Apa Itu Tepung Jagung dan Bagaimana Proses Pengolahannya?

Tepung jagung adalah pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung. Tepung jagung merupakan bahan makanan populer yang biasa digunakan sebagai bahan pengental sup atau saus, dan digunakan untuk membuat sirup jagung dan pemanis lainnya. Dahulu hingga tahun 1850, tepung jagung paling banyak digunakan untuk mencuci pakaian dan proses industri. Tepung jagung digunakan sebagai bahan pengental pada makanan berbasis cairan (seperti sup). Tepung jagung dapat membentuk adonan ketika dicampur dengan air dingin. Nugget ayam menggunakan tepung jagung untuk meningkatkan penyerapan minyak dan kerenyahan ketika penggorengan. Tepung jagung dapat diolah menjadi bioplastik. Tepung jagung juga digunakan sebagai bahan anti lengket pada proses transportasi gula dan produk yang terbuat dari lateks, termasuk kondom dan sarung tangan medis.

Proses Pengolahan Tepung Jagung

Tepung jagung merupakan butiran-butiran halus yang berasal dari endosperma biji jagung yang telah mengering dan dihancurkan. Tepung jagung adalah bahan makanan yang biasa digunakan untuk bahan pengental sup atau saus serta dapat digunakan juga untuk membuat sirup jagung dan pemanis lainnya. Pemanfaatan dalam tepung jagung adalah sebagai bahan pengental makanan berkuah atau cair. Pengolahan jagung dalam bentuk tepung sangatlah baik daripada produk-produk setengah jadi yang lainnya, karena tepung jagung lebih tahan lama saat penyimpanan, mudah dicampur, diperkaya dengan zat gizi fortifikasi dan lebih praktis saat digunakan dalam proses pengolahan lanjutan. Tanaman jagung yang sering diolah menjadi tepung adalah jagung kuning ataupun jagung putih. Dalam proses pengolahan tepung jagung yang harus dihindari bagi pekerja agar kualitas jagung tidak turun adalah cara pemrosesan yang kasar, tidak bersih dan higienis serta tercemarnya jagung hasil olahan. Sedangkan proses pengolahan tepung jagung yang berkualitas tinggi ini harus memiliki syarat-syarat sesuai Standar Nasional Indonesia seperti bau, rasa, warna, cemaran benda asing, kehalusan, kadar air, abu, serat kasar, derajat asam, kandungan logam, mikroba.

Metode Dalam Proses Produksi Tepung Jagung

- Sebelum membuat tepung adalah pemberasan jagung pipilan. Biji jagung telebih dahulu dibersihkan dan dikeringkan selama 1-2 jam pada suhu 50°C. Setelah itu dilalukan penggilingan untuk memisahkan kulit ari, lembaga dan endosperm jagung. Kemudian hasil penggilingan tersebut dikeringkan hingga kadar air menjadi 15%-18%.

- Kedua adalah dengan cara perendaman air. Pada tahapan ini, beras jagung direndam selama 24 jam dengan air lalu di ditirskan, dijemur, digiling, dan diayak dengan saringan 60 mesh. Setelah semua selesai, tepung yang dihasilkan dari penyaringan di jemur kembali dibawah sinar matahari agar kadar kandungan airnya turun.

- Ketiga dengan metode larutan kapur. Pada metode larutan kapur ini, biji jagung direndam dengan kadar larutan kapur 5% yang berguna untuk melepaskan perikarp dalam jumlah besar selama 24 jam, kemudian dikeringkan sampai kadar air 14%. Kemudia biji jagung yang telah kering tersebut di giling dan diayak menjadi tepung. Dalam proses penghancuran pericarp, dapat ditambahkan zat lime yang berfungsi untuk mengurangi jumlah mikroba, memperbaiki tekstur, aroma, warna, dan umur simpan jagung.

Inilah Bedanya Tepung Maizena dengan Tepung Jagung

Walaupun sama-sama terbuat dari jagung ternyata kedua tepung ini sebenarnya berbeda. Berikut perbedaan Tepung Maizena dengan tepung jagung.

Tepung Maizena (corn starch)

  • Tepung maizena mempunyai ciri-ciri, seperti:
  • Berwarna putih
  • Memiliki tekstur yang halus
  • Terbuat dari jagung yang digiling kemudian menjadi tepung setelah itu diambil sari Patinya dan diproses melalui perendaman dan fermentasi. Saripati itulah yang dinamakan dengan tepung maizena
  • Dijual dalam bentuk kemasan kardus ataupun eceran dengan timbangan yang dikemas dalam plastik
  • Cocok dipakai untuk campuran adonan cake, cookies, gorengan, pengental sup, saos dan lainnya

Ciri-Ciri Dari Tepung Jagung Adalah

  • Dengan warna yang kuning
  • Teksturnya yang kasar
  • Terbuat dari jagung putih kering yang cara membuatnya digiling atau ditumbuk sampai menjadi tepung dengan butiran seperti pasir.

Jika Anda ingin memperoleh tepung jagung berkualitas Anda bisa dapatkan produk tepung jagung berkualitas dari Markaindo. Akses website resminya www.markaindo.co.id atau melalui email ke marketing@markaindo.co.id