Clip Daging untuk Proses Pembuatan Sosis

  • Clip daging untuk proses pembuatan sosis

Sosis atau sausage berasal dari kata salsus yang berarti menggiling dengan garam. Sesuai dengan namanya , sosis merupakan produk olahan daging yang digiling. Pada zaman dahulu , sosis dibuat dengan cara sederhana yaitu daging digiling , dihaluskan , dicampur bumbu kemudian diaduk dengan lemak hingga tercampur rata.

Namun  dengan perkembangan teknologi sekarang terdapat banyak varian sosis yang telah diproduksi dan pada umumnya dikenal dengan nama asal kota ataupun daerah yang memproduksinya , seperti Berliner (Berlin) ,Braunschweiger (Brunswick) , Genoa Salami (Genoa) , Getoburg (Gethenburg) , Frankfurter (Frankfurt) , Bologna (Bologna) dan lain-lain. Selain  mengetahui jenis jenis sosis penting juga untuk anda mengetahui bahan pembuatan sosis agar anda bisa mencoba membuat dirumah ataupun menjadi salah satu ide bisnis. Inilah beberapa bahan pembuatan untuk proses pembuatan sosis :

Daging sapi, ayam dan ikan

Anda bisa memilih beberapa bahan untuk dijadikan sosis. Beberapa bahan utama yang umumnya dijadikan sosis adalah daging sapi, ayam dan ikan. Pilihlah bahan utama sosis sesuai dengan selera anda. Pilihlah daging sapi jika anda ingin merasakan gurihnya daging atau pilihlah bahan dasar ikan jika anda sedang bosan dengan sosis daging sapi dan ayam

Tepung Tapioka

Tepung tapioka dalam industri pangan digunakan sebagai bahan pengikat maupun sebagai bahan pengental. Fungsi dari tapioka adalah bahan pengikat dimana kemampuan sosis sebagai bahan restrukturisasi ditentukan oleh kemampuan saling mengikat diantara bahan-bahan yang digunakan , maka sebab itu digunakan pati , misalnya tepung tapioka.

Isolat Protein Kedelai

Isolat protein kedelai merupakan bahan tambahan yang digunakan dalam campuran adonan sosis , karena kandungan protein yang tinggi dan rendah karbohidrat maka berperan dalam mengikat air dan membentuk system emulsi. Isolat protein kedelai biasa digunakan sebagai binder dalam produk olahan daging seperti sosis.

Garam

Garam yang digunakan dalam pembuatan produk sosis adalah jenis garam dapur (NaCl). Garam tidak hanya berfungsi sebagai pembentuk flavor , namun juga berpengaruh dalam pembentukan Karakteristik fisik dari adonan. Garam mempunyai peran yang cukup menentukan yaitu memberikan kelezatan produk , mempertahankan rasa dari bahan-bahan yang digunakan.

Merica

Biji merica digunakan sebagai bumbu pemberi rasa dan aroma , karena rempah-rempah dapat menyamarkan makanan dengan menutup rasa bagi makanan yang kurang enak. Selain itu , juga berfungsi sebagai pengawet. Merica mengandung minyak atsiri , pinena , kariofilena , filandrena , alkaloid , piperina , kavisina , piperitina , zat pahit dan minyak lemak. (Lewis , 1984)

Bahan Penyedap

Bahan penyedap yang digunakan sebagai pembangkit aroma dan cita rasa pada makanan merupakan senyawa-senyawa sintetik. Pada umumnya senyawa yang digunakan adalah senyawa-senyawa ester dalam jumlah sangat kecil telah dapat memberikan aroma dan cita rasa yang baik. Salah satu senyawa cita rasa adalah monosodium glutamate (MSG) yang merupakan garam natrium dari asam glutamat.

Selain bahan bahan diatas jika anda ingin membuka usaha anda perlu beberapa alat seperti mesin gilingan, smoked house, cooling chamber, mesin pemotong, mesin packaging dan clip daging. Clip daging merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengunci, mengikat atau menutup makanan olahan dari daging yang biasa digunakan seperti pada pembuatan sosis dan makanan olahan lainnya.

Clip daging sangat berguna dalam menjaga kualitas, aroma dan mutu dari adonan olahan daging. Dalam kondisi tertentu clip daging bahkan menjaga adanya campuran bau dari luar serta bakteri dan kuman dari luar. Jadi fungsi clip daging tak hanya sekadar mengunci adonan saja, tetapi juga menjaga daging agar tetap higienis dan tak berubah aromanya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang detil produk dan cara pemesanan clip daging dan perlengkapan pengolahan makanan lainnya, Anda dapat menghubungi kami di halaman kontak website di www.markaindo.co.id. Anda juga dapat mengirimkan email ke  marketing@markaindo.co.id. Berbelanja perlengkapan usaha pangan yang mudah, praktis dan lengkap hanya di Markaindo Selaras.