Apa Saja Makanan yang Baik dan Bagaimana Cara Mengaplikasikan Diet Vegetarian?

  • diet vegetarian

Daging menjadi makanan favorit bagi setiap kalangan. Hal ini dikarenakan daging memiliki rasa yang lezat, dan mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin D, zat besi dan protein. Namun dibalik rasanya yang lezat, terdapat beberapa efek negatif yang didapatkan dari memakan daging yaitu dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti kanker, jantung, diabetes dan obesitas. Dampak negatif dari daging ini yang terkadang membuat banyak orang yang beralih menjadi vegetarian. Manusia modern saat ini sudah banyak yang beralih menjadi vegetarian atau tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari produk hewan seperti daging, ayam, ikan maupun lainnya, hal tersebut dapat disebut diet vegetarian. Beberapa alasan orang beralih menjadi vegetarianisme antara lain dilihat dari sisi kesehatan pola makan vegetarian lebih menyehatkan dibandingkan memakan produk hewani.

Dengan menerapkan vegetarianisme, dipercaya bisa mengontrol atau membantu seseorang yang memiliki masalah berat badan untuk  membuat berat badan seseorang menjadi ideal dengan cara diet vegetarian. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menjalani diet vegetarian antara lain mampu menurunkan kolestrol, mengurangi risiko terkena sakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan ketegangan hiper.   

Dalam mengaplikasikan diet vegetarian tentunya Anda harus menerapkan dengan cara yang tepat agar Anda bisa merasakan manfaat dan memberikan nutrisi yang memenuhi rasa lapar.  Beberapa makanan yang bisa dijadikan menu terbaik untuk melakukan diet vegetarian yang pertama yaitu biji-bijian dan kacang-kacangan mampu menjaga kesehatan jantung, mengurangi kolestrol, mampu menguatkan fungsi otak dan tulang. Kedua yaitu sayuran hijau, makanan ini mengurangi kadar lemak dan memiliki sedikit kalori. Ketiga yaitu buah-buahan memiliki banyak serat, mineral, vitamin dan antioksidan yang bagus untuk tubuh Anda. Keempat, TVP atau texturized vegetable protein yang merupakan makanan pengganti daging yang terbuat dari protein biji-bijian dan protein nabati. Biasanya bahan yang bisa dibuat menjadi TVP adalah kedelai, gluten jagung, biji kapas, kacang-kacangan, kasein dan lain-lain. TVP memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas produk pangan dan rendah lemak. TVP sangat umum ditemukan sebagai bahan pengolah sosis, burger, daging kornet  chicken nugget, baso, dan lain-lain.

 

Itu dia beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi dalam menjalankan diet vegetarian. Nah, sekarang intip yuk bagaimana mengatur pola makan yang bisa Anda terapkan.

Dimulai Saat Di Pagi Hari Ketika Perut Anda Masih Kosong

Isi perut Anda dengan asupan yang terdiri dari jus lemon hangat dan beri campuran madu. Minuman ini berfungsi sebagai detoks atau penyingkir racun berbahaya di dalam tubuh Anda.

Makanan Saat Sarapan

Jika Anda ingin memakan sereal, sebaiknya kurangi sedikit jumlah porsinya. Lebih baik tambahkan buah seperti pisang, strawberry, melon, papaya, pir dan apel. Atau jika Anda lebih suka memakan buah-buahan Anda bisa memakan buah pepaya, pisang, melon, semangka atau pir. Sementara jika Anda lebih suka makan-makanan sayuran bisa memakan jamur, bayam atau paprika. Bisa pula ditambah dengan telur dadar, tapi kurangi porsi kuning telurnya ya.

Makanan untuk Makan Siang

Contoh sayuran yang disarankan seperti daun selada, timun, dan  tomat. Bisa juga Anda mengonsumsi sayuran kukus seperti wortel, brokoli, asparagus, labu siam, sawi putih, dan  jagung manis. Atau mengonsumsi makanan olahan dari bahan TVP seperti baso, sosis, burger dan nugget tapi ingat ya saat makan siang sayuran harus mendominasi piring Anda.

Makanan untuk Makan Malam

Anda bisa mengonsumsi satu mangkuk sup bening yang dicampur sayuran wortel, jamur, jagung, dan brokoli atau salad sayuran segar seperti selada, tomat, dan paprika.

 

Makanan yang telah disebutkan di atas mudah sekali ditemukan, termasuk TVP. TVP bisa menjadi alternatif bagi Anda yang masih ingin merasakan rasa daging dalam pola makan vegetarian Anda. TVP dari bahan nabati memiliki rasa yang tak kalah enak dan bentuknya mirip daging tapi tetap memiliki gizi yang baik. Untuk mendapatkan produk TVP berkualitas, bisa memesannya di Markaindo dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.

Markaindo berkerjasama dengan He Nan Bai Chuan Food Co., Ltd dari China yang merupakan perusahaan produk makanan pengembang produk Soy Fiber Protein (SFP) yang merupakan produk sejenis TVP, makanan beku, pengolahan daging dan makanan kudapan berbasis kedelai. Makanan-makanan yang diproduksi cocok bagi para vegetarian.

SFP yang diproduksi oleh Markaindo adalah jenis TVP meat analog yaitu jenis TVP ini bentuk dan rasanya mirip dengan daging. Tersedia TVP BC - 661 P TVP ini berbentuk seperti daging dendeng, TVP BC – 771 TVP berbentuk seperti daging cincang berfungsi sebagai meat analog, TVP BC - 990B berbentuk seperti silinder besar, dan TVP BC - 990S berbentuk seperti daging giling.