Cara Membuat Mie Sendiri di Rumah

  • Jual Potato Starch

Mie instan dan mie ayam memang dikenal sebagai makanan yang menggugah selerai, tapi juga cukup ditakuti karena alasan kurang sehat. Rasanya yang lembut dan kenyal mungkin menjadi alasan, kenapa orang-orang masih setia bahkan mengilai mie. Akan tetap, jika Anda yang khawatir dengan kualitas dan kebersihan mie ayam atau mie instan ada baiknya Anda buat sendiri di rumah.

Selain aman karena memilih bahan-bahan dasar sendiri, membuat mie sendiri di rumah juga lebih bersih karena Anda yang menyiapkan bahan-bahanya dari awal. Berikut bahan dan cara yang dibutuhkan untuk membuat mie sendiri di rumah:

 

Bahan:

- 3/4 cangkir tepung terigu

- 1 telur

- 3/4 sdt garam (atau sesuai selera)

- 1 sdm air (tergantung pada tepung dan kelembaban)

 

Cara membuat:

1. Campurkan semua bahan kering dan aduk dengan perlahan.

2. Uleni hingga adonan tidak lengket. Jika masih lengket kamu bisa menambahkan tepung.

3. Bentuk adonan jadi bola dan diamkan dalam kain basah selama 30 menit (agar mie bisa tipis).

4. Regangkan adonan dengan menggunakan roller (bisa dengan botol bekas) hingga ketebalannya 1 mm.

5. Taburkan tepung terigu di atas adonan yang sudah tipis dan lipat dua kali ke arah yang sama.

6. Potong serapi mungkin agar ukurannya sama.

7. Rebus air, setelah mendidih beri sedikit garam lalu campurkan mie yang sudah dipotong dan aduk menggunakan garpu atau sumpit.

 

Itulah beberapa bahan dan cara membuat adonan mie sendiri di rumah. Selain menggunakan tepung terigu, ternyata Anda juga bisa menggunakan Potato Starch sebagai bahan dasar dalam pembuatan adonan mie.

Kentang dalam bentuk tepung atau Potato Starch juga menjadi alternatif pengganti yang baik untuk tepung terigu biasa. Potato Starch bisa diolah menjadi adonan pizza, pasta, hingga berbagai olahan roti. Potato Starch ini juga dapat dicampurkan dengan berbagai hidangan lain yang akan memberikan nutrisi dan tekstur lebih.

Tak hanya dari tepung terigu saja, Anda juga bisa membuat berbagai jenis mie dari tepung lain, Potato Starch (tepung pati kentang) juga bisa digunakan sebagai bahan dalam membuat mie dan tidak berbeda jauh dengan mie pada umumnya yang dibuat dari terigu. Beberapa jenis mie yang bisa dibuat dari Potato Starch adalah Acorn noodles, Buckwheat noodles, Harusame, Rice noodles, dan Potato vermicelli.

Kegunaan Potato Starch yang sering dipakai sebagai bahan penebalan, pengikat makanan dan pelapis. Pati sendiri menjadi bahan pangan yang cukup penting karena hampir semua makanan pokok manusia memiliki kadar pati yang tinggi. Potato Starch biasanya digunakan untuk memperbesar ukuran produk maupun sebagai pembentuk tekstur tanpa mengubah rasa pada makanan yang dicampurkannya.

Berbagai fungsi dari pati kentang membuat Anda bisa menekan sekaligus mengurangi biaya produksi. Tepung pati kentang cocok dipakai sebagai bahan pembuat kue dan aneka pangan. Berikut kegunaan kentang pada bahan makanan:

- Menjadikan Makanan Lebih Tebal

- Kue Menjadi Lembut

- Tidak Mudah Menggumpal

- Dijadikan Pengental Saus

- Sebagai Pelapis Yang Renyah

- Pengganti Corn Starch

- Halal

 

Pati kentang menjadi bahan pangan yang aman dan juga halal untuk dikonsumsi. Jika Anda berniat untuk membeli produk Potato Starch Anda bisa membelinya dari perusahaan Meelunie B.V. yang jual potato starch berkualitas. Produk dari Meelunie B.V yang sudah cukup terkenal di Indonesia antara lain adalah Potato Starch merk Windmill. Pati ini banyak digunakan oleh industri makanan di Indonesia karena kualitasnya yang sangat baik baik dengan harga yang relatif bersaing.

Potato Starch Meelunie B.V. Markaindo jual potato starch dengan kualitas terbaik. Anda bisa dapatkan potato starch dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.