Beragam Teknik Olah Kentang Jadi Hidangan Menggiurkan

Kentang merupakan salah satu bahan yang  banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Hanya saja, kentang jarang menjadi tokoh utama dan lebih sering dijadikan makanan pendamping. Padahal, kentang mengandung karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan energi sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

Namun kebiasaan makan nasi di Indonesia memang susah dihilangkan begitu saja, meski kentang jauh lebih rendah kalori dan menyehatkan. Namun beragam cara masak berikut ini akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menyantap kentang:

 

Direbus atau dikukus

Cara paling mudah untuk mengolah kentang adalah dengan direbus atau dikukus. Tinggal cuci bersih kemudian masukkan ke dalam air mendidih atau pengukus, Anda sudah bisa menikmati kelezatan kentang rebus. Sebagian orang mengupas kulit kentang sebelum menyantapnya, namun ada juga yang lebih suka memakannya dengan kulit. Agar rasanya tidak hambar, Anda bisa menaburkan sedikit garam dan lada.

 

Dijadikan salad

Siapa bilang makan salad bikin tak kenyang? Mencampurkan potongan kentang rebus ke dalam salad sehat Anda dijamin akan membuat perut terisi lebih lama. Padukan kentang dengan krim asam dan keju untuk membuat rasanya lebih maksimal.

 

Dijadikan au gratin

Gratin merupakan cara pengolahan dengan menaburkan tepung roti, keju, atau mentega, kemudian memanggangnya hingga lapisan teratas mengeras. Cara masak ini membuat kentang terasa lebih gurih, terutama jika disantap dengan tambahan saus dan keju.

 

Oven fries

Pernah dengar teknik masak satu ini? Teknik oven fries sering digunakan oleh mereka yang ingin menjalani pola hidup sehat dengan menghindari makanan gorengan. Makanan-makanan yang biasanya diolah dengan cara digoreng, dilumuri tepung roti dan dipanggang di dalam oven hingga kering. Ajaibnya, teknik ini membuat kentang memiliki rasa dan tekstur yang sangat mirip dengan saat digoreng.

 

Dijadikan keripik

Rasanya tak akan ada yang menolak saat disodori keripik kentang yang renyah dan gurih. Anda bisa lho, dengan mudah membuat sendiri keripik kentang dengan bantuan parutan sehingga irisan kentang jadi lebih seragam dan tipis. Setelah itu, goreng dengan minyak hingga kering kemudian taburi sedikit garam sebelum disantap.

 

Dijadikan pancake

Pancake memang identik dengan rasa manis. Namun ternyata, kentang juga bisa dijadikan pancake yang biasa dikenal dengan nama latkes. Untuk membuatnya, parut kentang hingga teksturnya menyerupai bubur, kemudian peras hingga airnya keluar. Bumbui ampas kentang dengan bawang putih, garam, lada, kemudian tambahkan telur dan sedikit tepung. Jika testurnya sudah kental, goreng di dalam pan hingga kecokelatan.

 

Disantap hanya kulitnya

Kulit kentang yang dipanggang memiliki rasa renyah mirip seperti keripik. Namun untuk membuat olahan ini, Anda membutuhkan kentang berukuran besar. Potong kentang menjadi 2 bagian, kemudian keruk isinya dan keluarkan. Isi kentang bisa dijadikan makanan lain, sementara itu olesi kulitnya dengan mentega dan taburi keju, lalu panggang hingga matang.

 

Dipanggang

Kenikmatan kentang akan semakin terasa jika Anda memanggangnya. Pilih kentang utuh berukuran besar, kemudian sayat bagian atasnya hingga terbuka. Setelah itu, taburi keju dan sayuran yang Anda suka seperti tomat, paprika, atau brokoli. Masukkan kentang ke oven hingga matang, kemudian santap dengan berbagai saus favorit.

 

Saat ini sudah ada pula produk olahan kentang bernama potato granules. Potato granules merupakan produk dehydrated potato yang banyak digunakan dalam pembuatan snack berbahan dasar kentang. Potato granules merupakan produk kentang terdehidrasi berbentuk tepung yang mudah terhidrasi kembali ketika ditambahkan air panas atau mendidih. Penggunaan potato granules dalam industri snack  bertujuan untuk mendapatkan produk akhir yang renyah dengan rasa kentang yang kuat.

 

Anda bisa mendapatkan potato granules, kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id  atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.