Cara Tepat Menyimpan Bumbu Seasoning Agar Tetap Awet

  • Seasoning wiberg

Jenis-Jenis Bumbu Seasoning Dan Cara Menyimpannya

Bumbu dapur merupakan salah satu kebutuhan utama yang diperlukan untuk memasak makanan nikmat. Harganya yang naik turun di pasaran, membuat para ibu biasanya membeli dengan jumlah banyak ketika harganya sedang murah. Tapi, penyimpanan yang salah dapat membuat bumbu dapur lekas busuk, kering, dan tidak bisa lagi digunakan.

Untuk itu, menimpan dengan cara yang tepat harus benar-benar diperhatikan agar bumbu seasoning lebih awet dan tahan lama. Begini caranya:

1. Jauhkan dari paparan sinar matahari

Seperti makanan dan minuman lain, bumbu dapur harus dijauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari akan membuat bumbu dapur berubah warna, mongering, atau bahkan cepat busuk. Beberapa jenis bumbu seperti cabai, tomat, dan paprika adalah yang paling terpengaruh oleh sinar matahari.

2. Simpan bumbu dan seasoning biji-bijian dalam wadah tertutup, 

Bumbu yang berbentu biji-bijian seperti merica, kemiri dan ketumbar sangat mudah terserang serangga dan jamur jika tidak disimpan dengan baik. Untuk itu, siapkan wadah tertutup seperti botol atau box kecil untuk menyimpan bumbu. Anda bisa menyimpannya di kulkas maupun cukup meletakkan di tempat sejuk.

3. Jauhkan bumbu dan seasoning dari kompor, 

Ketika menyala atau sedang beroperasi, kompor akan menghasilkan panas yang dapat merusak bumbu yang ada di sekitarnya. Biasanya yang paling terpengaruh adalah bumbu jenis daun yang akan cepat layu, berubah tekstur dan kehilangan aromanya. Untuk itu, sebisa mungkin jauhkan bumbu dari kompor agar tak terpengaruh panasnya.

4. Menyimpan bawang,

 Keluarga bawang-bawangan bisa dibilang juga cepat busuk. Agar awet dan tak mudah busuk, simpan bawang-bawangan di tempat terbuka. Anda juga bisa memasukkannya ke kantong kertas yang telah dilubangi. Bawang juga bisa disimpan di kulkas, tapi pastikan untuk menutupnya dengan rapat agar aroma bawang tidak hilang.

5. Menyimpan bumbu dan seasoning bubuk, 

Bumbu bubuk seperti garlic powder, Onion powder, Mustard Flour (Tepung Mustard), Oregano Ground (Bubuk Oregano), Allspice/Piment Ground (Allspice/Piment bubuk) adalah andalan bagi ibu karena tak perlu lagi menghaluskan bumbu dapur. Namun, jika tidak disimpan dengan baik, bumbu-bumbu bubuk sperti garilc powder, onion powder, mustard flour, oregano ground, dan allspice/piment ground akan mudah rusak karena menggumpal. Jika sudah begitu, aroma dan cita rasanya pun akan berkurang. Agar tahan lama, simpan bumbu dalam wadah kedap udara yang kering agar tidak lembab.

6. Bumbu dan seasoning giling Selain bumbu halus,

bumbu giling bisa dibilang juga cukup populer. Namun, karena mengandung air, biasanya bumbu jenis ini akan mudah busuk dan dihinggapi jamur. Untuk itu pastikan Anda menyimpannya dalam wadah higienis dan memasukkannya ke kulkas.

Selain cara menyimpan, wadah dan area tempat Anda menyimpan bumbu haruslah bersih. Dengan begitu kemungkinan jamur untuk bisa berkembang semakin kecil, bumbu dapur pun akan lebih tahan lama.

Bumbu dapur atauseasoning, merupakan salah satu hal penting dalam proses masak-memasak. Bukan hanya untuk menghadirkan cita rasa yang nikmat, tapi juga dapat membuat makanan lebih tahan lama. Selain bumbu, bahan baku makanan yang digunakan pun haruslah berkualitas.

Berdasarkan kebutuhan akan bumbu dan seasoning yang berkualitas tersebut, PT MARKAINDO SELARASmenyediakan berbagai bahan makanan yang terjamin kualitasnya. Dengan motto ‘supplier  of quality food ingredients’, tak hanya menjamin kualitas, PT Markaindo selaras juga memastikan sertifikasi halal produk-produk yang dipasoknya. Produk seasoning  yang Markaindo sediakan terdiri dari macam-macam bumbu bubuk seperti  garlic powder, Onion powder, Mustard Flour (Tepung Mustard), Oregano Ground (Bubuk Oregano), dan  Allsipce/Piment Ground (Allspice/Piment bubuk) yang sering digunakan untuk kebutuhan seasoning, jika Anda berminat membeli produk seasoning dari Markaindo, Anda bisa langsung menghubungi Markaindo. Jika Anda masih membutuhkan informasi tentang produk-produk seasoning tersebut Anda juga bisa mengunjungi langsung halaman resmi markaindo di www.markaindo.co.id