Cara Mudah Membuat Sosis di Rumah

  • bahan sosis

Siapa yang tidak akrab dengan makanan yang satu ini? Ya, sosis merupakan bahan kuliner yang menjadi favorit banyak keluarga di Indonesia. Terbuat dari daging cincang, lemak hewani, serta rempah-rempah, sosis dapat dengan mudah diolah sendiri di rumah.

Selain bisa dibuat ke dalam beragam jenis makanan, sosis juga ternyata tidak kalah lezat jika disantap mentah. Makanan ini pun terbuat dari bahan khusus sehingga awet untuk disimpan lebih lama.

Kelebihan lain dari sosis adalah kandungan proteinnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada zat pembangun, zat besi, serta zat untuk meningkatkan sistem imun seseorang. Belum lagi kandungan vitamin B12 di dalamnya yang menjadi sumber vitamin utama. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya untuk mencegah tubuh dari kekurangan darah.

Nah, bagaimana cara mudah membuat sosis di rumah? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini:

Siapkan Bahan Sosis

Beberapa bahan sosis yang dibutuhkan antara lain 600 gram daging ayam yang telah digiling, 4 sdm tepung tapioka, 1 sdt bawang putih, 1 butir telur, 1 sdt merica, 150 gram es serut, 2 liter air, casing sosis, serta garam dan gula pasir secukupnya.

Campurkan Bahan

Apabila bahan-bahan sosis tadi telah siap, maka langkah pertama membuat sosis adalah dengan mencampur daging giling, tepung tapioka, bawang putih, telur, merica, garam, dan gula pasir ke dalam satu adonan lalu aduk rata.

Semprotkan Adonan ke Casing

Setelah adonan tercampur dengan baik, masukkan adonan tersebut ke dalam plastik berbentuk segitiga. Jika telah masuk, saatnya untuk menyemprotkan adonan ke dalam casing sosis. Casing-casing yang telah terisi penuh oleh osis tadi kemudian diikat ujungnya menggunakan benang.

Masak Sosis

Ketika telah siap, maka saatnya untuk memasukkan sosis ke dalam air mendidih. Masak sosis-sosis tersebut selama kurang lebih 20 menit. Untuk menghindari casing pecah, maka ada baiknya untuk menggunakan api terkecil saat memasak.

Tiriskan untuk Disantap

Terakhir, setelah proses memasak tadi, saatnya mengangkat sosis untuk dimasukkan ke dalam air es untuk didiamkan beberapa lama. Hal ini berguna agar bentuknya tidak berubah. Apabila sudah dingin, saatnya ditiriskan untuk kemudian disantap bersama keluarga.

Jika ingin menyimpannya, ada baiknya untuk meletakkan sosis di dalam wadah tertutup di dalam lemari pendingin. Pasalnya, di tempat inilah kesegaran sosis akan tetap terjaga. Salah satu cara lain menjaga sosis agar tetap enak adalah dengan menggunakan casing sosis yang tepat, yakni Devro Collagen Casing. Hal ini dikarenakan produk ini terbuat dari bahan alami sehingga aman dan sehat untuk disantap.

Devro Collagen Casing sendiri telah terbukti kualitasnya, terbuat dari bahan alami yaitu kulit hewan, serta terjamin kualitas dan kehalalannya. Apabila anda ingin membeli casing ini, Anda dapat membelinya di PT Markaindo Selaras yang terjamin kualitasnya.

 Informasi lebih lengkap mengenai produk Devro Collagen Casing, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau menghubungi via email di marketing@markaindo.co.id. Berbelanja di Markaindo sangatlah mudah dan terjamin,  Anda akan mendapatkan produk yang diinginkan dengan cepat dan tentu saja memuaskan.