Cara Mudah Mengolah Bahan Sosis

  • bahan sosis

Sosis merupakan makanan favorit sehari-hari  bagi banyak orang. Sosis banyak digemari lantaran lebih praktis dalam mengonsumsinya, terutama dengan hadirnya produk-produk dengan bahan sosis siap makan di era sekarang ini. Masyarakat tak perlu susah-payah memasak untuk dapat menikmati sajian sosis yang enak dan lezat. Makanan dengan bahan sosis rasanya lezat dan kaya akan protein. Selain itu, bahan sosis biasanya memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, serta mudah diolah.

Saat ini masakan dengan bahan sosis pun banyak digemari tak cuma oleh anak kecil, namun juga oleh orang dewasa dari semua kalangan. Jadi wajar saja jika sampai sekarang makanan dengan bahan sosis tetap menjadi favorit bagi kebanyakan masyarakat. Hal ini menunjukkan prospek perkembangan minat terhadap makanan dengan bahan sosis terus meningkat. Di beberapa daerah bahkan sosis sudah banyak diproduksi secara rumahan. Baik untuk keperluan dijual kembali secara komersial, maupun untuk dikonsumsi sendiri.

Nah, apabila Anda juga tertarik untuk mencoba membuat jenis makanan dengan bahan sosis, terutama sosis ayam, ada baiknya anda bisa mengikuti cara sederhana membuat sosis ala rumahan berikut ini.

BAHAN SOSIS AYAM

-Siapkan daging ayam segar sebanyak 600 Gram, digiling halus / lembut

-Minyak goreng 100 ml

-Putih telur (diambildari 1 butir telur )

-Pembungkus atau casing untuk sosis

Sebaiknya Anda memakai casing dengan bahan kolagen yang merupakan bahan alami, seperti misalnya Devro Collagen Casing, yang sudah terjamin kualitasnya.

-Piping bag secukupnya

-Air es untuk rendaman secukupnya

-Es serut 150 gram

-Air bersih untuk merebus secukupnya

-Ketumbar bubuk secukupnya

-Lada bubuk secukupnya

-Tepung sagu 3 ( tiga ) sendok makan

-Bawang putih yang  dihaluskan sebanyak 1 ( satu ) sendok makan

-Garam halus 1 sendok teh

-Gula pasir, 1 sendok teh

CARA MEMBUAT SOSIS AYAM

-Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus, sebagian es yang telah diserut, dan garam halus dalam 1 wadah, kemudian aduk sampai merata.

-Tuangkan sedikit minyak dan aduk lagi sampai merata.  

-Campurkan ketumbar, lada, bawang putih, tepung sagu, putih telur dan es serut lagi, kemudian aduk hingga merata sampai adonan menjadi kalis.

-Tuang adonan kedalam cetakan piping bag kemudian masukan kedalam casing sosis yang sudah disiapkan.

-Siapkan air dan panaskan dengan api kecil selama 1 menit.

-Masukkan adonan sosisnya, rebus selama sekitar 20 menit dengan menggunakan api kecil. Anda tidak perlu menunggu sampai air mendidih. Hal ini untuk menjaga supaya bahan sosis tidak pecah dan terjaga rasanya.

-Angkat sosis dan masukan ke dalam air es. Diamkan sekitar 5-10 menit agar bentuknya stabil.

-Angkat sosis dan tiriskan. Potong masing-masing ujung sosis. Masukkan kedalam wadah yang tertutup rapat, lalu kemudian simpan dalam freezer.

Sosis ayam buatan sendiri ini siap disajikan. Anda dapat mengolahnya menjadi masakan dengan bahan sosis, maupun memakannya langsung. Saat dibutuhkan, Anda tinggal mengeluarkannya dari freezer, dan menunggu beberapa menit sampai suhunya normal. Sosis dapat menjadi makanan penggugah selera makan anak-anak dan orang dewasa karena rasanya yang lezat. Anda pun tidak perlu khawatir dengan keamanan bahan sosis yang digunakan, karena Anda paham dimana harus membeli bahan sosis yang berkualitas.

Tentu saja! Untuk mendapatkan bahan sosis dengan kualitas terpercaya, anda dapat membelinya di PT Markaindo Selaras hanya di  www.markaindo.co.id atau email kami :  marketing@markaindo.co.id. Berbelanjaperlengkapan usaha pangan yang mudah, praktis dan lengkap hanya di Markaindo Selaras.