Cara Menyimpan Sosis Yang Sudah Dikemas Dalam Casing Sosis

  • Casing sosis awet dengan fosfat makanan Altesa PS

Apa Itu Sosis Dan Apa Saja Jenisnya

Sosis merupakan makanan dengan bahan utama dari daging sapi yang paling digemari setelah bakso. Biasanya sosis diolah menjadi bahan tambahan seperti pada sup, dijadikan lauk pendamping nasi, ataupun sebagai makanan ringan dengan cocolan saun sambal dan mayonese.

Sosis dibuat dengan cara menggiling atau menghaluskan daging, kemudian memasukkannya kedalam casing berbentuk bulat panjang. Berdasarkan cara pengolahannya, sosis dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1. Sosis mentah, Sosis mentah atau fresh sausage merupakan jenis sosis yang diolah tanpa pemanasan sama sekali. Salah satu contohnya adalah polish sausage.

2. Sosis asap, Sosis asap diolah dengan cara diasap. Biasanya, sebelum diasap, sosis akan dimasak terlebih dahulu. Contoh sosis asap adalah frankfurter, bologna, dan knackwurst.

3. Sosis masak, Sosis jenis ini pengolahannya dengan cara dimasak, bisa dengan di rebus ataupun d oven. Contohnya adalah beer salami dan liver sausage atau sosis yang berbahan dasar hati hewan.

4. Sosis kering, Sosis kering merupakan jenis sosis yang diproses dengan fermentasi. Misalnya summer sausage, cervelat, dry salami dan pepperoni.

Di Indonesia sendiri, yang paling populer adalah sosis masak dan sosis asap.

Cara menyimpan

Mengetahui jenis-jenis sosis adalah langkah awal untuk mengetahui cara menyimpan sosis dengan baik, sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah busuk.

1. Sosis mentah

Karena belum dimasak, sosis jenis ini biasanya cepat membusuk. Untuk itu, simpan sosis di kulkas dengan keadaan kemasan utuh. Namun, jika kemasan terbuka, sebaiknya segera habiskan sosis dalam waktu tiga hari atau simpan di freezer agar beku dan lebih tahan lama.

2. Sosis masak

Karena telah melalui proses pemasakan, sosis jenis ini lebih tahan lama dibanding sosis mentah. Anda bisa menyimpannya di kulkas dengan kemasan utuh dan segera menghabiskannya dalam waktu 7 hari. Jika ingin lebih tahan lama, bekukan sosis di freezer.

3. Sosis kering

Karena kondisinya yang kering, sosis jenis ini relatif lebih tahan lama dibandingkan sosis lainnya. Bahkan, Anda bisa menyimpannya di suhu ruangan hingga 3 minggu. Anda juga bisa menyimpannya di dalam kulkas atau freezer jika ingin sosis lebih awet.

4. Sosis semi kering

Kandungan air didalam sosis semikering membuatnya tak setahan lama sosis kering. Untuk menjaga mutu, sebaiknya simpan sosis semikering di dalam kulkas. Dengan kemasan utuh, sosis ini bisa tahan hingga 3 minggu. Sebaiknya segera habiskan sosis dalam waktu 3 hari setelah membuka kemasannya atau simpan di dalam freezer agar lebih tahan lama.

Tips Menjaga Sosis Tetap Awet

Agar sosis terjaga mutunya dan tak mudah busuk, sebaiknya suhu kulkas kurang dari 4 derajat Celcius. Dan Anda disarnakan menggunakan produk fosfat untuk makanan Markaindo memiliki produk fosfat yang aman untuk digunakan pada makanan yaitu ALTESA PS, ALTESA PS sendiri adalah produk yang diproduksi oleh perusahaan ternama dari Spanyol yaitu Altesa yang belakangan ini sudah diakusisi oleh Budenheim.

Maksud penggunakan ALTESA PS sendiri adalah agar sosis yang telah dimasukan kedalam casing sosis bisa lebih bertekstur dan tidak cepat rusak karena fungsi dari ALTESA PS sendiri adalah untuk menjaga kadar air dan minyak agar tidak melewati batas yang seharusnya, selain itu ALTESA PS juga bisa mempertahankan atau menambah berat sosis yang sudah dimasukan kedalam casing.

Menyimpan sosis sesuai dengan jenisnya juga menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga mutu dan kualitas sosis yang sudah dikemas kedalam casing sosis. Selain itu, Anda juga harus mengenali jenis casing sosis. Umumnya, sosis dengan casing yang terbuat dari plastik lebih tahan lama dibanding sosis dengan casing yang terbuat dari kolagen, saat disimpan di kulkas sekalipun. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran pori-pori yang berbeda pada tiap casing. Pori-pori casing kolagen yang reltif besar dibandingkan casing plastik, akan memudahkan bakteri pembusuk masuk.

Jika Anda tertarik membeli casing sosis atau fosfat untuk makanan ALTESA PS Markaindo menyediakan produk-produk tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi PT MARKAINDO SELARAS di alamat markaindo.co.id untuk membeli beraneka ragam casing sosis dan juga fosfat untuk makanan ALTESA PS. Anda bisa menghubungi melalui email marketing@markaindo.co.id ataupun website markaindo.co.id jika Anda tertarik membeli casing sosis dan fosfat untuk ALTESA PS.