8 Bahan Baku Pembuatan Sosis di Rumah

  • Bahan baku pembuatan sosis dirumah

Bahan baku yang digunakan untuk membuat sosis umumnya terdiri dari bahan utama dan bahan tambahan. Bahan sosis yang utama, yaitu daging, es atau air es, garam, dan lemak atau minyak, sedangkan bahan tambahan, yaitu bahan pengisi, bahan pengikat, bumbu-bumbu, bahan penyedap dan bahan tambahan makanan lain yang diizinkan.

Daging

Bahan sosis yang pertama adalah daging. Anda bisa memilih bahan dasar sosis dari daging, ayam ataupun seafood seperti udang atau kepiting. Daging memiliki daya ikat terhadap air dan daya mengemulsi lemak. Bahan sosis pada daging yang biasanya digunakan dalam pembuatan sosis adalah bagian jaringan daging yang melekat pada tulangnya, karena memiliki sifat daya ikat terhadap air dan daya mengemulsi lemak yang baik.

Es atau air es.

 Jumlah air yang umumnya ditambahkan dalam pembuatan sosis adalah 20-30 persen dari berat daging dan umumnya air yang ditambahkan dalam bentuk es. Penambahan air pada proses produksi sosis berfungsi untuk meningkatkan keempukan dan juice daging; menggantikan sebagian air yang hilang selama pengolahan terutama selama pemasakan agar kandungan air dalam daging tidak berkurang dan menyebabkan daging menjadi kering dank eras. Es atau air es juga berfungsi untuk melarutkan protein yang mudah larut dalam air dan menjaga temperatur produk tetap stabil.

 

Garam

Bahan sosis yang dibutuhkan dalam pembuatan sosis selanjutnya adalah garam. Penyedap yang satu ini memiliki beberapa fungsi seperti meningkatkan cita rasa makanan, sebagai pelarut protein yaitu miosin sehingga dapat menstabilkan emulsi daging, sebagai pengawet karena dapat mencegah pertumbuhan mikroba untuk memperlambat kerusakan produk, dan untuk meningkatkan daya ikat air yang biasanya dipadukan dengan alkali fosfat.

Bahan pengisi

Bahan sosis selanjutya adalah bahan pengisis. Bahan pengisi adalah bahan yang mampu mengikat sejumlah air tetapi mempunyai pengaruh yang kecil terhadap emulsifikasi. Bahan pengisi berfungsi untuk memperbaiki stabilitas emulsi, memperbaiki sifat irisan, mengurangi proses penyusutan selama proses pemasakan, peningkatan cita rasa, dan mereduksi biaya produksi. Salah satu bahan pengisi yang sering digunakan dalam pengolahan daging adalah tepung tapioka.

Sodium Tripolifosfat (STPP)

Bahan sosis selanjutya adalah Sodium Tripolifosfat (STPP).  Bahan ini berfungsi untuk meningkatkan daya ikat air oleh protein daging, mereduksi pengkerutan daging, menghambat ransiditas oksidatif bersama-sama asam askorbat, dan dapat memperbaiki tekstur. Penggunaan STPP pada pembuatan produk daging olahan adalah 3 g/kg (anhidrat), sedangkan konsentrasi STPP yang dapat ditolerir oleh tubuh tanpa ada gangguan fisiologis adalah sebesar 0,5 persen.

Lemak atau Minyak

Bahan sosis selanjutnya adalah lemak dan minyak. Ternyata kegunaan minyak tidak hanya untuk menggoreng, tetapi minyak baik juga untuk menjadi tambahan bahan pembuatan sosis. Dalam pembuatan sosis lemak atau minyak berfungsi untuk memberikan rasa lezat, mempengaruhi keempukan dan juiceness daging dari produk yang dihasilkan.

Bumbu

Bahan sosis selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bumbu. Ternyata bumbu berfungsi tidak hanya sebagai pemberi dan pelengkap cita rasa saja. Penambahan bumbu juga berfungsi untuk penambahan karakteristik warna, tekstur serta sebagai agen antioksidan.

Selongsong atau Casing Sosis

Bahan sosis yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Selongsong atau casing sosis. Casing sosis digunakan sebagai pembungkus sosis. Terdapat 3 macam selongsong, yaitu selongsong alami, selongsong collagen dan selongsong fibrous

Itulah beberapa bahan sosis utama yang digunakan dalam pembuatan sosis. Agar sosis yang Anda konsumsi lebih aman, ada baiknya bila Anda membuat sosis sendiri dirumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, mulai dari daging cincang yang digunakan hingga penggunaan casing sosis.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Sosis Sapi yang Banyak Disukai

Anda dapat menggunakan casing sosis dari produk Devro, yang memang sudah terbukti kualitasnya. Devro Collagen Casing, terbuat dari bahan alami yaitu kulit hewan. Selain penggunaan bahan yang alami, Devro Collagen Casing juga terjamin kualitas dan kehalalannya.

Apabila Anda ingin membeli casing sosis yang berkualitas, Anda dapat membelinya di PT Markaindo Selaras yang terjamin kualitasnya. Informasi lebih lengkap mengenai produk, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau menghubungi via email di marketing@markaindo.co.id. Berbelanja di Markaindo sangatlah mudah dan terjamin, Anda akan mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan cepat dan puas.