Dengan TVP Buat Olahan Nabati Dalam Rasa Daging

  • TVP JUSTFIBER BFC40

Daging sapi, ayam, kambing, atau jenis daging lainnya mungkin sudah sering dikonsumsi. Memang benar, konsumsi daging mendatangkan banyak manfaat baik dari segi kesehatan serta kepuasan karena rasanya yang khas tersebut. Akan tetapi, mengkonsumsi daging secara berlebihan juga mendatangkan dampak yang buruk untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti daging tersebut dengan pengganti daging atau daging nabati.

Dampak pertama adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Mungkin awalnya hanya kelebihan berat badan saja, tetapi sebenarnya obesitas adalah pintu awal masuknya penyakit berat yang  mengancam nyawa pengidapnya. Selain berat badan, dampak buruk selanjutnya adalah pada produktifitas serta gaya hidup.

Karena sudah terbiasa mengkonsumsi daging, sehari tidak ada santapan daging di dalam masakan akan membuat mood seseorang berubah drastis. Itu sangat berbahaya karena hal ini sudah masuk dalam gaya hidup. Untuk mengatasinya, mengurangi konsumsi serta memperbaiki asupan Anda adalah keputusan yang bijak.

Akan tetapi, tubuh juga membutuhkan protein tinggi yang ternyata ada di dalam daging. Dengan risiko yang didapat ketika mengkonsumsi daging, mendorong para ilmuan untuk mencari solusinya. Setelah beberapa tahun melakukan penelitian mendalam, akhirnya para ilmuan berhasil menemukan solusi tersebut.

Pada tahun 1970, mulailah diproduksi sebuah produk baru yang kadar proteinnya sama dengan daging akan tetapi lebih aman untuk kesehatan tubuh. Texturized Vegetable Protein adalah sebuah produk yang berasal dari tumbuhan dengan kadar protein tinggi akan tetapi rasa yang ada tidak berbeda dengan daging.

Selain proteinnya yang tinggi, TVP juga memperbaiki pengeluaran pabrik-pabrik besar yang mengolah daging seperti pabrik sosis, daging burger, dan juga nugget. TVP digunakan sebagai bahan pencampur isian untuk mengurangi kadar daging yang ada di dalam adonan.  Oleh karena itulah, banyak pabrik yang terselamatkan dari kebangkrutan dengan hadirnya produk ini.

Setelah sekian lama digunakan, ternyata penggunaan TVP mulai muncul perkembangan baru. Texturized Soy Protein adalah bentuk kedua dari TVP hanya saja bahan yang digunakan adalah protein dari kedelai. Selain harganya yang lebih murah, protein yang ada pada bahan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh serta cocok dengan sifat daging.

TVP mudah menyerap air hingga 3-4 kali dari ukurannya, jadi bumbu serta adonan yang digunakan pada produk yang menggunakan TSP akan mudah terserap sehingga rasanya lebih lezat tanpa harus kehilangan gizi yang dikandung. Oleh karena itulah TVP lebih sering digunakan saat ini.

Namun, sekarang baik TVP maupun TVP mengalami banyak perubahan. Yang awalnya digunakan sebagaik bahan isian saja, sekarang sudah dijadikan pengganti daging sepenuhnya. Berikut beberapa jenis TVP yang sudah diproduksi sampai sekarang :

1. Meat Extender

Seperti namanya, TVP yang satu ini berperan sebagai pengganti daging dalam sebuah olahan. ukurannya sebesar 15-20mm sehingga mudah untuk masuk kedalam adonan atau dijadikan bumbu tambahan.

2. Structured Meat Analog

Hampir sama seperti Meat Extender, hanya saja bentuk dari TVP ini lebih panjang atau lebih besar. Fugsinya sama, sebagai pengganti daging dalam adonan dan juga sebagai bumbu tambahan dalam sebuah produk seperti bumbu mie.

3. Texturized Protein Fibers

Yang satu ini befungsi sebagai pengganti daging ayam yang sering digunakan dalam pembuatan adonan nugget. Rasa yang ada pada makanan ini tetap beraroma daging ayam akan tetapi gizi yang didapat berasal dari tumbuhan.

4. High Moisture Meat Analogs

Inilah produk terbaik dari TVP yang terbuat dari konsentrat kedelai. Kelebihannya adalah rasa, bentuk, penampilan yang sama persis seperti daging. Karena keunggulan inilah banyak sekali pabrik yang memproduksi makanan ini.

Itulah beberapa contoh TVP yang saat ini sudah digunakan secara massal di dunia. Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi makanan lezat akan tetapi menyehatkan bagi tubuh, Anda bisa mencoba produk TVP JUSTFIBER BFC40 dari Markaindo Selaras. JUSTFIBER BFC40 merupakan produk TVP yang sudah teruji kualitasnya.

Jika Anda membutuhkan produk TVP, sebagai bahan campuran makanan, Anda bisa menggunakan JUSTFIBER BFC40 untuk hasil pengolahan makanan yang lebih maksimal. JUSTFIBER BFC40 terbuat dari serat bambu yang aman untuk digunakan pada makanan, JUSTFIBER BFC40 juga sudah terbukti aman untuk makanan karena produk fiber dari Solvaira Specialties Inc sendiri sudah berstandard Internasional.. Dapatkan JUSTFIBER BFC40 dengan menghubungi PT Markaindo Selarasmelalui website markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.