukup banyak di Jerman, yaitu sekitar 42 jenis, maka museum untuk menghormati kekayaan kuliner sosis pun dibangun di sebuah desa bernama Holzhausen. Masing-masing sosis jerman memang diketahui memiliki cita rasa yang berbeda, dibedakan berdasakan ukuran dan juga bumbu yang digunakan.

4.Disajikan dengan Roti

Di luar Jerman, Bratwurst biasa disajikan bersama dengan roti layaknya hot dog, dengan tambahan topping berupa bawang dan juga keju. Terkadang, juga dijadikan sebagai bahan isian untuk sup sayuran atau tomat.

5.Biasa Dijual dalam Kondisi Fresh

Sosis ini memang jarang sekali dijual dalam kondisi telah dimasak atau diasapi, karena memang ciri khas dari Bratwurst adalah bahan-bahan berkualitas yang digunakan di dalamnya. Kalau pun memang dijual, biasanya dalam jumlah yang cukup terbatas.

Membuat Bratwurst di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sosis asal Jerman ini sudah cukup lama dikenal. Salah satu brand yang mengekspor bumbu untuk membuat bratwurst ke tanah air adalah Wilberg Berger & Co G.m.b.H. yang memasok cukup banyak sosis setiap tahunnya. Berawal dari perusahaan bumbu yang didirikan pada tahun 1947 di Austria, perusahaan ini diketahui telah memproduksi bumbu Nuremberg style yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas.

Untuk proses pembuatannya, perusahaan ini diketahui mengikuti standar internasional untuk setiap bumbu yang mereka pasarkan. Sebut saja bumbu berjenis tunggal, yang tersedia dalam bentuk bumbu utuh (whole) atau melalui pengolahan seperti digiling, dikeringkan, atau proses lain yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan.

Selain bumbu untuk sosis jerman ini, Wilberg Berger & Co G.m.b.H. juga memproduksi bumbu lainnya untuk olahan daging. Berbagai bumbu berkualitas ini pastinya akan membuat masakan di rumah atau restoran Anda lebih enak dan memiliki cita rasa asli Jerman. Anda bisa mendapatkannya di Indonesia melalui PT. Markaindo Selaras, yang dapat dilihat langsung di websitewww.markaindo.co.id atau memesan langsung lewat email di marketing@markaindo.co.id