Bahan Tambahan Pangan untuk Tingkatkan Rasa Sosis Bratwurst

  • Bahan tambahan pangan

Bagi Anda orang Indonesia, mungkin sosis sudah menjadi satu jenis makanan yang familiar dan sering kita temukan di supermarket. Pasti banyak juga dari Anda yang menyukai sosis karena rasanya yang gurih dan penyajiannya yang praktis karena sosis dapat diolah kembali dengan berbagai macam cara mulai dari dipanggang, digoreng, maupun dikuah atau ditumis. Kemudian banyak orang tua yang memilih sosis sebagai sarapan anak mereka karena rasanya yang enak dan praktis membuatnya.

Walaupun Anda sudah familiar dan sering menggunakan sosis sebagai bahan makanan, mungkin masih banyak dari Anda yang belum kenal jenis-jenis sosis. Perlu Anda ketahui bahwa sosis memiliki bentuk dan ciri masing-masing yang sudah menjadi ciri khas di berbagai belahan dunia. Jerman adalah salah satu negara yang menjadikan sosis sebagai bahan makanan utama, dan mereka biasanya menggunakan sosis jenis bratwurst. Apa itu sosis bratwurst? Mari kita bahas di sini.

Sosis bratwurst merupakan sosis yang terbuat dari veal (daging sapi muda), babi, dan juga daging sapi. Nama bratwurst itu sendiri berasal dari bahas Jerman “brat” yang memiliki arti daging cincang, sedangkan “Wurst” berarti sosis. Namun, ada versi lain yang mengatakan bahwa “brat” berarti “digoreng sampai cokelat”, jadi bratwurst sama dengan “sosis yang digoreng sampai berwarna kecokelatan”.

Berdasarkan fungsinya sendiri, sosis sangat praktis untuk diolah. Anda bisa mengolah sosis dengan berbagai macam cara, mulai dari digoreng, panggang, atau diolah dengan kaldu atau bir. Di Jerman, sosis bratwurst disajikan dengan spicy mustard dan sauerkaut (sejenis kol) atau salad kentang serta dihidangkan bersamaan dengan bir untuk jadi menu makan siang.

Sementara itu, di luar Jerman banyak yang menyajikan sosis bratwurst dengan roti yang diberi tambahan topping keju dan bawang yang bentuknya hampir mirip dengan hot dog yang biasa kita jumpai. Setiap daerah di Jerman memiliki resep yang unik dan berbeda-beda dalam menyajikannya.

Jika Anda tertarik dan ingin tahu lebih banyak mengenai sosis ada baiknya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat sosis Bratwurst juga termasuk bahan yang mudah dicari. Berikut cara membuat sosis Bratwurst panggang di rumah:

Bahan:

- 6 buah sosis sapi bratwurst (dibeset sisi-sisinya)

- 4 sdm saus barbeque

- ¼ sdt lada lampung

- ½ siung bawang bombay (iris tipis-tipis)

- 1 sdt mustard

- 3 sdm saus sambal

- 2 siung bawang putih ( geprek, lalu cincang halus )

- 2 sdm mentega

- daun selada secukupnya

 

Cara Membuat:

1. Lelehkan mentega di Teflon lalu beri bawang bombay, bawang putih. tumis hingga harum

2. Masukkan saus barbeque dan saus sambal yang sudah disediakan

3. Tambahkan lada lampung dan mustard. Aduk rata. Tunggu sampai matang.

4. Di bara api/ kamu bisa gunakan teflon, lumuri sosis dengan mentega, lalu panggang. Tunggu samapai matang. Lalu angkat.

5. Siapkan sosis diatas pirinng lalu sajikan dengan saus barbeque. Sosis bratwurst siap disajikan.

 

Itulah informasi mengenai sosis bratwurst dan cara membuatnya dirumah. Mudah sekali bukan untuk dipraktekkan? Jika Anda ingin mendapatkan cita rasa sosis bratwurst yang lebih nikmat ada baiknya Anda menggunakan bahan tambahan pangan.

Anda bisa menggunakan bahan tambahan pangan yang diproduksi oleh perusahaan Wiberg Berger & Co.G.mb.H yang menjual bahan tambahan pangan yang dapat memperkuat rasa dan aroma daging. Tersedia dalam 2 kategori bumbu yaitu bumbu tunggal (single spice) yaitu satu jenis bumbu dalam bentuk utuh (whole) atau telah mengalami proses pengolahan seperti grinding (digiling), drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan) atau lainnya dengan tujuan untuk mempermudah dalam penggunaannya.

Lalu ada combi product yaitu campuran bumbu untuk produk daging olahan tertentu. Dan masih banyak bahan tambahan pangan lainnya yang pastinya akan membuat rasa makanan menjadi semakin lezat. Cek informasi mengenai produk bumbu blend seasoning apa saja yang tersedia untuk sosis bratwurst di www.markaindo.co.id dan menghubungi melalui email marketing@markaindo.co.id dan telepon ke (021) 87920515 atau (021) 89720516.

Anda juga bisa mengunjungi langsung ke pabrik Markaindo di Jalan Lintang Raya Kav. F9, Sentul, Bogor 16810 – Indonesia dan melihat berbagai bahan tambahan pangan berkualitas tinggi untuk cita rasa makanan yang lebih baik.