Cara Membuat Gorengan Renyah dari Panas Hingga Dingin

  • cara membuat gorengan renyah

Gorengan merupakan makanan favorit sebagian besar penduduk di Indonesia. Gorengan yang enak adalah gorengan yang masih panas dan renyah namun biasanya kerenyahan pada gorengan tidak akan bertahan lama dan setelah dingin gorengan akan menjadi lembek dan terlihat berminyak, walaupun dipanaskan di microwave tentu rasanya tidak akan seenak saat dalam kondisi baru selesai digoreng. Tetapi Anda masih dapat menjumpai gorengan yang dalam keadaan dingin tetapi tetap renyah.

Hal ini harus diperhatikan lebih lanjut karena maraknya pedagang gorengan yang ingin mencari keuntungan lebih banyak dan menggunakan cara curang seperti mencampur gorengan dengan lilin dan plastik menjadi rahasia cara membuat gorengan renyah yang salah walaupun dengan tujuan agar dapat mempertahankan kerenyahan pada gorengan. Tentunya hal ini akan memancing kekhawatiran tersendiri di masyarakat untuk mengkonsumsi gorengan.

Namun, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena ada cara membuat gorengan renyah tanpa harus menggunakan plastik atau lilin, yaitu dengan menggunakan tepung kentang atau potato starch. Penggunaan potato starch di Indonesia memang masih jarang.

Rahasia Membuat Gorengan Renyah

Dengan mengganti tepung biasa menjadi tepung kentang atau potato starch akan membuat gorengan menjadi renyah dan lebih tahan lama. Selain penggunaan tepung kentang, berikut ada beberapa cara membuat gorengan renyah seperti berikut:

- Jangan membuat adonan terlalu kental agar saat melumurkan adonan ke bahan gorengan tidak menjadi terlalu tebal karena jika terlalu tebal gorengan akan menyerap minyak terlalu banyak dan memakan waktu lebih banyak untuk matang sehingga tidak akan menjadi gorengan yang renyah.

- Gunakan minyak goreng baru agar hasil akhir gorengan memiliki warna keemasan yang cantik. Selain itu penggunaan minyak goreng baru lebih sehat dan tidak mudah membuat batuk.

- Sebaiknya panaskan minyak terlebih dahulu sebelum melumuri bahan dengan adonan, karena jika sudah dilumuri dan tidak segera digoreng akan membuat tepung menjadi menggumpal dan  dan bahan yang sudah dilumuri dengan adonan menjadi susah matang.

- Saat menggoreng pastikan bahan terendam dalam minyak panas dengan sempurna agar gorengan memiliki warna yang merata dan matang sempurna.

- Jangan menggoreng dalam jumlah yang terlalu banyak di dalam wajan karena akan membuat suhu minyak menurun. Hal ini akan menjadikan gorengan matang lebih lama dan proses pematangnya menjadi tidak sempurna.

- Gorenglah pada suhu yang tepat agar tidak memakan waktu yang lama saat menggoreng. Dengan tujuan agar gorengan tidak menyerap minyak terlalu banyak.

Itudia beberapa cara membuat gorengan renyah dengan menggunakan tepung kentang atau potato starch. Dengan penggunaan potato starch maka Anda telah melakukan penghematan karena tepung kentang ini dapat menggantikan tepung tapioka atau sagu. Tepung kentang bermanfaat untuk sebagai pengental makanan yang halus, selain itu tepung kentang akan membuat makanan menjadi tetap nikmat dan lezat karena tidak meninggalkan rasa tepung di mulut.

Untuk Anda yang tertarik dan ingin mencari tahu dimana tempat yang jual potato starch, tidak perlu bingung karena produk dari Meelunie B.V yang sudah cukup terkenal di Indonesia yaitu potato starch merk Windmill. Tepung ini sudah mulai banyak digunakan oleh industri makanan di Indonesia karena kualitasnya yang sangat baik baik dengan harga yang relatif bersaing serta tepung kentang ini menjadi bahan pangan yang aman dan juga halal untuk dikonsumsi. Potato starch Meelunie B.V. bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui websitenya di www.markaindo.co.id atau melalui email ke marketing@markaindo.co.id.