Cara Memilih Daging yang Baik, Wajib Anda Ketahui

  • cara memilih daging yang baik

Daging merupakan salah satu sumber protein terbesar yang mudah Anda temui. Meskipun memiliki harga yang relatif tinggi, namun tidak mengurangi peminat pembelinya. Bagi pecinta daging, sebaiknya Anda perlu mengetahui daging yang segar dengan daging yang tidak segar.

Tingkat kesegaran daging akan mempengaruhi kualitas dari suatu masakan yang dibuat. Oleh karena itu, berikut cara memilih daging yang baik wajib Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Pilih Daging yang Tidak Berair

Telitilah sebelum membeli daging. Jika Anda membeli daging mungkin sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan tersebut bukan darah melainkan sari dari daging tersebut. Hati-hati daging yang berair biasanya daging yang berasal dari sapi glonggongan.

2. Pilih Tempat Membeli Daging

Berikut cara membeli daging baik yaitu:

- Pastikan Anda membeli daging dari penjual atau supplier daging yang mempunyai izin halal

- Pilihlah pedagang yang menjual daging dengan cara digantung

- Belilah daging pada akhir berbelanja dan tidak membeli dari pedagang yang memiliki lingkungan, peralatan, dan penjual yang kotor

- Tanya harganya, jika terlalu murah sebaiknya jangan dibeli karena mencurigakan

- Beli lah daging sesuai harga pasarannya

3. Memperhatikan Warna Daging

Lalu, cara memilih daging segar yaitu dengan memperhatikan warna yang dimiliki daging. Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah tidak segar lagi. Daging sapi yang masih segar memiliki warna merah yang segar. Selain itu, warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor. Jika terdapat daging memiliki warna kebiru-biruan biasanya berasal dari sapi yang sudah mati.

4. Memperhatikan Tekstur Daging

Pada saat membeli daging, jangan lupa memperhatikan juga tekstur yang dimiliki daging. Pada daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Cara mengetahui tekstur daging yang segar cukup mudah yaitu dengan menekan sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Tetapi jika terasa lembek pada saat ditekan itu menandakan bahwa daging tersebut tidak bisa dikonsumsi.

Jangan membeli daging yang sudah dibekukan, walaupun tidak semua daging beku memiliki tingkat kesegaran yang rendah. Jika Anda harus membeli daging bekas, sebaiknya pilih daging yang tidak memiliki bunga es karena itulah yang menunjukkan daging telah disimpan terlalu lama.

5. Memilih Daging dengan Mengenali Bau atau Aroma dan Bentuk Urat

Cara memilih daging yang segar selanjutnya yaitu dengan mengenali daging yang segar dari aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas sapi. Sementara itu daging yang tidak segar akan menimbulkan aroma busuk atau asam yang sangat menyengat. Selain itu, telitilah urat daging sapi yang Anda beli, jangan hanya membeli daging yang uratnya mengembang dan kembung saja tetapi pilihlah jenis daging sapi yang bentuk uratnya wajar serta tidak mengalami pembengkakan.

Nah, itu dia cara memilih daging yang baik wajib Anda ketahui. Daging yang segar jika diolah dalam bentuk masakan apapun seperti bakso atau makanan olahan daging lainnya, akan memiliki cita rasa yang khas dan lezat tentunya. Untuk dapat mengatur kekenyalan pada olahan daging, sebaiknya Anda menggunakan pengenyal makanan dari Abastol dan Carnal yang diproduksi oleh Budenheim. Jika Anda tertarik untuk membeli produk pengenyal makanan Abastol dan Carnal Anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id atau mengirimkan email melalui  marketing@markaindo.co.id. Selamat mencoba.