Enzim Transglutaminase, Rahasia Makanan Lebih Segar dan Sehat

  • Tranglutaminase markaindo

Apakah Anda penggemar bakso? Tahukah Anda apa yang membuat bakso tersebut menjadi enak? Apakah yang membuat sebutir bakso terasa kenyal dimakan? Tahukah Anda peran dari enzim transglutaminase?

Yang membuat bakso enak dan kenyal adalah karena kualitas daging yang baik. Kualitas daging sebagai bahan dasar utama pembuatan bakso memegang peranan penting dalam menentukan kualitas sebuah bakso. Semakin segar sebuah daging, maka semakin baik pula kualitas bakso yang dihasilkan, sesederhana itu.

Namun apakah Anda pernah membayangkan, bagaimana caranya agar daging tetap bisa terlihat segar, serta terjaga kualitas kekenyalannya? Apa rahasianya? Jawabannya adalah Enzim. Enzim? Iya, lebih tepatnya lagi adalah enzim transglutaminase. Enzim transglutaminase berperan penting dalam membantu proses modifikasi kembali daging menjadi terlihat tetap segar dan kenyal, sehingga meningkatkan kualitas daging tersebut ketika akan diproses atau diolah menjadi produk pangan selanjutnya.

Tak cuma menjaga kualitas kesegaran dan kekenyalan daging, enzim transglutaminase juga dapat digunakan untuk meningkatkan sifat fungsional (kegunaan) dari beberapa produk makanan, seperti :

-Produk susu

-Produk daging

-Produk kedelai

-Produk gandum

-Whey

-Kasein

-Mie

Mengenal Enzim Transglutaminase dan Kegunaannya

Enzim transglutaminase ( disebut juga TGA-ase,  EC  2.3.2.12)  adalah  enzim  yang  mengkatalis (mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu) pembentukan  ikatan  silang  antar  molekul  protein  (pembentukan  polimer  antar  molekul protein).

Banyak negara telah memanfaatkan  berbagai  enzim yang digunakan  untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda seperti untuk meningkatkan tekstur, rasa, atau nilai gizi. Enzim transglutaminase juga membuat efisien dalam pengolahan pangan. Enzim umumnya diakui secara aman. Modifikasi  enzimatik  telah  dijadikan  sebagai  metode  yang  berguna  karena  reaksi  kerja enzim yang spesifik dan memiliki resiko rendah akan adanya bahaya toksin yang dihasilkan dari mikroba yang digunakan.

Enzim transglutaminase berperan dalam peningkatan mutu protein pangan, karena protein sendiri adalah salah satu komponen penting yang menentukan sifat  tekstur  pada  makanan.  Protein  juga  merupakan  nutrisi  penting  bagi  manusia.  Ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung  protein yang digunakan untuk mempertahankan, memperbaiki  dan meningkatkan  tekstur, stabilitas, serta mengatur sifat-sifat  produk  pangan.

Lebih jauh lagi, berdasarkan penelitian  yang telah ada, protein-protein yang memilki sifat fungsional yang baik, namun nilai gizinya kurang, bisa ditingkatkan nilai gizinya melalui pengkayaan dengan asam amino esensial yang diikat silang menggunakan enzim transglutaminase. Sehingga tetap terjaga kualitas proteinnya dan meningkatkan mutu gizi dari tiap bahan olahan yang digunakan dalam membuat makanan. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi para konsumen makanan pada akhirnya. Masyarakat mendapatkan produk makanan yang baik dan berkualitas, serta mengandung gizi yang baik.

Itulah mengapa enzim transglutaminase menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia. Jadi jangan ragu untuk menggunakan produk enzim transglutaminase untuk keperluan memodifikasi dan meningkatkan kadar gizi bahan makanan olahan anda dirumah, atau untuk keperluan usaha anda. Produk enzim transglutaminase dijamin aman.

Produk Enzim Transglutaminase Halal di Pasaran

1.Transglutaminase TG-K Series

Transglutaminase TG-K Series digunakan pada produk-produk berbahan dasar ikan, seafood dan surimi yang mengalami proses emulsifikasi seperti sosis ikan, otak-otak, bakso ikan, dan lain-lain.  Kegunaan serta metode aplikasi TG-K hampir sama dengan TG-B101 yang membedakannya hanya jenis daging yang digunakan sebagai bahan dasar produk jadinya.

2.Transglutaminase TG-M Series

Transglutaminase TG-M Series baik digunakan pada produk-produk berbahan dasar susu terutama keju dan yoghurt.  Fungsi penambahan Transglutaminase TG-M adalah untuk memperbaiki tekstur dan rasa, mengurangi sineresis serta meningkatkan rendemen (yield) hasil produksi.

3.Tranglutaminase TG-F Series

Tranglutaminase TG-F Series cocok digunakan untuk produk roti dan pasta. Tujuannya adalah untuk memperbaiki tekstur pada produk. Ini juga meningkatkan volume dan elastisitas serta memperbaiki kualitas produk akhir.​

Jika Anda ingin mendapatkan enzim transglutaminase halal di Indonesia, Anda dapat membelinya di PT Markaindo Selaras. PT Markaindo Selaras merupakan supplier makanan lengkap yang menyediakan berbagai bahan pendukung industri makanan. Anda juga dapat menghubungi email marketing@markaindo.co.id untuk mengajukan pertanyaan tentang produk Markaindo.  Untuk info lainnya, Anda bisa mengakses situs resmi Markaindo di www.markaindo.co.id.