Ayo Cari Tahu Apa Itu Potato Flake dan Cara Membuat Cemilannya

  • potato flake

Siapa yang tidak suka dengan makanan ringan seperti snack maupun kue? Pasti semua orang suka dengan makanan yang biasa dikonsumsi saat waktu santai seperti akhir pekan maupun saat sedang mengerjakan tugas sekolah maupun kantor. Snack atau makanan ringan ini juga memiliki nama lain kudapan yang merupakan makanan selingan di saat lapar di suatu waktu sebagai pengganjal dan juga sebagai energi tambahan jika belum sempat memakan makanan utama seperti nasi.

Jika Anda suka sekali makan snack yang berasal dari kentang, maka biasanya Anda akan menemukan tulisan potato flake atau tepung kentang dibalik kemasan snack yang Anda makan. Potato flake ialah produk atau bahan dari kentang terdehidrasi berbentuk flake atau serpihan-serpihan kecil yang mudah terhidrasi kembali ketika diberikan air hangat. Sesuai namanya, potato flake atau tepung kentang yang berasal dari umbi kentang dengan cara dikeringkan lewat mekanisme tertentu dan tak jarang potato flakedigunakan sebagai pengganti kentang fresh dalam pemakaiannya. Cara pemakaiannya tinggal diberikan air hangat lalu aduk hingga merata. Dengan cara seperti itu adonan potato flakebisa dipakai untuk membuat makanan, bahkan bisa langsung dimakan. Tepung kentang sendiri merupakan produk bahan yang sangat praktis dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Anda juga tak perlu repot-repot untuk mengupas dan juga mengukus.

Jika dulu, potato flake sering disebut sebagai tepung seduh, karena dulu diproduksi dalam bentuk serpihan lebar mirip dengan bubur instan, tapi sekarang dibuat dalam bentuk serpihan yang lebih halus. Potato flake dibuat dengan cara kentang dicuci bersih, kemudian di kukus dan selanjutnya dikupas sebelum diolah menjadi bubur dulu kemudian dikeringkan dan lalu di buat serpihan.

Penggunaan atau penambahan potato flakepada snack bertujuan untuk bahan (binder) karena memiliki daya ikat yang tinggi yang dikarenakan adanya kandungan pati bebas yang relatif tinggi dibandingkan dengan produk olahan kentang lainnya seperti potato granules. Dengan adanya ciri khas atau karakteristik tersebut, potato flakedijadikan komposisi penting dalam pembuatan stackable potato chips.

Tidak hanya sebagai bahan pembuat snack, biasanya tepung kentang atau potato flakesering digunakan untuk bahan pangan sebagai pengental, pembentuk, bahan anti lengket dan pengikat makanan. Sebenarnya tak terbatas pada camilan kentang saja, tapi potato flakejuga sering digunakan sebagai bahan untuk mengolah makanan panggang, saus, mie, sup, kroket, perkedel,  mashed potato instan dan juga daging dan ikan olahan.

Berikut ini kami ingin membagi satu resep makanan dari potato flake yakni perkedel daging asap yang bisa Anda aplikasikan di rumah.

  1. Anda perlu menyiapkan tepung kentang seduh, lalu beri air sebanyak 200 ml air panas, lalu Anda campurkan dengan cara diaduk hingga rata, sampai adonan menjadi kentang kukus lumat.
  2. Jika Anda menginginkan adonan yang lebih lembut dan halus, Anda bisa menambahkan air panas lagi.
  3. Campurkan tambahan bumbu sesuai selera. Dalam resep ini Anda bisa memakai dua siung bawang putih yang digoreng terlebih dahulu. Satu sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh pala bubuk, 1/8 sendok teh merica bubuk, ½ sendok teh gula pasir, ½ sendok teh kaldu bubuk, garam secukupnya. Tambahkan pula satu butir telur, tiga lembar daging asap yang dipotong kecil-kecil dan tambahkan satu tangkai seledri yang dipotong halus.
  4. Bulatkan adonan perkedel tersebut dan pipihkan. Untuk 100 gram tepung kentang seduh, Anda bisa mendapatkan 10 buah perkedel.
  5. Setelah dibentuk bulat pipih, masukkan perkedel ke dalam kocokkan telur, lalu digoreng sampai warna coklat keemasan.  Setelah itu siap dihidangkan.

Jika Anda berniat untuk membeli produk potato flake, Anda bisa membelinya dari  perusahaan Aviko Rixona B.V yang berkualitas. potato flakeAviko Rixona B.V bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.