Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tak Berbau Saat Diolah Menjadi Masakan

  • cara membuat sate kambing empuk

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengisi perayaan akhir tahun, yaitu kegiatan barbeque atau yang lebih sering disebut ‘bakar-bakar’. Dalam acara ini, ada satu menu pengolahan daging yang biasanya tidak boleh terlewatkan, yakni sate kambing.

Namun mempersiapkan hidangan sate kambing tidak bisa sembarangan. Kasus yang cukup sering ditemukan saat menikmati sate kambing bisa beragam, mulai dari daging terlalu keras hingga bau yang kurang sedap. Lalu, bagaimana cara membuat sate kambing menjadi lebih empuk dan tidak berbau? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuatnya.

Pilih Daging yang Memiliki Sedikit Lemak

Salah satu cara membuat sate kambing empuk dan cukup mudah dilakukan, yaitu dengan memilih bagian daging yang mempunyai sedikit lemak. Biasanya lemak memang akan memberikan cita rasa gurih pada olahan daging. Sayangnya, jika jumlah lemak terlalu berlebihan dapat menimbulkan bau yang kurang sedap pada hasil masakan.

Selain itu, daging dengan sedikit lemak akan lebih mudah menyerap bumbu dan membuatnya menjadi terasa empuk saat dimakan.

Hindari Mencuci Daging

Dalam proses pengolahan daging, ada baiknya daging tidak dicuci. Khususnya pada daging kambing yang akan mengeluarkan bau tidak sedap saat dicuci dan menjadikannya tidak empuk saat digigit.

Potong dengan Cara yang Benar

Selanjutnya, cara membuat sate kambing empuk juga terletak pada proses pemotongan daging. Untuk membuat daging sate kambing lebih mudah diolah, pilihlah bagian punggung atau has dalam serta bagian paha belakang karena mempunyai tekstur daging yang lebih empuk.

Saat memotongnya, perhatikan jalur serat-serat daging dan ikuti jalur tersebut untuk memotongnya. Dengan demikian, Anda masih dapat menambahkan sedikit lemak untuk mempertahankan citarasa gurih yang dimilikinya. 

Tambahkan Jeruk Nipis Agar Tidak Bau

Proses pengolahan daging yang benar akan memengaruhi bau yang dihasilkan. Oleskan jeruk nipis pada permukaan daging dan diamkan selama 30 menit untuk menyerap bau daging. Selain jeruk nipis, Anda juga dapat menggunakan garam.

Rebus Hingga Setengah Matang dengan Bumbu Dapur

Cara membuat sate kambing empuk lainnya yang bisa Anda lakukan, adalah dengan merebus daging hingga setengah matang menggunakan beberapa bumbu dapur seperti jahe, serai, kemangi, dan berbagai rempah-rempah atau bumbu dapur lainnya. Perpaduan bumbu tersebut dapat membantu menambah cita rasa daging jadi lebih nikmat.

Itulah cara membuat sate kambing menjadi empuk dan tidak berbau saat disajikan sebagai menu acara keluarga. Untuk mempermudah proses pengolahan daging, Anda data menggunakan bantuan dari mesin penggiling, pencampur, vakum, atau pemotong. Semua pilihan mesin yang Anda butuhkan tersedia di Markaindo dan bisa didapatkan dengan mengunjungi langsung website resminya di www.markaindo.co.id atau mengirimkan email di markerting@markaindo.co.id.