Aneka Penggunaan Serat Gandum untuk Campuran Makanan Sehari-Hari

  • Aneka Penggunaan Serat Gandum

Gandum merupakan salah satu bahan makanan yang penuh nutrisi dan kaya akan serat. Dari gandum, diperoleh berbagai jenis bahan olahan lain salah satunya adalah wheat germ. Wheat germ ini merupakan kulit ari dari gandum yang seringkali dibuang dalam proses pembersihan. Padahal, kulit ari gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding biji gandumnya sendiri.

Nah, saat ini sudah banyak kulit ari yang diproses sedemikian rupa dan dikemas dengan higienis sehingga bisa digunakan untuk campuran makanan. Karena tinggi kandungan serta dan rendah kalori, wheat germ banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Berikut ini beberapa cara mengonsumsi serat gandum untuk makanan sehari-hari:

Pengganti bread crumb

Anda pasti sering menggunakan bread crumb alias tepung roti sebagai pelapis berbagai gorengan. Fungsi bread crumb adalah sebagai lapisan terluar yang mencegah adonan menyebar saat digoreng. Tepung roti juga memberikan rasa renyah ketika dikonsumsi. Nah, bread crumb ternyata bisa digantikan dengan wheat germ yang sama-sama mampu memberikan rasa renyah ketika digoreng. Serat gandum ini sekaligus akan memberikan lebih banyak nutrisi pada olahan yang Anda buat.

Topping yogurt

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, pasti sering mengonsumsi yogurt yang kaya akan kalsium. Sayangnya, banyak orang yang tak terlalu suka mengonsumsi yogurt dikarenakan teksturnya yang sangat lembek. Untuk menambah tekstur, Anda bisa menambahkan wheat germ di atas yoghurt. Yoghurt akan menjadi lebih renyah dan gurih karena ada serat gandum di atasnya. Selain itu, Anda juga mendapat lebih banyak asupan nutrisi dan serat yang baik untuk tubuh.

Campuran cake atau kue kering

Saat memanggang roti atau kue kering, tepung merupakan bahan utama yang harus ada. Nah, Anda bisa menggantikan sebagian jumlah tepung ini dengan wheat germ. Roti yang menggunakan campuran wheat germ akan menjadi sedikit lebih berat, sedangkan kue kering yang ditambahkan wheat germ akan menjadi lebih renyah. Mencampurkan serat gandum ke dalam roti atau kue kering merupakan salah satu cara menjadikan camilan Anda menjadi lebih sehat.

Gunakan untuk campuran smoothies

Mengonsumsi smoothies sayur dan buah juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengganjal perut saat diet. Nah, agar smoothies yang Anda buat lebih mengenyangkan, campurkan wheat germ ke dalamnya. Selain membuat volume smoothies lebih banyak, Anda juga akan merasa kenyang lebih lama karea ada kandungan serta di dalam smoothies. Di samping itu, tubuh pun akan mendapatkan manfaat dari nutrisi yang ada dalam serat gandum.

Konsumsi sebagai sereal

Jika dikonsumsi begitu saja, wheat germ memang memiliki rasa yang kurang nikmat. Namun beda halnya saat Anda menjadikan wheat germ seperti sereal, dengan menambahkan susu segar serta potongan buah. Jika merasa kurang manis, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu sebagai topping-nya.

Serat gandum juga ada dalam bentuk lain yang lebih cocok digunakan dalam pengolahan makanan dalam jumlah besar untuk industri dengan nama powdered cellulose. Berbentuk serpihan kecil, powdered cellulose termasuk dalam kategori serat pangan (dietary fiber) yang telah lama diketahui memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan manusia, terutama dalam pencegahan berbagai jenis penyakit seperti konstipasi, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi, diabetes dan kanker usus besar.

Di PT. Markaindo Selaras, Anda bisa mendapatkan produk powdered cellulose JustFiber WWF 40 dan JustFiber WWF 200. Anda tingal menghubungi situs PT. Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.