Cara Membuat Sushi yang Tahan Lama

  • cara membuat nasi sushi

Sushi merupakan makanan tradisional Jepang yang cukup terkenal dan menjadi favorit banyak orang termasuk Indonesia. Nasi yang digunakan pada sushi pada umumnya berbeda dengan nasi biasa yaitu menggunakan nasi jepang yang diberi bumbu garam, gula dan cuka beras sehingga rasanya menjadi asam dan lembut. Untuk memudahkan anda dalam menyajikan sushi maka anda dapat menggunakan makisu yaitu tikar untuk menggulung sushi, makisu tersedia dalam dua variasi yaitu bambu yang tebal dan bambu yang tipis. Setelah digunakan sebaiknya dikeringkan untuk menghindari bakteri dan jamur, selanjutnya yang peru dipersiapkan adalah wadah kayu atau lebih dikenal hangiri yang berfungsi untuk tetap menjaga kesegaran dari sushi. Dan tidak kalah penting adalah shamoji atau sendok nasi yang terbentuk dari bambu. Terakhir adalah pisau sushi yang dikenal dengan istilah tako hiki. Setelah semua alat tersebut tersedia maka anda dapat membuat sushi dengan bahan-bahan berikut:

Cara Membuat Sushi

Bahan

200 gram beras

250 liter air

20 ml cuka beras atau cuka apel

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Bumbu Nasi Sushi:

Nori berbentuk lembaran

1 buah mentimun Jepang

3 buah telur, kocok dan dimasak

1 buah alpukat

Crab stik secukupnya

Bahan Pelengkap:

Pasta Wasabi

Kecap Asin

Acar Jahe

Mayonnaise

Cara Membuat:

- Cuci dahulu beras kemudian masak nasi

- Setelah nasi matang, angkat dan letakkan di dalam wadah untuk kemudian diberi bumbu.

- Berikan bumbu gula,garam dan cuka kemudian aduk hingga merata

- Selanjutnya ambil adukkan dan diaduk kemudian biarkan uap nasi menghilang kurang lebih 15 menit.

- Siapkan penggulungan sushi kemudian letakkan selembar nori di atas penggulungan. Perhatikan agar bagian mengkilap nori diletakkan menghadap ke bawah.

- Letakkan nasi diatas nori dan ratakan hingga setengah menjadi lembaran nori.

- Susun bahan isian sushi sesuai selera.

- Gulung sushi hingga menjadi padat

- Potonglah sushi yang telah digulung menjadi 6-8 atau sekitar 1,5 cm perpotongnya.

Nah itu dia resep membuat sushi yang cukup mudah untuk dibuat sendiri. Segera nikmati sushinya selagi masih segar.

Pengawet Nasi 

Sushi sangat nikmat jika langsung dikonsumsi setelah disajikan karena kesegaran dari bahan-bahan yang digunakan akan menambah cita rasa sushi. Namun, jika sushi tidak segera disantap akan mengurangi kualitas rasanya karena walaupun menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik kesegaran rasanya akan berkurang. Bagi anda yang ingin menjadikan sushi sebagai usaha. Mempertahankan tekstur sushi agar tetap segar menjadi kunci utama keberhasilan pembuatan sushi, khususnya dalam menjaga agar nasinya tidak berubah dan tetap segar.

Untuk menjaga tekstur nasi maka anda dapat menggunakan pengawet nasi bernama Rice-B yang menjaga agar nasi tetap baik selama proes penyimpanan. Pengawet produksi dari Koyo Chemical ini menggunakan bahan baku utama yang tidak digolongkan sebagai bahan pengawet yaitu cuka alami dan asetat, maka produk dari Koyo bukan kategori bahan pengawet tetapi berfungsi menjadikan waktu simpan makanan menjadi lebih lama dan aman dikonsumsi, yang lebih dikenal sebagai food longevity. Walaupun fungsinya sama seperti pengawet makanan tetapi food longevity dijamin lebih aman untuk digunakan pada makanan.

Nah food longevity yang dijual oleh Markaindo dibuat oleh Koyo Chemical yang merupakan perusahaan asal Jepang yang khusus memproduksi bahan untuk meningkatkan daya simpan makanan. PT Markaindo Selaras jual pengawet makanan berkualitas dari Koyo Chemical. Untuk anda yang tertarik terhadap produk dari koyo ini dapat langsung mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang Rice-B dan produk lainnya dari Koyo atau dapat langsung mengirimkan email di marketing@markaindo.co.id.