Cari Tahu Bahan dan Cara Membuat Kebab untuk di Praktikkan di Rumah

  • bahan kebab

Kebab adalah sebenarnya sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang atau bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Biasanya makanan yang satu ini sering dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Kaukasus, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, masakan beberapa negara Afrika, dan masih banyak macam-macam kebab turki yang bisa anda jumpai.

Dalam resep kebab umumnya menggunakan domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, unta, ikan, dan kerang. Sementara kebab daging babi dikenal dalam masakan Yunani, Azerbaijan, Siprus, Bulgaria, dan negara bagian Goa di India. Awal mulanya nama kebab berasal dari bahasa Arab yakni kabab yang berarti daging goreng. Lalu kata kabab diperkirakan berasal dari bahasa Aram: kabbābā yang mungkin berasal dari bahasa Akkadia: kabābu yang memiliki arti "bakar, panggang". Seiring perkembangannya, kebab bukan hanya terkenal di negara asalnya namun juga ke mancanegara, salah satunya adalah Indonesia.

Hidangan yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dengan menambahkan beragam rasa yang memiliki ciri khas rasa Indonesia. Daging kebab asli Turki umumnya dibuat dengan menggunakan daging kambing, namun di Indonesia bahan kebab dibuat dengan menggunakan daging sapi atau ayam yang dibalut oleh roti tortila berwarna putih dan ditambahkan dengan sayur-sayuran seperti selada, tomat, bawang bombay, dan jika suka bisa diberikan  mayonais, saus tomat, saus sambal, ataupun keju.

Bila diperhatikan, kebab memiliki rasa yang mirip dengan rasa burger, namun bentuk sajian kebab dibuat memanjang dan kemudian dibungkus lagi dengan menggunakan kertas minyak. Kebab di Indonesia memang mudah sekali ditemukan baik di kios-kios pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan. Namun Anda pun bisa membuat kebab sendiri di rumah untuk disantap bersama dengan keluarga, karena di artikel ini kami sudah merangkum beberapa bahan dan resep kebab.

Berikut bahan kebab dan cara membuatnya yang perlu Anda tahu.

Bahan-bahan untuk Membuat Daging Kebab:

-0,5 kg daging sapi yang diiris melintang seratnya

-2 siung bawang putih

-3 cabe merah

-2 cm jahe

-Garam dan lada secukupnya

-0,5 sdt ketumbar

-100 Yoghurt plain (tanpa rasa)

Bahan-bahan Kebab:

-1 lembar roti kebab/tortilla

-1 sdt margarin

-50 g irisan daging kebab

-25 g bawang bombay yang diiris tipis

-25 g tomat yang diiris tipis

-25 g selada yang diiris tipis

-25 g timun yang diiris tipis

-Saus tomat dan mayones secukupnya

Cara Membuat Daging Kebab:

-Daging sapi dicuci hingga bersih lalu dipukul-pukul hingga terlihat pipih.

-Haluskan bumbu yang terdiri dari cabe merah, jahe, bawang putih, dan ketumbar.

-Daging sapi dicampur dengan bumbu yang telah dihaluskan dan ratakan.

-Daging diberi campuran yogurt, garam, serta lada. Kemudian didiamkan selama 10 menit hingga bumbunya meresap.

-Kemudian daging dipanggang hingga matang.

Cara Membuat Kebab:

-Untuk memanggang tortila, wajan atau pan diberi margarin lalu panggang tortilla sebentar di atas wajan tersebut. Jika tortila telah memiliki bercak kecoklatan, segera angkat.

-Tumis bawang bombay hingga agak layu.

-Tortila diletakkan di atas piring, kemudian bahan-bahan lain, yaitu bawang bombay, tomat, timun, dan daun selada diletakkan di tengah tortila dengan bentuk yang memanjang.

-Tambahkan saus tomat dan sambal secukupnya.

-Tambahkan daging kebab ditambahkan kemudian ratakan dengan bentuk yang memanjang.

-Bila suka, tambahkan mayones secukupnya.

-Kemudian gulung tortila dan padatkan hingga menjadi kebab.

-Kebab Turki siap disajikan.

Bagi Anda yang vegetarian atau sedang menjalankan diet dengan mengurangi konsumsi daging, bisa juga membuat kebab, asalkan bahan kebab yakni daging diganti dengan bahan lain. Beberapa bahan yang bisa dijadikan pengganti daging yakni:

Seitan

Seitan merupakan wheat gluten alias gluten gandum yang memang banyak digunakan sebagai pengganti daging. Di Indonesia, seitan memang belum terlalu popular. Namun banyak negara lain yang sudah menggunakan seitan dalam menu vegetarian mereka. Tekstur seitan bisa dibilang sangat mirip dengan daging. Seitan bisa dengan mudah menyerap seluruh rasa dan saus. Seitan juga tergolong bahan yang bisa dengan mudah diolah, seperti dipanggang, digoreng, ataupun dimasak dengan kuah.

Quinoa

Nah, biji-bijian yang satu ini sudah mulai dikenal di Indonesia. Quinoa dikenal sebagai salah satu super food yang kaya akan protein sehingga sering dicampurkan dalam berbagai bahan makanan. Quinoa juga bisa dijadikan pengganti daging karena mengandung berbagai nutrisi lain seperti magnesium dan asam folat. Tekstur quinoa sebenarnya sangat lembut, namun bahan ini cocok dijadikan pengganti daging burger jika dicampur dengan berbagai bahan lain.

Garbanzo beans

Dikenal juga dengan nama chickpeas, bahan satu ini cukup popular di dunia kuliner Barat sebagai pengganti daging. Keluarga kacang-kacangan ini akan sangat cocok diolah sebagai pengganti daging giling yang digunakan dalam berbagai masakan. Chickpeas juga kaya akan protein sehingga baik sekali dikonsumsi sebagai daging nabati oleh para vegetarian.

Texturized soy protein

Texturized soy protein merupakan produk yang biasa digunakan sebagai campuran olahan pengganti daging seperti nugget, sosis, dan bakso. Fungsi utama dari texturized soy protein adalah sebagai bahan pengisi (filler) untuk menekan biaya produksi sekaligus mempertahankan kualitas produk akhir. Kelebihan texturized soy protein dibanding bahan pengganti daging adalah lebih mudah diolah dan disimpan dalam waktu lama.

Daging nabati memiliki keunggulan yaitu:

-Daging nabati jauh lebih aman karena tidak mengandung kuman dan penyakit.

-Daging nabati lebih tahan lama walaupun tidak di panaskan.

-Daging nabati mengandung zat gizi yang aman bagi tubuh seperti lemak tak jenuh dan asam amino essensial yang mencegah timbulnya penyakit jantung koroner serta rendah kolesterol.

-Pengganti daging jauh lebih ekonomis.

-Jenis olahan pengganti daging lebih bervariasi.

-Daging nabati bersifat halal, karena dapat dikonsumsi oleh semua masyarakat dari berbagai kalangan atau kelas, dan berbagai keyakinan.

-Daging nabati tidak menyebabkan alergi.

Di Indonesia, Anda bisa memperoleh texturized soy protein melalui Markaindo. Bahan ini diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Jerman bernama Bremil yang fokus memproduksi berbagai jenis bahan baku untuk industri pengolahan daging seperti textured soy protein, isolated soy protein, breadcrumb, bumbu-bumbu dan food additives (curing salt, pewarna makanan, preservatives). Untuk memperoleh produk ini, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.