Cara Mengolah Daging Sapi Agar Empuk dan Juicy

  • Cara mengolah daging sapi

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein pilihan yang nikmat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sayangnya, tak semua orang pandai mengolah daging sapi menjadi empuk dan juicy. Kesalahan dalam cara mengolah daging seringkali membuat daging sapi menjadi alot dan kering, meski sebenarnya yang digunakan adalah bagian yang mahal.

Ada beberapa cara mengolah daging sapi yang sederhana untuk membuatnya semakin empuk, seperti berikut ini:

Potong melawan serat daging

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat daging sapi supaya empuk adalah memotong berlawanan dengan seratnya. Yang dinamakan serat daging adalah garis-garis halus yang ada di permukaan daging. Jika seratnya membujur, maka potong daging secara melintang. Hal ini membuat tekstur daging yang keras akan menjadi lebih empuk. Cara mengolah daging sapi ini sangat pas diterapkan saat Anda akan membuat steak.

Masak dengan temperatur yang tepat

Cara membuat daging sapi cepat empuk yang selanjutnya adalah memastikan temperatur memasak sudah tepat. Jika Anda memasaknya terlalu lama dengan temperatur tinggi, maka daging akan kehilangan sari patinya sehingga menjadi alot dan susah dikunyah. Namun jika Anda menggunakan temperatur yang terlalu rendah, daging akan menjadi kering karena cairan di dalamnya menguap. Jika ingin mendapatkan daging dengan tekstur sempurna, pastikan Anda memiliki termometer masak. Daging sirlon biasanya membutuhkan temperatur sekitar 140 derajat celcius untuk kematangan yang sempurna.

Masak secara perlahan

Beberapa bagian daging misalnya saja di bagian bahu atau kaki cenderung lebih alot karena banyak terdapat otot. Untuk membuat daging sapi menjadi empuk, Anda perlu memasaknya dengan lebih lama secara perlahan. Cara mengolah daging sapi yang pertama adalah dengan teknik braising, yaitu merebus daging di dalam kaldu dalam waktu yang sangat lama hingga daging empuk. Cara ke dua adalah stewing yang juga dilakukan dengan merebus daging namun menggunakan cairan yang lebih banyak dibanding braising. Sedangkan cara ke tiga disebut dengan grill roasting, yakni membakar daging dengan api langsung namun dalam wadah tertutup.

Gunakan meat pounder 

Jika Anda merasa memasak secara perlahan terlalu merepotkan dan makan waktu, maka cobalah untuk mengempukkan daging menggunakan meat pounder. Alat pemukul untuk mengempukkan daging ini akan membantu ‘memecah’ otot yang ada pada daging sehingga teksturnya menjadi lebih empuk. Daging juga menjadi lebih tipis sehingga tidak perlu dimasak dalam waktu terlalu lama untuk mencapai kematangan sempurna.

Marinasi daging sebelum dimasak

Cara membuat empuk daging yang berikutnya adalah dengan marinasi alias merendam di dalam bumbu. Teknik ini akan membuat daging lebih empuk sekaligus menjadikan rasanya lebih lezat karena bumbu meresap sempurna. Untuk proses marinasi, Anda bisa menggunakan bumbu berupa rempah yang dihaluskan maupun bumbu dalam bentuk bubuk. Memasukkan nanas dalam proses marinasi juga bisa membuat daging sapi menjadi empuk.

Cara-cara mengolah daging sapi tersebut dijamin membuat daging yang murah sekalipun menjadi lebih empuk saat disantap. Jika Anda ingin menjadikan daging sebagai bahan baku usaha, maka selain teknik tersebut perlu juga memanfaatkan protein collagen powderKapro B95 berbentuk serbuk yang dapat meningkatkan kualitas dan volume produksi.

Untuk mendapatkan berbagai produk protein kolagen sapi terbaik, Anda bisa menghubungi PT Markaindo Selaras melalui situs www.markaindo.co.id atau melakukan pemesan melalui email di marketing@markaindo.co.id.