Casing Sosis Devro Cocok Untuk Lap Cheong Sosis Tionghoa

  • casing sosis devro markaindo olahan sosis

Casing Sosis Devro Untuk Membuat Lap Cheong Sosis

Lap Cheong merupakan salah satu jenis sosis yang berasal dari China atau Tionghoa, jenis sosis ini terbuat dari daging babi giling atau dari hati bebek. Untuk membuat lap cheong, Anda bisa menggunakan Casing Sosis atau Selongsong Sosis Devro.

Mungkin selama ini Anda mengenal sosis hanya berasal dari Jerman saja, tetapi perlu Anda ketahui bahwa China juga memiliki jenis sosis lap cheong dengan bentuk dan rasa yang khas. Jenis sosis ini terbuat dari daging babi giling, dengan berbagai macam bumbu khas negeri tirai bambu.

Walaupun makanan ini terbilang tidak halal untuk umat muslim, nyatanya sosis ini tetap laku dipasaran dan memang jenis sosis ini tidak diperuntukkan bagi kamu muslim. Sebab, daging yang dibuat memang dari daging babi. Lap choeng sendiri bisa Anda temukan dibeberapa toko makanan, yang menjual aneka macam daging babi. Jika Anda perhatikan bentuk dari lap cheong memang tidak berbeda dengan bentuk sosis pada umumnya, bedanya sosis ini memiliki warna merah yang khas dan biasanya digantung di etalase toko.

Apa itu Lap Cheong?

Berdasarkan jenisnya Lap cheong (Kanton) atau là cháng (Mandarin) (臘腸/腊肠) adalah sebuah sosis keras yang dikeringkan yang biasanya terbuat dari daging babi dan mengandung lemak yang tinggi. Makanan tersebut biasanya diasapi, dimaniskan, dan dibumbui dengan air mawar, arak beras dan kecap.

Tidak hanya menggunakan bahan daging babi giling, tetapi jenis sosis lap cheong dapat dibuat dari hati bebek segar. Rasanya yang lezat memang sangat digemari oleh masyarakat China, di Indonesia sendiri jenis sosis ini juga menjadi makanan favorit bagi kaum keturunan Tionghoa.

Lap cheong memiliki nama yang berbeda disetiap negaranya, seperti di Thailand sosis Tionghoa la cheong disebut dengan nama gun chiang (bahasa Thai: กุนเชียง) yang mengambil namanya dalam dialek Teochew (kwan chiang dalam dialek Teochew), bahasa Tionghoa dominan pada komunitas Tionghoa Thai.

Makanan tersebut digunakan dalam beberapa hidangan Tionghoa oleh sebagian besar komunitas Tionghoa Thai, dan juga dalam beberapa hidangan Thai seperti yam kun chiang, sebuah salad Thai yang dibuat dengan sosis tersebut. Terdapat juga sosis Tionghoa yang dibuat dengan ikan kepala ular (pla chon; bahasa Thai: ปลาช่อน).

Sedangkan di China Selatan dan Hong Kong, Sosis Tionghoa digunakan sebagai bagan makanan dalam sejumlah hidangan di provinsi selatan Tiongkok Guangdong, Fujian, Jiangxi, Sichuan, dan Hunan, dan juga Hong Kong. Sosis Sichuan juga mengandung bubuk cabai merah, bubuk lada Sichuan, dan saus kacang Pixian, untuk mengkarakteristikan sosis tersebut dengan sebuah rasa yang istimewa. Dua contoh hidangan umumnya meliputi nasi goreng dan lo mai gai. Bentuk tanpa kemasan tradisional biasanya ditemukan di pasar jalanan atau pasar basah.

Membuat Sosis Lap Cheong Dengan Casing Sosis Devro

Berdasarkan pengetahuan Anda ketika hendak membuat sosis tentunya Anda membutuhkan bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, seperti daging giling, bumbu, tepung, dan bahan lainnya yaitu selongsong sosis.

Dalam penggunaan selongsong sosis untuk membuat lap cheong, pastikan Anda memilih selongsong sosis dengan bahan yang berkualitas. Ada baiknya Anda mencari selongsong sosis berbahan collagen, mengapa? Karena selongsong sosis berbahan collagen, terbuat dari kulit hewan yang bisa langsung Anda konsumsi. Anda tidak perlu repot untuk mengupas selongsong tersebut, ketika Anda hendak mengkonsumsi sosis tersebut.

Jika Anda sulit untuk menentukan selongsong sosis yang baik, tak ada salahnya Anda memilih Casing sosis Devro yang sangat cocok untuk segala jenis sosis. Devro merupakan salah satu produsen casing (selongsong/kulit sosis), yang telah dikenal oleh perusahaan pengolahan daging di dunia. Devro memasok kebutuhan casing kepada lebih dari 50 negara dengan berbagai jenis, dan tipe casing yang berbeda.

Kebutuhan kulit sosis kolagen (collagen casing) di Indonesia disuplai oleh pabrik yang berlokasi di Australia. Khusus untuk collagen casing yang dikirim ke Indonesia, selain food grade juga harus halal.

Casing Sosis Devro tidak hanya bisa digunakan untuk lap cheong, tetapi bisa digunakan untuk segala jenis sosis lainnya. Seperti, frankfurter, wiener, hot dog, chipolata, cabanossi, salami, lapcheong (Chinese sausage), snackstick dan lain-lain. Jika Anda sulit untuk menemukan jenis selongsong sosis terbaik Devro, Anda bisa mendapatkannya di PT. Markaindo Selaras dengan berbagai jenis, warna serta ukuran. Informasi lainnya mengenai selongsong sosis devro bisa Anda dapatkan di website www.markaindo.co.id atau marketing@markaindo.co.id.

Tidak hanya menghadirkan selongsong sosis berkualitas, markaindo juga menghadirkan berbagai jenis bahan olahan makanan berkualitas yang bisa Anda dapatkan. Markaindo salah satu produsen ternama, yang menyediakan segala kebutuhan Anda.