Berawal dari Dinasti Ming, Bakso Kini Telah Mendunia

  • olahan bakso

Perjalanan bakso agar dapat mendunia telah melalui sejarah yang sangat panjang. Kisah ini dimulai pada akhir masa Dinasti Ming abad ke 17, para imigran asal Cina datang ke berbagai negara dan membawa serta resep turun temurun yang dipelajarinya. Merantau ke berbagai belahan dunia, bakso yang memiliki arti daging cincang dengan bahan dasar babi pun mengalami adaptasi agar mudah diterima oleh penduduk daerah setempat.

Salah satunya adalah Indonesia. Saat ini Anda bisa menemukan bakso dalam beragam bentuk dan rasa yang sangat populer. Mulai dari bakso bisa yang dihidangkan bersama dengan bihun, sayur, dan tauge hingga bakso 1 kg pun bisa Anda jumpai. Bakso kini semakin berkembang karena kreatifitas anak bangsa yang terus berkarya sehingga menjadi salah satu makanan yang tetap bertahan hingga sekarang. Indonesia ternyata bukan satu satunya negara yang mengembangkan makanan ini, yuk kenali lebih lanjut olahan bakso di berbagai belahan dunia lainnya.

1. Olahan Bakso Almondigas, Filipina

Memiliki bentuk dan penyajian yang mirip dengan olahan bakso dari Indonesia, almondegas dari Filipina ini disajikan bersama mie kaldu yang mirip dengan bihun, sayuran, serta dilengkapi dengan kuah kaldu bening. Menarik, bukan? Fakta lainnya, olahan bakso di Filipina ini juga disantap bersama dengan nasi lho. Ternyata bukan Indonesia saja yang suka mengonsumsi nasi dengan bakso ya.

2. Olahan Bakso Bitterballen, Belanda

Olahan bakso selanjutnya berasal dari negeri yang terkenal dengan kincir angin dan beragam warna bunga tulip. Kali ini, mereka memiliki perbedaan dalam penyajiannya dengan Indonesia. Tidak menggunakan kuah namun, digoreng. Tentu saja tidak lupa dilumuri oleh telur dan tepung roti terlebih dahulu. Biasanya akan disajikan dalam ukuran kecil agar lebih mudah disantap. Olahan bakso seperti ini membuatnya cocok dijadikan sebagai camilan bersama keluarga lho atau saat berkumpul dengan teman.

3. Olahan Bakso Albondigas, Meksiko dan Spanyol

Salah satu olahan bakso dari Meksiko ini termasuk ke dalam menu makanan klasiknya lho. Ya, albondigas dari Meksiko memang  disajikan menggunakan kaldu ringan serta sayur-sayuran menjadi ciri khasnya. Sedangkan olahan bakso dengan nama sama dari Spanyol, memiliki cita rasa yang lebih pedas serta kental karena menggunakan lebih banyak rempah. Makanan mana yang lebih ingin Anda coba?

4. Olahan Bakso dalam Pasta, Italia

Siapa yang tidak kenal pasta? Orang asli Italia memang terkenal sangat menyukai pasta sehingga, mereka pun menambahkan olahan bakso sebagai bahan pelengkapnya. Polpette yang disajikan bersama pasta dan sayuran menjadi salah satu hidangan yang memiliki banyak penggemar di sana.

5. Olahan Bakso Keftedes, Yunani

Tidak kalah dengan negara lainnya, Yunani juga punya olahan bakso yang unik yaitu keftedes. Hidangan ini terbuat dari daging domba atau sapi dan dicampur menggunakan tepung, roti dan dibumbui dengan bahan pelengkap seperti bawang putih dan oregano. Tidak hanya terkenal namun, makanan ini biasa disajikan sebagai menu pembuka. Agar tidak sendirian, keftedes juga bisa ditemani oleh yogurt tzatziki, roti, dan sayuran.

Itulah 5 menu olahan bakso dari berbagai belahan dunia yang unik-unik. Ada beberapa negara memiliki kemiripan dengan Indonesia dalam menyajikan bakso. Hal yang tidak kalah penting dalam menyajikan bakso yaitu tingkat kenyalnya. Untuk memastikannya Anda bisa menggunakan pengenyal makanan dari Markaindo.

Dapatkan informasi lengkapnya di sini. Jika Anda tertarik untuk membelinya, jangan lupa kunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id atau jika ingin bertanya dapat mengirimkan email di marketing@markaindo.co.id.