Berbagai Manfaat Serat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Serat Pangan

Kebutuhan manusia akan berbagai nutrisi penting seperti serat memang sangat tak terelakkan. Sebab, di dalamnya terkandung banyak sekali mineral dan vitamin penting yang menunjang stamina tubuh. Nah, berikut merupakan manfaat serat pangan bagi kesehatan tubuh secara umum:

Memperpanjang usia

Tahukah Anda bahwa dengan mengonsumsi 14 gram serat pada setiap asupan 1000 kalori dapat memperpanjang usia hingga 9 tahun lebih lama? Mengontrol tekanan darah

Serat makanan yang mudah larut akan bantu sistem pencernaan tubuh saat menguraikan karbohidrat. Penyerapan gula akan berjalan lebih lancar dan kadar gula darah dalam tubuh pun akan seimbang. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari masalah diabetes.

Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rimm EB dari Harvard School of Public Health mengungkap bahwa serat mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 40%. Serat tersebut bisa diperoleh melalui konsumsi sayur dan buah yang dilakukan secara rutin.

Stroke

Lain halnya dengan penelitian yang dilakukan oleh Diane E, Threapleton dan sejumlah rekannya dari University of Leeds. Ia dan timnya menemukan bahwa konsumsi makanan berserat ternyata sangat ampuh untuk menurunkan penyakit stroke hingga 7%. Setidaknya, Anda perlu mengonsumsi tujuh gram serat pada porsi makan harian.

Menurunkan berat badan

Penelitian yang dilakukan oleh Anderson JW dari University of Kentucky mengungkap bahwa konsumsi serat sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab, konsumsi serat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tak perlu makan hingga berkali-kali dalam waktu singkat.

Menyehatkan kulit

Serat ternyata juga berperan bagus bagi keseahtan sekaligus kecantikan kulit Anda. Sebab, serat dapat membantu untuk mengusir jamur yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari masalah jerawat ataupun ruam yang salah satu sebabnya dikarenakan jamur.

Mencegah batu ginjal

Konsumsi serat secara rutin ternyata juga sangat bagus untuk mencegah batu ginjal. Sebab, kandungan vitamin dan mineral pada serat mampu melancarkan sirkulasi gula darah dan mencegah adanya penggumpalan di sejumlah titik.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kadar serat tinggi. Berikut daftar makanan berserat yang kaya akan vitamin dan mineral bagi kesehatan tubuh:

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang mengandung serat paling tinggi di antara buah lainnya. Setidaknya, per 100 gr kiwi terkandung 3 gr serat yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

Kacang merah

Kacang merah juga mengandung banyak sekali serat dan vitamin penting untuk menunjang stamina tubuh. Di dalamnya juga terdapat protein dan zat besi yang baik sekali untuk membentuk otot tubuh.

Jagung

Selain mengandung karbohidrat tinggi, jagung juga kaya akan serat. Oleh karena itu, jagung sering jadi alternatif makanan pokok dengan kadar gula yang lebih rendah dan aman bagi kesehatan.

Oatmeal

Oatmel merupakan menu makanan yang kaya akan serat dan mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan beta glucan di dalamnya juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain dari bahan-bahan di atas, Anda juga bisa mendapatkan serat pangan dari JustFiber dan Solka-Floc. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di supplier makanan Indonesia, yakni PT. Markaindo Selaras. Anda pun juga bisa berkunjung langsung ke situs www.markaindo.co.id atau melayangkan email ke marketing@markaindo.co.id.