Berkenalan dengan Serat Gandum dan Manfaatnya untuk Tubuh

  • manfaat serat gandum

Serat sangat penting untuk kesehatan. Serat merupakan bagian makanan pada tumbuhan yang bersifat sulit untuk dicerna. Anda bisa memperoleh serat dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, kubis, dan kentang. Namun, serat yang paling populer adalah serat gandum. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

Gandum adalah adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian. Biasanya gandum akan diolah menjadi tepung. Serat gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang baik karena mengandung tingkat lemak yang rendah.

Secara umum, manfaat serat gandum antara lain dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko gangguan jantung serta pembuluh darah. Serat juga efektif menurunkan tingkat glukosa dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Serat gandum juga terkenal dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar. Sehingga serat dapat mengurangi risiko terkena kanker usus. Karena sifat serat yang sulit dicerna dan rendah kalori, maka serat efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena memakan serat dapat membuat anda kenyang lebih lama.

Kebutuhan akan biji-bijian utuh seperti gandum pada tiap orang berbeda-beda. Ini ditentukan berdasarkan umur, jenis kelamin, dan aktivitasnya sehari-hari. Anda dapat mencukupi kebutuhan tersebut dengan cara menambahkan serat gandum pada makanan anda.

Dimana Membeli Serat Gandum?

Solvaira Specialties Inc. adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi berbagai jenis fiber atau powdered cellulose, termasuk serat gandum. Produknya digunakan untuk berbagai macam keperluan industri, seperti industri makanan & minuman, industri farmasi, industri pakan temak, industri plastik, industri karet, industri bahan bangunan dan lain sebagainya.

Merk serat gandum dari Solvaira Specialties Inc ada dua, yaitu JustFiber dan SolkaFlo.  Serat gandum tersebut sering digunakan untuk pengolahan berbagai makanan dan minuman, diantaranya sosis, nugget, keju, dan bakery.

Serat gandum yang memiliki partikel kecil dapat memperbaiki tekstur makanan. Serat gandum ini dapat menambah citarasa dan mengatur kekentalan produk makanan tertentu. Sedangkan serat gandum dengan partikel yang lebih besar bisa bermanfaat untuk memperkuat struktur dan memperbaiki tekstur makanan. Biasanya serat gandum jenis ini digunakan untuk produk-produk sejenis roti.

Dari sisi kesehatan, serat gandum masuk kategori serat pangan (dietary fiber) yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan manusia. Mungkin selama ini anda menganggap bahwa produk-produk daging olahan merupakan makanan yang tidak sehat karena miskin serat. Namun jangan salah! Menambahkan serat gandum JustFiber dan Solka-Floc dapat menjadi solusinya. Penambahan serat pangan ini dapat menjadi keunggulan tersendiri untuk produk anda. Pernyataan semacam “sehat dan diperkaya dengan serat pangan” akan menambah kepercayaan konsumen.

Serat gandum JustFiber dan Solka-Floc diproduksi dari berbagai jenis tanaman, antara lain gandum, bambu, kapas, pea dan kentang. Dengan Dosis pemakaian antara 0,5 - 5% (umumnya digunakan pada dosis 1 - 3%) dari total massa adonan daging, keduanya memiliki kemampuan mengesankan untuk mengikat cairan yang terdapat dalam makanan. Sehingga produk olahan daging menjadi lebih baik teksturnya dan baik untuk kesehatan.

Jika anda ingin mendapatkan serat gandum dengan kualitas terbaik, tidak perlu membeli langsung ke Solvaira Specialties Inc di Amerika Serikat. Anda dapat membeli serat gandum JustFiber dan Solka-Floc dari Solvaira Specialties Inc melalui  Markaindo. Anda bisa menghubungi melalui website  www.markaindo.co.id  atau email marketing@markaindo.co.id.  Anda dapat memilih sesuai kebutuhan serat gandum anda, baik JustFiber WWF 40 maupun JustFiber WWF 200 dengan isi per bag 20 kg.