Dua Olahan Makan dari Tepung Jagung yang Mudah Dibuat

Jagung adalah tanaman monokotil atau berkeping tunggal. Bagi beberapa penduduk di dunia (Amerika tengah dan Selatan, juga beberapa daerah di Afrika dan Indonesia) jagung merupakan makanan pokok. Menjadi makanan pokok bagi beberapa penduduk karena jagung termasuk makanan berkarbohidrat terpenting di dunia, setelah gandum dan padi. Bagi orang Timur, jagung biasanya lebih dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap. Contoh makanan pelengkap berbahan jagung berupa bakwan jagung, sayur jagung (sup jagung), jagung bakar, rolade jagung, pudding jagung, martabak jagung, bubur jagung, es jagung, roti isi jagung, hingga sweet corn.

2 Olahan Makanan Dari Tepung Jagung (Corn Starch)

Kue Bolu Tepung Jagung

Bahan:

-Cangkir butter, lelehkan

-1/3 cangkir gula pasir

-Butir telur

-Gelas susu murni

-Sendok makan cuka

-Cangkir tepung jagung (corn starch)

-Cangkir tepung

-Sendok teh baking soda

-Sendok teh garam

Cara Membuatnya:

-Panaskan oven dengan suhu 375 derajat celcius.

-Siapkan loyang berukuran 8 x 13 inci.

-Campurkan cuka dan susu ke dalam mangkuk.

-Tuangkan butter cair dan masukkan gula di mangkuk yang lain.

-Kocok telur.

-Masukkan baking soda ke dalam campuran susu dan cuka. Campuran ini kemudian dituang ke dalam adonan butter. Tambahkan tepung maizena, garam dan tepung maizena. Aduk hingga tercampur semua.

-Tuang adonan ke dalam loyang dan oven selama 35 menit.

-Setelah itu mateng lalu hidangkan bolu

Kerupuk Rambak (Tanpa Kulit) Dari Tepung Jagung (Corn Starch)

Bahan:

-Tepung jagung (corn starch) : 1 kg

-Tepung terigu : 1 kg

-Terasi : 1 ons

-Obat gendar atau bleng : 1 sendok makan

-Bawang putih : 2 ons

-Garam: secukupnya

-Soda kue: 1 sendok makan

-Penyedap rasa : secukupnya

-Air : ¼ liter (secukupnya)

Cara membuat:

-Campurkan tepung terigu dan tepung jagung (corn starch)

-Masukka juga terasi, bleng, bawang putih (dihaluskan), garam halus, soda kue dan penyedap rasa sambal ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan.

-Setelah adonan tercampur merata, lalu dikukus selama kurang lebih 45 menit.

-Angkat dan tiriskan lalu masukkan ke dalam tempat bersih sampai adonan dingin

-Apabila adonan sudah dingin, selanjutnya diiris tipis-tipis dan dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering

-Setelah kering, kerupuk bisa digoreng dalam minyak panas (minyak harus banyak). Setelah diangkat kerupuk rambak tapioca siap untuk dijual atau dikonsumsi sendiri.

Selain dua makanan di atas ada juga nasi jagung makanan olahan dari tepung jangun. Nasi jagung mudah sekali dibuat. Anda hanya perlu mencampurkan tepung jagung dengan larutan bumbu hingga rata. Setelah itu, kukus adonan selama kurang lebih 30 menit. Namun selain untuk olahan makanan, ternyata tepung jagung atau biasa dikena dengan sebutan (corn starch) juga bermanfaat untuk kulit. Contohnya adalah untuk rambut yang berminyak, mengobati kulit terbakar, sebagai masker wajah, hingga mengobati ruam popok.

Untuk pemakaian sendiri maupun dijadikan bahan baku industri makanan, Anda bisa menggunakan tepung jagung dari Meelunie. Meelunie merupakan perusahaan Belanda yang didirikan di tahun 1867, berfokus pada budi daya serta pengolahan gandum dan kentang. Hingga saat ini, Meelunie berkembang menjadi perusahaan bahan pangan yang memproduksi berbagai jenis tepung pati, pemanis, dan juga protein yang banyak digunakan dalam industri makanan. Untuk memperoleh tepung jagung dari Meelunie, Anda beli melalui PT. Markaindo Selaras dengan mengunjungi website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.