Asal Mula Nama Sosis Hotdog

  • sosis hotdog PT Markaindo Selaras

Asal Mula Nama Sosis Hotdog

Anda pasti tahu makanan dengan roti yang di dalamnya terdapat sepotong sosis dengan ukuran panjang dan tipis. Makanan yang satu ini biasa dikenal dengan sebutan hotdog. Hotdog pertama kali dipopulerkan pada tahun 1852 di Amerika Serikat.

Sejarah Unik Nama Sosis Hotdog

Pada tahun 1852, serikat penghasil sosis di kota Frankfurt berinovasi dan membuat sosis jenis baru. Berbeda dengan sosis lainnya yang memiliki bentuk lebih besar, sosis hotdog dibuat lebih tipis. Selongsongnya dibuat tembus pandang dengan isian daging cincang dan berbagai campuran rempah-rempah. Bentuknya yang panjang ini seperti anjing tekel. Ide dari bentuk ini dianjurkan oleh seorang pembuat sosis yang memang mempunyai hewan peliharaan anjing tekel (dachshund). Dari situlah ia memberikan ide kepada rekan-rekannya untuk membengkokkan sedikit sosisnya agar menyerupai tubuh anjing tekel. Sosis hotdog adalah sosis frankfurter yang berasal dari Jerman. Meskipun sosis frankfurter berasal dari Jerman, hot dog dipopulerkar dan dihasilkan di Amerika Serikat.

Semakin lama sosis ini sudah dikenal banyak orang, dan pada suatu ketika ada penjual pie yang tidak mendapatkan banyak pelanggan karena pie yang dijual dalam keadaan dingin. Dan akhirnya para penjual pie tersebut beralih menjual hotdog. Suatu hari ia mendapatkan ide, di mana akhirnya ia memutuskan untuk menjual sosis anjing tekel panas yang dijepit dengan roti agar pembeli tidak perlu membawa piring. Sosis itu ditambahkan dengan aneka bumbu dan sayuran. Untuk memanaskan sosisnya, ia hanya memerlukan anglo kecil dan panci. Ia menamakan dagangannya ‘Frakfurter Sandwiches’ dan hasilnya laris manis.

Di New York City, seorang pengusaha sosis anjing tekel bernama Harry Stevens menyuruh karyawannya menjual sosis anjing tekel tersebut di setiap pertandingan baseball sambil berteriak-teriak, "Red-hot dachshund sausages! (Sosis anjing tekel yang merah dan panas)." Suatu hari, seorang pelukis kartun ternama, Ted Dorgan, menyaksikan penjual itu berteriak-teriak, ia lantas mendapat inspirasi untuk menggambar seekor anjing tekel yang berlumur moster, dijepit dengan roti. Karena dachshund sulit diucapkan kebanyakan orang Amerika, gambar itu diberinya nama hotdog (anjing panas). Gambar itu dimuat di berbagai media. Sebutan sosis hotdog pun menjadi terkenal.

 

Buat Sosis Hotdog di Rumah

Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Amerika untuk merasakan makanan ini, Anda dapat membuat sosis hotdog sendiri di rumah. Untuk membuat sosis hotdog yang enak, Anda dapat menggunakan casing sosis dari Markaindo seperti devro collagen, visko fibrous, Nova X plastic, MiniRalen polyamide, Wienie-Pak Cellulose. Untuk memerolehnya, Anda dapat membelinya secara online. Sebelum membeli, Anda juga dapat melihat produk dan memilihnya terlebih dahulu. PT. Markaindo Selaras hadir sebagai distributor yang siap menjawab kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau menghubungi via email di marketing@markaindo.co.id.  Berbelanja di Markaindo sangatlah mudah dan terjamin. Anda akan mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan cepat dan puas.