Ayo Cari Tahu Apa Itu Bubuk Kentang

  • bubuk kentang

Kentang menjadi salah satu bahan pangan pokok yang cukup dikenal. Kentang mengandung karbohidrat, mineral (fe), vitamin (B-kompleks dan Vitamin C) dan protein dan sangat baik untuk dikonsumsi. Biasanya kentang yang kita kenal dijadikan sebagai campuran sayuran  atau sebagai makanan olahan tradisional  Tidak hanya bisa dimanfaatkan langsung tapi saat ini sudah banyak produk olahan kentang yang  bisa digunakan untuk membuat makanan enak dan lezat. Salah satu produk olahan kentang yang bisa ditemukan di pasaran yaitu  tepung kentang atau juga bisa disebut bubuk kentang. Bubuk kentang mulanya dikembangkan di negara Eropa dengan menggunakan teknik sederhana sampai yang modern.

Bubuk kentang sendiri mengandung suhu gelatisasi rendah, lemak yang rendah dan protein serta dapat disimpan pada kandungan air yang tinggi, memiliki tekstur tepung yang lebih besar tapi tidak menimbulkan bau apek, berbeda dengan tepung atau bahan baku lainnya seperti gandum, ubi, dan jagung. Tentunya bubuk kentang harus diolah dengan cara yang tepat. Biasanya bubuk kentang diolah dengan cara dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu dari kotoran-kotoran yang menempel. Setelah itu kentang dihancurkan dengan parutan yang biasa disebut grater. Setelah menjadi bubuk, ditambahkan enzim oksidasi agar mencegah bubuk kentang tidak berubah warna.

Setelah itu dilakukan proses ekstraksi untuk memisahkan kandungan pati dan serat yang ada di bubuk kentang dengan menggunakan alat centrisleve pada wadah berputar yang ditutupi ayakan, sampai kandungan pati yang berbentuk cairan dapat melewati ayakan ini sehingga meninggalkan kandungan serat.   Lalu proses memisahkan kandungan protein yang ada pada cairan pati telah tersaring dalam proses sebelumnya. Kemudian ditambah asam dan pemberian panas agar larutan protein bisa mengental dan kandungan air menguap. Setelah proses ini akan didapatkan pati atau starch. Pati yang sudah didapatkan mengalami proses pemberian air atau disebut dewatering kembali dengan memakai rotary vacuum filter. Kemudian untuk mendapatkan tepung kentang  harus melalui proses pengeringan  dengan  memakai alat flash dryer.

Biasanya bubuk kentang dipakai sebagai pengikat, pengental, bahan anti lengket dan pembentuk makanan. Sedangkan produk yang bisa dihasilkan antara lain untuk membuat mie instan, saus, sup, bakery, es krim, permen dan makanan rumahan seperti perkedel, kroket, dumpling dan makanan lainnya.

Untuk mendapatkan bubuk kentang yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Markaindo Selaras. Markaindo sendiri bekerjasama dengan Aviko Rixona B.V untuk memasok bubuk kentang. Aviko Rixona B.V merupakan perusahaan asal Belanda yang dimiliki oleh Aviko. Rixona dan Aviko adalah bagian dari perusahaan besa yaitu Royal Cosun  Company yang bergerak dalam pengembangan pangan. Terdapat dua bubuk kentang yang tersedia yaitu potato flakes dan potato granules.

Potato flakes ialah produk atau bahan dari kentang terdehidrasi berbentuk flake atau serpihan-serpihan kecil yang mudah terhidrasi kembali ketika diberikan air hangat. Sesuai namanya, potato flake atau tepung kentang yang berasal dari umbi kentang dengan cara dikeringkan lewat mekanisme tertentu dan tak jarang potato flake digunakan sebagai pengganti kentang fresh dalam pemakaiannya.

Sementara potato granules sendiri adalah produk turunan dari kentang terdehidrasi atau kentang kering yang bentuknya seperti powder atau tepung yang gampang sekali terhidrasi kembali jika dicampur atau ditambah air panas atau mendidih. Produk yang bisa dihasilkan dari bahan potato granules ialah makanan ringan seperti snack yang terbuat dari kentang. Guna dari potato granules pada snack ialah agar makanan yang dihasilkan menjadi renyah, crispy dengan rasa kentang yang terasa.

Bubuk kentang dari Aviko Rixona B.V di Markaindo bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.