Aneka Mie Terbaik dengan Potato Starch & Tepung Lain dari Meelunie B.V.

  • potato starch

Penduduk Indonesia memang mengonsumi nasi sebagai makanan pokok. Namun selain itu, masyarakat Indonesia juga suka menyantap sumber karbohidrat lain, misalnya saja mie yang terbuat dari berbagai jenis tepung. Nah, hal ini bisa jadi peluang bisnis tersendiri, lho. Terlebih lagi saat ini sedang populer makanan-makanan dengan bahan sehat yang mengandalkan perhitungan nutrisi dan kalori.

Tak hanya dari tepung terigu saja, Anda juga bisa membuat berbagai jenis mie dari tepung lain, seperti corn starch (tepung jagung), potato starch (tepung kentang), tapioca starch (tapioka), wheat starch (terigu), rice starch (tepung beras) dan pea starch.

Meski sebagian besar jenis tepung masih cukup asing di Indonesia, namun ada sebuah perusahaan bernama Meelunie B.V. yang memproduksi semua jenis tepung tersebut. Di Indonesia, produk dari Meelunie B.V. dijual dengan merek Windmill.

Potato Starch untuk Berbagai Jenis Mie

Nah, sekarang yuk coba intip berbagai jenis mie yang bisa Anda buat dengan aneka tepung tersebut:

Acorn noodles

Mie yang berasal dari Korea ini terbuat dari campuran acorn flour dan wheat starch. Dengan rasa yang kenyal dan sedikit manis, acorn noodles banyak diolah sebagai mie dingin dan menggantikan soba. Di Indonesia saat ini sedang boomingmakanan ala Korea, jadi tak ada salahnya Anda mencoba membuat acorn noodles.

Buckwheat noodles

Satu lagi mie yang berasal dari Korea, yaitu buckwheat noodles atau banyak juga disebut dengan naeng myun. Mie satu ini terbuat dari campuran buckwheat alias gandum dan juga potato starch. Kadang buckwheat noodle juga terbuat dari campuran tepung ubi manis khas Korea. Mie ini memiliki tekstur lembut dengan warna sedikit abu-abu dan sangat kenyal.

Harusame

Harusame merupakan mie asal Jepang yang terbuat dari campuran potato starch, ubi manis, nasi, dan juga tepung mung bean. Harusame memiliki bentuk tipis, benis, dan banyak digunakan dalam hidangan salad dengan didampingi saus ala Jepang. Seperti halnya makanan Korea, makanan Jepang juga banyak diminati di Indonesia sehingga bisa menjadi peluang bisnis yan menjanjikan.

Rice noodles

Meski tidak terlalu umum, namun jenis mie satu ini sudah cukup banyak ditemui di Indonesia. Rice noodles merupakan jenis mie yang sangat populer di Asia Timur dan Asia Tenggara. Berbeda dengan mie yang biasanya memiliki tekstur kenyal, rice noodles memiliki tekstur lembut dan langsung hancur saat dikunyah. Mie jenis ini cocok dijadikan berbagai hidangan dengan kuah kaldu yang nikmat.

Potato vermicelli

Mie satu ini juga cukup banyak ditemui di Korea dengan nama lokal dang myun. Dang myun terbuat dari potato starch yang kemudian menghasilkan mie dengan tekstur kenyal dan sedikit keras. Dang myun paling sering diolah menjadi hidangan Korean bernama chap chae yang terdiri dari mie dan berbagai jenis sayuran kemudian ditumis bersamaan.

Untuk memperoleh potato starch dan berbagai jenis mie tersebut Anda tak perlu harus mengimpornya dari luar negeri. Cukup kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.

Selain berbagai jenis tepung, Anda juga bisa mendapatkan bahan lain yang cocok dimanfaatkan untuk industri makanan seperti soy fiber protein untuk membuat daging nabati khusus vegetarian ataupun pembungkus sosis bagi Anda yang ingin membuat homemade sosis.