Beraneka Ragam Kegunaan Tepung Kentang Selain Sebagai Pengental

Tepung kentang adalah tepung yang diekstrak dari kentang. Sel dari akar umbi dari tanaman kentang mengandung butiran tepung (leukoplas). Untuk mengekstrak tepung tersebut, kentang dihancurkan, butiran tepung dikeluarkan dari sel yang telah hancur. Tepung tersebut kemudian dicuci dan dikeringkan. Tepung kentang adalah salah satu jenis tepung atau starch yang memiliki berbagai kegunaan yang berbeda sesuai dengan resep yang digunakan. Tepung kentang ini juga memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan dengan beberapa jenis tepung lainnya, seperti tidak mempengaruhi rasa makanan, dapat bekerja pada suhu yang tinggi, lebih renyah, dan lainnya.

Berikut ini beberapa kelebihan yang dapat anda dapatkan dari tepung kentang:

1. Pengganti Corn Starch

Tepung kentang dapat digunakan sebagai pengental makanan yang halus, tepung ini tidak meninggalkan rasa tepung pada makanan sehingga rasa makanan akan tetap nikmat.

2. Membuat Makanan Menjadi Tebal

Beberapa resep makanan yang memiliki bentuk yang tebal dapat menggunakan tepung kentang ini selain rasanya yang netral tepung ini juga dapat menyesuaikan dengan suhu yang lebih tinggi.

3. Melembutkan Kue

Tepung kentang atau potato starch ini juga dapat digunakan untuk membuat kue yang lembut terutama pada resep yang menggunakan banyak telur supaya kue menjadi lebih lembut. (sponge cake, torta mantovana, dan lain-lain)

4. Lapisan Gorengan yang Renyah

Penggunaan tepung kentang sebagai lapisan pada gorengan dapat membuat makanan menjadi lebih renyah.

5. Tidak Menggumpal

Tepung kentang atau potato starch tidak menggumpal pada saat direbus dan tetap dapat mencampur dengan baik pada makanan.

6. Halal

Tepung kentang merupakan salah satu bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi dan tentunya Halal.

7. Pengental Saus

Tepung Kentang Untuk Pengental Masakan

Fungsi dan Kegunaan Tepung Kentang

Fungsi dan kegunaan tepung kentang yang paling umum adalah sebagai salah satu alternatif bahan pengental seperti halnya tepung jagung dan tepung terigu. Tetapi terdapat perbedaan dalam hal hasil pengentalannya yaitu untuk hasil pengentalan dengan memakai tepung terigu biasanya kurang merata dan terkadang juga timbul aroma yang kurang enak, sedangkan jika memakai tepung kentang efek pengentalan yang dihasilkan jauh lebih merata dan sama sekali tidak menimbulkan bau. Selain berguna sebagai pengental, tepung kentang juga memiliki beberapa kegunaan lain yaitu:

-Tepung kentang dipakai sebagai salah satu bahan campuran untuk berbagai jenis makanan seperti makanan cepat saji, daging olahan, makanan yang dipanggang, mie, makanan hewan peliharaan, keju parut, saus, sup, permen dan sosis.

-Tepung kentang akan membantu meningkatkan rasa, tekstur, stabilitas, penampilan dan kenikmatan produk makanan. Untuk menjamin gizi yang aman dan solusi yang baik dalam beberapa produk makanan yang digunakan oleh pabrik makanan maupun untuk kebutuhan rumah tangga, perlu diperhatikan beberpa kondisi seperti kesehatan, mengkilap, lembut, creamy dan renyah adalah beberapa kondisi yang sangat diperlukan.

-Sebagai salah satu bahan baku campuran produksi kertas, tekstil dan industri perekat atau lem. Dengan berbagai inovasi dan pengembangan, tepung kentang berfungsi untuk meningkatkan kualitas produk-produk industri ke tingkat yang lebih tinggi. Sementara itu dengan penggunaan tepung kentang yang merupakan produk alam yang terbarukan akan membantu  meminimalkan timbulnya dampak lingkungan yang berbahaya.

-Sebagai salah satu bahan baku dan penambah nutrisi pada produksi makanan ternak. Tepung kentang adalah penyedia protein untuk industri pakan ternak seperti  untuk peternak sapi perah. Tepung kentang meningkatkan  formulasi dan  komposisi dengan sangat baik seperti peningkatan pada  nilai gizi yang tinggi dan melancarkan proses pencernaan dengan baik.

Jika Anda ingin memperoleh tepung kentang yang berkualitas, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.