Asal Mulanya Sosis Terbuat

  • Visko Fibrous Casing PT Markaindo Selaras

Sejarah Asal Mula Sosis


Sosis makanan yang terbuat dari daging cincang, yang kemudian bungkus dengan selongsong sosis. Sehingga memiliki bentuk memanjang, sejak kemunculannya sosis kini telah menjadi makanan favorit baik anak-anak hingga orang dewasa.

Berbicara mengenai sosis tentunya yang akan kita bayangkan adalah makanan olahan yang terbuat dari daging yang dicincang, berdasarkan sejarahnya Sosis berasal dari Bahasa latin yaitu “Salsus” yang berarti diasinkan atau diawetkan.

Berdasarkan asalnya sosis dibuat sekitar tahun 300 sm di Sumaria yang sekarang menjadi Irak, mereka menggiling daging yang kemudian diberikan bumbu dan garam. Kemudian daging tersebut mereka bungkus kedalam usus hewan yang menjadi selongsongnya, pembuatan ini pada saat itu untuk mempersiapkan diri pada zaman paceklik.

Seiring berjalannya waktu, sosis yang telah dikenal di dunia. Sosis menjadi sangat popular di Jerman, hingga akhirnya terdapat 1 penjual daging yang membuat sosis dengan cara melakukan proses pengasapan sebagai pengawet.

Selongsong Sosis Visko Fibrous Casing

Tahun demi tahun sosis kini berubah menjadi makanan olahan yang tidak hanya sebagai makanan paceklik, namun kini sosis telah menjadi makanan olahan yang bisa disantap kapan pun dalam berbagai kondisi. Begitu juga dengan selongsong sosis yang saat dulu masih menggunakan usus hewan sebagai selongsongnya, dan kini telah banyak jenis selongsong sosis yang hadir untuk mempermudah dalam pembuatan sosis.

Selongsong sosis yang awalnya dari usus hewan, kini telah diubah menjadi selongsong sosis yang terbuat dari plastic food grade. Dengan menggunakan plastik sebagai bahan utamanya, selongsong sosis ini pun telah memiliki berbagai warna. Untuk dapat menggunakan selongsong sosis yang terbuat dari plastik, anda bisa menggunakan Visco Fibrous Casing.

Jenis Visko Fibrous Casing telah diproduksi sejak tahun 1963 dari bahan baku alami yaitu serat panjang kertas dan selulosa. Pada tahun 1994, plastik casing telah diproduksi dan pada tahun 2004 Visko, S.A de C.V di bangun di Mexico untuk meningkatkan produksi casing plastik.

Beberapa produk casing sosis Visko (kulit sosis) dapat menjadi pilihan yang cocok untuk produk sosis tipe cooked, dry dan semi dry. Untuk beberapa jenis produk visko, dapat digunakan sebagai pembungkus ham bahkan untuk produk keju asap yang memiliki bentuk memanjang. Hal ini dikarenakan karakteristik dari masing-masing casing yang berbeda seperti kemampuas merenggang, permeabelitas dan daya adhesi.

Tak hanya memiliki kualitas yang baik, Visko Fibrous Casing tersedia dalam berbagai warna pilihan seperti kuning, coklat, merah dan juga transparan. Jika Anda berminat untuk membeli produk tersebut, Anda bisa membelinya di PT. Markaindo Selaras. Berbagai macam jenis produk dari Visko ada di Markaindo, untuk memudahkan dan mencari bahan lainnya dengan cepat dan nyaman. Silahkan cek website-nya di www.markaindo.co.id atau bisa melalui email di marketing@markaindo.co.id. Pilihan solusi berbelanja yang tepat dan nyaman.