Bisa Dicoba, Inilah 3 Resep Sosis Bergizi dengan Rasa Luar Biasa!

  • Sosis

Sosis bukanlah sebuah bahan makanan yang langka di dunia ini. Tentunya, Anda pun telah cukup lama mengenal makanan cepat saji ini. Usut punya usut, ternyata makanan ini pun telah dikenal dunia sejak tahun 300 Sebelum Masehi di Sumeria! Dengan sejarahnya yang panjang, wajar saja makanan yang dibuat dari daging cincang ini menjadi favorit banyak orang.

Tidak hanya itu, ternyata bahan makanan ini pun diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, seperti protein hewani yang berasal dari daging cincang dan juga Vitamin B12. Kedua zat ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan diperlukan untuk mengambilkan fungsi saluran cerna, jaringan syaraf dan juga sumsung tulang. Selain itu, kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya juga dapat meningkatkan kemampuan belajar, mengangkut oksigen ke sel darah merah, serta mencegah terjadinya anemia.

Tapi tahukah Anda, ternyata sosis juga cocok lho dipadukan dengan bahan makanan dan rempah Indonesia. Tidak hanya enak, sajian dengan bahan makanan ini juga dikenal bergizi dan pas di lidah kita. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Tumis sosis asam manis yang kecut dan gurih!

Sajian pertama yang dapat Anda coba sendiri di rumah adalah tumis sosis asam manis. Cara masak dengan menumis memang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, karena dapat mengeluarkan aroma masakan dengan lebih maksimal dan proses memasak yang lebih cepat.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan antara lain:

-10 buah sosis yang sudah Anda potong

-300 gram nanas yang juga telah dipotong

-1/3 cangkir gula pasir

-2 sendok makan tepung maizena

-1 sendok teh cuka dapur

-2 sendok makan kecap manis

-2 buah wortel , iris berbentuk dadu

-1 buah paprika merah atau hijau, potong kasar

Cara memasaknya:

-Pertama-tama, masukkan gula dan juga tepung maizena ke dalam mangkung berukuran sedang, lalu aduk hingga rata. Kemudian, Anda dapatmenambahkan cuka dan kecap secara bertahap, lalu diaduk sampai rata dan sisihkan.

-Mulai tumis sosis, paprika, dan juga wortel di atas wajan hingga wortel menjadi lebih empuk.

-Setelahnya, Anda bisa menambahkan campuran gula dan juga tepung maizena yang telah dibuat tadi, masak dan juga aduk sampai saus mulai mengental dan mendidih.

-Jika telah selesai, tambahkan pula potongan nanas, lalu masak hingga benar-benar matang.

-Voila! Sosis tumis asam manis sudah siap untuk disajikan bersama nasi putih.

Baca Juga : Baik Buruknya Konsumsi Sosis

2. Sosis bakar saus mayo asam manis yang cocok untuk pesta depan rumah

Jika Anda akan mengadakan pesta sederhana bersama teman atau keluarga, sajian yang satu ini sangat pas untuk dibuat, karena proses memasaknya yang gampang dan dapat dilakukan sambil siapa saja.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan antara lain:

-10 buah sosis berukuran sedang

-10 batang stik es krim atau tusuk sate

-2 siung bawang putih, haluskan

-3 sendok makan saus sambal

-2 sendok makan kecap manis atau secukupnya

-2 sendok makan saus tiram

-2 sendok teh merica atau lada hitam

-mayonaise secukupnya

-mentega secukupnya

Cara memasaknya:

-Pertama, pisahkan sosis sesuai selera Anda, lalu tusuk dengan stik es krim yang sudah disiapkan

-Untuk bumbu oles, campurkan saus, bawang putih, kecap, dan juga lada hitam. Setelah jadi, oleskan ke sosis hingga merata.

-Setelahnya, Anda dapat memanaskan mentega di atas wajan datar atau teflon, panggang sosis sampai mulai merekah. Bolak-balik sesekali agar matang merata.

-Setelah matang, oleskan mayo sesuai selera Anda. Sosis pun sudah siap disantap rame-rame!

3. Sosis gulung mieuntuk nostalgia masa kecil

Sebagian besar Anda mungkin sering memakan sajian ini waktu kecil, atau bahkan masih sering membuatnya untuk sarapan si kecil sampai sekarang. Ternyata, cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah 6 buah sosis atau sesuai selera, mie instan aneka rasa, dan juga minyak goreng.

Cara memasaknya:

-Pertama-tama, rebuslah dahulu mie instan hingga matang. Sembari menunggu, Anda dapat memotong sosis jadi beberapa bagian sesuai selera.

-Tiriskan mie yang telah matang. Tunggu hingga agak dingin dingin, lalu campurkan bumbu ke dalam mie.

-Setelahnya, lilitkan mie tersebut ke sosis. Biarkan ujung sosis terlihat agar lebih menarik.

-Goreng campuran sosis dengan lilitan mie tersebut di atas minyak panas, tunggu hingga warnanya kecoklatan.

-Selesai! Sosis gulung mie pun siap Anda sajikan bersama dengan saus atau mayo.

 

Bagaimana? Cukup menarik bukan resep sosis yang disajikan di atas? PT. Markaindo Selaras juga menyediakan berbagai casing berkualitas untuk pembuatan sosis, seperti MiniRalen Polyamide Casing dan Devro Collagen Casing. Dengan menggunakan casing tersebut, Anda dapat membuat sosis homemade sendiri. Langsung kunjungi situs www.markaindo.co.id atau hubungi email marketing@markaindo.co.id untuk info selengkapnya.