Banyak Kegunaan, Inilah 6 Manfaat Fosfat yang Perlu Anda Ketahui

  • Manfaat Fosfat

Pernah mendengar tentang fosfat? Bagi Anda yang belum tahu, zat ini merupakan hasil reaksi ketika Oksigen (O2) bertemu dengan mineral alami.  Bahkan, zat ini juga cukup banyak ditemukan di alam, karena pembentukannya sering kali terjadi secara alami. Selain itu, zat ini juga diperlukan oleh tubuh manusia, karena termasuk dalam golongan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak.

Perlu Anda ketahui, saat ini ada dua jenis fosfat yang bisa ditemukan, yaitu fosfat organik yang berasal langsung dari makhluk hidup, dan anorganik yang berasal dari tanah dan air. Lantas, sebenarnya apakah kegunaan lainnya di dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah beberapa di antaranya!

1.Obat untuk Osteoporosis dan juga Rakhitis

Saat ini, penyakit Osteoporosis dan Rakhitis tidak hanya diderita oleh orang yang telah berusia dewasa saja, anak-anak juga memiliki resiko yang cukup besar untuk menderita kedua penyakit ini. Penyakit ini dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan juga mengalami pengeroposan. Oleh karena itu, mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium dan juga fosfat sangat disarankan, agar pembentukan tulang menjadi lebih cepat dan juga optimal.

Di lain sisi, penderita Osteoporosis dan Rakhitis juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen, karena terdapat kandungan di dalamnya yang dapat merusak ginjal, khususnya jika diminum secara rutin.

2.Penguat Gigi dan Tulang

Manfaat lain dari zat yang bisa ditemukan di alam adalah sebagai penguat gigi dan juga tulang. Seperti yang telah kita ketahui, zat ini merupakan salah satu pembentuk gigi dan tulang yang paling optimal. Oleh karena itu, anak Anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya, yang bisa ditemukan dalam bentuk susu bubuk kalsium. Sehingga, si kecil dapat merasakan pertumbuhan gigi dan tulang dengan lebih cepat.

3.Menjaga Keseimbangan Nutrisi Tubuh

Di dalam tubuh manusia, sebenarnya terdapat beberapa nutrisi yang belum dapat diolah dengan baik. Oleh karena itu, zat pembentuk gigi dan tulang ini juga dibutuhkan tubuh, agar dapat mengikat mineral lain seperti alumunium, magnesium, dan juga kalsium yang dicerna. Ikatan antara ketiga zat tersebut dengan fosfor dapat membentuk senyawa garam yang menciptakan nutrisi tubuh yang lebih seimbang.

4.Menghasilkan Energi yang Diperlukan Tubuh

Seperti layaknya karbohidrat dan zat gula lainnya, zat ini ternyata juga dapat menghasilkan energi. Sebenarnya, zat ini bukanlah yang benar-benar menghasilkan energi sendiri, fungsinya adalah sebagai pemicu. Dengan adanya zat pembentuk tulang dan gigi tersebut dalam jumlah yang cukup, tubuh Anda dapat melakukan proses metabolisme dengan lebih optimal. Sehingga, energi yang dihasilkan untuk energi yang dibutuhkan sehari-hari pun terpenuhi.

5.Menyuburkan Tanaman

Jika beberapa manfaat sebelumnya berhubungan dengan manusia, zat yang satu ini juga ternyata berguna sebagai penyubur tanaman. Unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman ternyata terdapat di dalam zat pembentuk tulang ini. Karena tanaman sulit untuk mendapatkan zat ini secara langsung, maka penggunaannya dalam bentuk pupuk juga sangat disarankan.

Selain itu, zat ini juga diketahui dapat membuat tanaman dapat tumbuh tinggi, karena energi dan unsur yang dibutuhkah dapat terpenuhi. Oleh karena itu, para petani atau pecinta tanaman sering memanfaatkan zat ini untuk kebutuhan pertanian dan taman.

6.Meningkatkan Kualitas Daging

Kegunaan lain dari zat ini adalah untuk meningkatkan kualitas daging, karena zat pembentuk tulang dan gigi ini diketahui dapat mengurangi susut masak, memperbaiki tampilan, meningkatkan emulsi, mencerahkan, dan juga membuat daging menjadi lebih kenyal. Selain itu, zat yang menjadi bahasan kita kali ini juga dapat membuat daging terbebas dari bau tengik dan menjaga kualitasnya agar tetap aman saat dikonsumsi.

Jika Anda tertarik untuk membeli fosfat untuk meningkatkan mutu daging, PT. Markaindo Selaras juga menyediakan Carnal Budenheim, yang merupakan salah satu brand terbaik yang ada di pasaran. Anda dapat langsung mengunjungi website www.markaindo.co.id atau menghubungi email marketing@markaindo.co.id untuk informasi lebih lanjut.