Fakta Menarik Tentang Textured Soy Protein

Berkembangnya teknologi dan zaman membuat para pengusaha menciptakan sesuatu yang baru setiap waktunya. Tidak terkecuali dengan penciptaan bahan makanan baru yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Baru-baru ini, perusahaan Bremil yang berasal dari Negara Brazil, memproduksi bahan baku untuk industri pengolahan daging yaitu textured soy proteinatau protein kedelai bertekstur.

Pembuatan Textured Soy Protein

Protein kedelai bertekstur dibuat dari tepung kedelai yang telah diambil kandungan lemaknya (defatted soy flour). Dalam proses produksi defatted soy flour ini juga mengalami proses ekstrusi dalam sebuah mesin yang disebut dengan ekstruder. Selama proses ekstrusi, pulp dari defatted soy flour diberikan suhu dan juga tekanan tinggi sehingga mengalami ekspansi volume. Ekspansi volume terjadi sehingga membentuk struktur produk akhir yang porous dan terbuka dengan kadar protein antara 50-54% (dry basis). Setelah itu, produk yang dihasilkan dapat mampu menyerap air (hidrasi) yang sangat tinggi dan akhirnya berupa tekstur daging giling yang lunak namun tidak lembek.

Cara Pengolahan dan Penyimpanan

Textured soy protein (TSP) tidak mengandung rasa, daging atau ayam dan bisa digunakan dengan ramuan dan perasa agar mendapatkan hasil makanan yang lezat. TSP dibuat dengan menggunakan air dengan suhu panas dan tekanan yang tinggi, diekstrusi, dipotong dan dipanggang untuk mendapatkan tekstur. Selama diproduksi, pengolahan juga bisa ditambahkan vitamin, mineral, warna dan juga rasa.

Cara penyimpanan yang benar yaitu dengan menarun di dalam wadah kering dan kedap udara dan setidaknya textured soy protein dapat bertahan selama satu tahun lamanya. Setelah didehidrasi dengan cairan, TSP harus didinginkan atau dibekukan sampai habis. TSP yang didinginkan ini bisa dipertahankan selama 3 sampai 6 bulan.

ManfaatTextured Soy Protein

Textured soy protein adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sehat dan mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Protein kedelai yang terdapat pada Textured soy protein dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah. 25 gram protein yang terdapat di dalam makanan sehari-hari rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol tidak baik) yang cukup tinggi.

Dapatkan textured soy protein di PT Markaindo Selaras. Markaindo Selaras telah bekerja sama dengan perusahaan Bremil untuk menyediakan bahan makanan berkualitas di Indonesia. Bremil menyediakan produk TSP dengan berbagai bentuk dan warna yang dapat disesuaikan sesuai dengan permintaan pemesanan. Bukan hanya itu, Bremil juga memiliki produk andalan lainnya yaitu corn-crumb yang terbuat dari bahan jagung dan tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

 

Cek informasi selengkapnya melalui email marketing@markaindo.co.id atau melalui telepon (021) 87920515, atau (021) 87920516. Yuk cek selengkapnya di website www.markaindo.co.id sekarang juga dan dapatkan produknya di PT Markaindo Selaras dengan cepat, mudah dan juga nyaman.