Berbagai Info Mengenai Corn Starch yang Punya Banyak Manfaat

Seringkah Anda mendengar kata tepung maizena? Tepung Maizena sebenarnya merupakan nama merk atau brand yang berasal dari Negara Meksiko. Tetapi di Indonesia, banyak yang mengatakan tepung maizena dengan nama lain dari tepung pati jagung atau corn starch. Tepung pati jagung memiliki tekstur yang halus dan lembut seperti tepung terigu, namun mempunyai warna yang lebih pucat dan keruh.

Komposisi tepung pati jagung terdiri dari karbohidrat. Tepung pati jagung juga terdiri dari amilosa dan amilopektin. Amilopektin merupakan polimer bercabang molekul glukosa, terikat oleh ikatan glikosidik.

Tepung pati jagung sangat berguna dalam mengolah berbagai jenis makanan. Berikut kegunaan dari tepung pati jagung untuk olahan makanan:

1.Sebagai Bahan Pengental

Tepung pati jagung atau corn starch sangat baik dan bisa digunakan sebagai pengental makanan. Misalnya dalam pembuatan bubur, saus, kuah sayur dan masih banyak lainnya. Caranya sangatlah mudah, dengan memberikan air mineral ke dalam tepung pati jagung lalu campurkan ke dalam adonan masakkan yang Anda inginkan, didihkan hingga mengental.

2.Pengganti Tepung Terigu

Tepung pati jagung juga berguna sebagai pengganti terigu. Biasanya jika dalam pembuatan kue kering atau cake, menggunakan tepung terigu sebanyak 200 gram dengan menggunakan tepung pati jagung, Anda bisa mengurangi 30 gram tepung terigu dan digantikan dengan tepung pati jagung gunanya agar ke terasa lebih sempurna.

3.Perenyah Makanan

Dapatkan rasa makanan gorengan lebih renyah dengan menambahkan taburan tepung pati jagung di atas makanan yang akan Anda goreng. Dijamin, gorengan tersebut akan terasa lebih renyah dan juga nikmat.

4.Penghalus Kue

Untuk mendapatkan rasa kue yang lebih halus dan lembut, campurkan adonan kue dengan tepung pati jagung atau corn starch. Anda hanya perlu mencampurkan 15% tepung pati jagung dalam pencampuran bahan adonan kue yang Anda buat.

Tepung pati jagung atau corn starch juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

1.Mencegah Anemia

Tepung yang berasal dari jagung ini memiliki kandungan vitamin B dan asam fola yang bermanfaat dalam mencegah penyakit anemia yaitu berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah.

2.Menguatkan Tulang

Corn starch juga mengandung zat besi yang dapat menguatkan tulang dan sangat baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

3.Menghilangkan Alergi Kulit

Dengan corn starch, Anda bisa menghilangkan bentol-bentol atau bintik-bintik merah pada kulit akibat alergi. Caranya sangatlah mudah, cukup menaburkan tepung pada kulit yang terkena alergi.

 

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan tepung pati jagung atau corn starch dalam kehidupan sehari-hari? Tepung ini juga sangat berguna untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan atau diet, karena tepung ini termasuk jenis yang bebas gluten dan dapat memenuhi nutrisi yang cukup untuk tubuh Anda.

Dapatkan produk corn starch di PT Markaindo Selaras yang bekerja sama dengan perusahaan Meelunie dari Belanda yang memproduksi tepung pati jagung berkualitas tinggi. Bukan hanya itu saja, Meeluni juga memproduksi potato starch (tepung kentang) yang juga memiliki banyak manfaat. Dapatkan info selengkapnya dengan mengubungi melalui email marketing@markaindo.co.id atau telepon di (021) 87920515, atau (021) 87920516.