Cara Mendapatkan Keuntungan dari Bisnis Siomay

  • usaha siomay

Siomay merupakan makanan yang sering ditemui dimana-mana, mulai dari pedagang kaki lima, warung, café hingga restoran. Ini artinya makanan siomay sudah memiliki peminat dan penikmat yang sangat banyak, baik dari kalangan muda sampai tua. Dengan peminat yang sangat banyak ini maka terdapat peluang usaha siomay yang cukup menjanjikan.

Makanan ini dapat dijadikan salah satu bisnis dengan cara pembuatan yang cukup mudah serta bahan-bahan pembuatannya yang dapat ditemukan dengan mudah. Dengan membuat usaha siomay tentunya akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Sebelum membahas lebih lanjut tentang usaha ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis siomay yang ada di Indonesia.

Siomay merupakan makanan sejenis dimsum yang dikukus dan berasal dari negeri tirai bambu atau Cina. Dalam Bahasa Mandarin makanan ini disebut shaomai dan dalam Bahasa Kanton disebut siomay. Namun, diubah ke dalam Bahasa Indonesia menjadi siomay.

Pada versi aslinya siomay terbuat dengan daging babi yang dicincang kemudian dibungkus dengan kulit pangsit untuk kemudian di kukus dengan taburan wortel di atasnya. Biasanya siomay ini disajikan dengan kecap asin atau cuka agar terasa semakin enak.

Setelah siomay memasuki Indonesia, makanan ini disesuaikan dengan lidah sebagian besar penduduk muslim di Indonesia agar semua orang dapat menikmati makanan lezat satu ini. Walaupun memiliki nama yang sama namun, siomay yang sudah dimodifikasi memiliki banyak perbedaan dari siomay versi aslinya. Perubahan yang terjadi pada makanan ini yaitu penggantian bahan baku menjadi daging ikan.

Dengan mempertahankan ciri khas siomay yang terletak pada kulitnya, penggunaan kulit pangsit sebagai pembungkus masih tetap dipergunakan dan tidak diubah. Selain itu, cara memasaknya pun tetap masih sama yaitu dikukus. Di Indonesia para pedagang menjualnya dengan beberapa pendamping seperti tahu bakso, kol, dan kentang yang dikukus.

Cara penyajiannya pun sangat berbeda yaitu dengan diberi saus kacang, kecap, sambal dan jeruk purut. Di Indonesia, siomay versi asli masih tetap dapat dinikmati sehingga dengan semua perbedaan ini menjadikan Indonesia memiliki beragam jenis siomay. Nah, sebelum memulai usaha siomay ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti berikut:

Ciptakan Nama yang Unik

Dengan menciptakan nama yang unik tentunya akan menarik perhatian konsumen untuk mencobanya. Nama yang unik ini harus dipikirkan dengan baik agar konsumen mudah mengingatnya, jangan membuat nama yang sulit diucapkan karena akan menjadi sulit diingat juga. Ada baiknya nama yang Anda gunakan memiliki arti tertentu.

Manfaatkan Media Sosial Sebagai Tempat Promosi

Menggunakan sosial media sebagai alat untuk mengembangkan peluang usaha, menjadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu dengan sosial media Anda dapat mengelolanya sendiri. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak dan aktif, sehingga banyak orang memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan peluang usaha yang sedang dikembangkan.

Memodifikasi Produk

 Agar usaha siomay Anda berkembang sebaiknya Anda melakukan modifikasi produk. Sebelum melakukan modifikasi sebaiknya diperhitungkan biayanya agar Anda tidak perlu menjualnya dengan harga yang mahal. Dengan menambahkan pengenyal makanan, Anda dapat memberikan sensasi berbeda dari siomay yang ditawarkan oleh penjual lainnya.

Untuk jenis pengenyal makanan Anda dapat menggunakan abastol produksi Budenheim yang cocok untuk diaplikasikan pada produk-produk daging olahan dan hasil laut agar diperoleh tekstur yang kenyal serta dapat menghemat biaya produksi.

Nah, untuk Anda yang ingin memodifikasi produk, bisa memperoleh produk abastol dan mendapat informasi yang lebih lengkap, dengan mengunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.