Cara Membuat Nugget Ayam dengan Isolated Soy Protein (ISP)

  • Nugget Isolated Soy Protein

Langkah Membuat Nugget Lezat Dengan ISP

Ketika perut terasa begitu lapar, berburu fast food seperti chicken nugget adalah hal pertama yang terlintas di kepala. Sayangnya, tingginya kadar lemak jenuh maupun bahan pengawet di dalam fast food satu ini membuat Anda berpikir dua kali. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk membuat chicken nugget sendiri di rumah yang lebih sehat, gurih, sekaligus mengenyangkan salah satunya dengan menggunakan tepung kedelai. Berikut tipsnya:

Pertama cari daging ayam segar

Kepiawaian Anda memilih daging ayam akan membuat menu chicken nugget kaya akan protein yang bagus bagi kesehatan tubuh. Pilihlah dada ayam fillet yang berwarna kuning dan terlihat bersih. Selain itu, amati baunya yang tidak menyengat dan tekstur kulit serta dagingnya yang terasa elastis, kenyal, dan tidak lengket saat ditekan. Hindari daging ayam yang terasa keras atau terlalu lunak karena itu pertanda daging tidak segar.

Kedua siapkan bumbu marinasi

Siapkan bumbu dapur seperti bawang putih halus, garam, lada, dan sedikit perasan air jeruk lemon. Rendam daging ayam di dalamnya selama enam hingga delapan jam. Kemudian, masukkan ke dalam lemari es selama beberapa saat.

Keempat buat adonan nugget

Ambil beberapa lembar roti tawar, buang pingirnya dan rendam ke dalam air matang hinga lunak, kemudian peras. Keluarkan daging ayam dari kulkas dan campurkan adonan roti ke dalamnya dengan butir telur yang sudah dikocok. Setelah itu, tambahkan pula Isolated Soy Protein (ISP).

ISP merupakan produk perusahaan Crown Soya Protein  yang berbasis di China dan terbuat dari tepung kedelai yang telah diambil kandungan lemaknya produk ini diberi nama marksoy 90, selain marksoy 90 Crown Soya juga memproduksi produk tepung yang memiliki kadar protein kedelai yang lebih kecil tetapi memiliki fungsi yang sama seperti marksoy 90  yaitu cornmark 70, cornmark 70 mengandung kadar protein kedelai yang lebih rendah yaitu sekitar 68-70% sedangkan marksoy 90 mengandung 90% kadar protein kedelai. Dari kedua produk tersebut Anda bebas memilih mana yang paling sesuai untuk Anda, bahan isolated soy protein ISP sangat cocok untuk membuat chicken nugget yang lezat. Marksoy 90 dan Cronmark 70 ini dapat digunakan untuk bahan pengisi (filler) untuk menghemat pembuatan nugget. Setelah itu, aduk semua adonan ini hingga tercampur rata.

Kelima kukus adonan

Masukkan adonan nugget yang sudah jadi ke dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak goreng dan ratakan. Kemudian, kukus adaonan selama kurang lebih 20 menit, angkat dan dinginkan. Setalah dingin, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai keinginan, kemudian cekupkan ke dalam adonan telur dan gulingkan ke dalam tepung roti.

Keenam panggang dengan kertas aluminium foil

Bila nugget ala fast food yang beredar di restoran lebih sering digoreng dengan minyak berlebih, Anda bisa mencoba cara pengolahan baru, yakni dipanggang dalam oven. Soal rasa tak perlu khawatir sebab chicken nugget Anda tak akan kalah crunchy.

Pertama, bungkus potongan nugget ke dalam kertas aluminium foil. Namun, sebelum membungkusnya, pastikan Anda sudah meremas kertas tersebut karena hal ini bertujuan membuat sirkulasi panas oven menjalar dengan baik pada seluruh permukaan chicken nugget. Makin lancar sirkulasi panas yang mengalir, makin crispy pula nugget buatan Anda nanti.

Ketujuh gunakan perforated pan

Anda juga bisa membuat nugget jadi lebih crunchy dengan memangganya melalui perforated pan dan memasukkannya ke dalam oven. Langkah ini juga memungkinkan sirkulasi panas di dalam oven mampu mengalir dengan baik dan membuat daging nugget matang sampai pada lapisan terdalamnya. Masukkan nugget ke dalam dan panggang hingga matang. Sajikan selagi hangat.

Jika Anda ingin membuat chicken nugget secara hemat, Anda bisa mendapatkan Isolated Soy Protein (ISP) marksoy 90, cornmark 70, dan berbagai produk-produk dari Crown Soya lainnya di Indonesia. PT. Makarindo Selaras merupakan supplier makanan lengkap yang menyediakan berbagai bahan yang mendukung industri makanan. Anda bisa menghubungi mereka di www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.