Clip Daging untuk Tingkatkan Kelezatan Sosis Bologna

  • Clip Daging untuk tingkatkan kelezatan sosis bologna

Bologna adalah sosis yang dimasak dan diasap yang terbuat dari daging sapi atau daging babi yang diawetkan, atau campuran keduanya. Sosis bologna menggunakan bahan dari beberapa bagian darri tubuh sapi, tergantung dari pembuatny. Pada umumnya sosis bologna menggunakan beberapa bagian yang biasa digunakan dalam industri olahan daging seperti beberapa organ dalam.

Sosis Bologna menggnakan resep yang khas atau khusus. Resep khusus yang digunakan dalam sosis bologna biasanya menggunakan bumbu seperti garam, gula, lada dan rempah-rempah, ditambah bahan pengawet yang mengandung natrium nitrit untuk mencegah keracunan makanan. Proses pembuatannya pun punya caranya tersendiri seperti dagingnya dicincang, dicampur dengan cocktail bumbu dan  dimasukkan ke dalam casing.

Seperti semua jenis sosis, sosis bologna tercakup dalam casing alami yang terbuat dari saluran pencernaan sapi, domba, dan babi.Atau dimasukkan dalam casing sintetis, yang bisa dibuat dari kolagen, bahan berserat atau bahkan plastik. Semua jenis sosis bologna dimasak dan diasap untuk mempasteurisasi, jadi siap untuk dimakan saat pembelian.

Ada dua jenis sosis bologna, yang pertama langsung dari Negara asalnya yaitu Italia. Sosis bologna dri Italia memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan sosis bologna yang dijual dari Negara lain. Sosis bologna Italia disebut dengan mortadella atau mortadella  bologna. Sosis bologna yang kedua datangnya dari Amerika dengan rasa yang tidak terlalu pedas daripada yang berasl dari Italia.

 

Bahan :

- 3 pon daging

- 3 sendok teh gula Morton

- 1/8 sendok teh bubuk bawang putih

- 1 gelas air

- ½ sendok the bubuk bawang merah

- 1 ½ sendok teh liquid smoke flavoring

 

Cara Memasak :

1. Siapkan mangkuk ukuran besar , campur semua daging sapi ke dalam mangkuk, percikan garam, air, bubuk bawang putih, bubuk bawang  merah dan liquid smoke flavoring menggunakan tangan Anda. Bagilah menjadi dua, dan bentuk masing-masing bagian menjadi gulungan. Bungkus dalam bungkus plastik, dan dinginkan selama 24 jam.

 

2. Panaskan oven hingga 300 derajat F (150 derajat C). Buka gulungan daging sapi, dan letakkan di atas loyang yang sudah diminyaki atau wajan panggang.

 

3. Panggang selama 1 jam di oven yang telah dipanaskan sebelumnya, balikkan daging setelah 30 menit. Dinginkan hingga suhu ruangan, Kemudian anda bisa dinginkan di kulkas. Iris, dan makan bersama roti isi.

 

Baca juga: Mengenal Clip Daging dari London Clip

 

Jika Anda ingin memastikan kesehatan dan kebersihan sosis bologna yang anda makan, sebaiknya Anda membuatnya dirumah. Ketika Anda membuatnya dirumah Anda bisa memilih bahan yang berkualitas. Selain membuat salami dirumah Anda juga bisa untuk membuka usaha sosis bologna.

Jika Anda ingin membuka usaha sosis bologna Anda perlu beberapa alat seperti mesin gilingan, smoked house, cooling chamber, mesin pemotong, mesin packaging dan clip daging. Clip daging merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengunci, mengikat atau menutup makanan olahan dari daging yang biasa digunakan seperti pada pembuatan sosis dan makanan olahan lainnya.

Clip daging sangat berguna dalam menjaga kualitas, aroma dan mutu dari adonan olahan daging. Dalam kondisi tertentu clip daging bahkan menjaga adanya campuran bau dari luar serta bakteri dan kuman dari luar. Jadi fungsi clip daging tak hanya sekadar mengunci adonan saja, tetapi juga menjaga daging agar tetap higienis dan tak berubah aromanya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang detil produk dan cara pemesanan clip daging dan perlengkapan pengolahan makanan lainnya, Anda dapat menghubungi kami di halaman kontak website di www.markaindo.co.id. Anda juga dapat mengirimkan email ke  marketing@markaindo.co.id. Berbelanja perlengkapan usaha pangan yang mudah, praktis dan lengkap hanya di Markaindo Selaras.