Aneka Kandungan Menyehatkan pada Potato Flakes

Kentang termasuk salah satu jenis umbi yang umum dijumpai di Indonesia. Meski demikian, kentang hanya digunakan sebagai sayuran pendamping saat memasak. Berbeda dengan di negara Barat, kentang justru dijadikan makanan pokok sumber karbohidrat pengganti nasi.

Rasa alami kentang yang cenderung tawar memang cocok disajikan dengan berbagai jenis lauk lainnya. Sebagai makanan pokok, kentang paling banyak diolah sebagai mashed potato atau kentang tumbuk, French fries atau kentang goreng, maupun dibakar dan dipanggang.

Kentang juga banyak diolah ke dalam bentuk lain misalnya saja potato granules  dan potato flakes yang merupakan produk dehydrated potato. Kedua bahan ini banyak digunakan dalam pembuatan produk snack berbahan dasar kentang. Potato granules merupakan produk kentang terdehidrasi berbentuk powder atau tepung. Sedangkan potato flakes merupakan produk kentang terdehidrasi berbentuk flakes (serpihan-serpihan kecil) yang dengan mudah terhidrasi kembali ketika ditambahkan ke dalam air hangat (bukan air panas). 

Selain karena bisa tumbuh dengan mudah dan enak diolah dengan berbagai jenis makanan lain, ternyata kentang juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, lho. Berikut ini informasinya:

 

Kalori

Dalam 3,5 ons kentang panggang, terkandung antara 90 hingga 100 kalori. Dari jumlah tersebut, sebagian besar di antaranya merupakan karbohidrat yang memiliki sifat mengenyangkan. Sementara sisanya merupakan kalori yang berasal dari protein dan juga lemak. Karena mengandung jumlah kalori yang cukup besar, sebaiknya tidak mengonsumsi kentang bersamaan dengan sumber kalori lain seperti nasi atau roti.

 

Serat

Kandungan serat yang besar umumnya bisa ditemukan dari sayuran berdaun hijau. Namun jangan salah, kentang ternyata juga memiliki kandungan serat cukup besar terutama pada bagian kulitnya. Serat sendiri memang tidak akan menutrisi tubuh, namun bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat juga membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap seimbang.

 

Vitamin

Kentang ternyata mengandunng cukup banyak vitamin, seperti thiamine, niacin, riboflavin, folat, dan B6. Berbagai jenis vitamin ini membantu menjaga kesehatan metabolism tubuh dan juga memaksimalkan penggunaan energi dari makanan yang dikonsumsi. Kentang juga mampu memenuhi 10% dari kebutuhan vitamin C setiap harinya.

 

Mineral

Kentang merupakan sumber alami terbaik untuk potassium, sebuah elektrolit mineral yang membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Selain itu, dalam sebutir kentang Anda juga akan mendapatkan kandungan sodium alami yang baik untuk kesehatan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sedikit kandungan kalsium, magnesium, serta fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

 

Nah, melihat begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam kentang, tak salah jika umbi satu ini selalu hadir di meja makan keluarga. Selain itu, kentang juga menjadi bahan baku yang pas untuk usaha kuliner karena harganya cukup terjangkau dan ketersediaannya sepanjang tahun.

Kalau untuk usaha, Anda bisa menggunakan campuran olahan kentang seperti potato flakes. Penambahan potato flakes bertujuan sebagai bahan pengikat (binder) karena kemampuan daya ikatnya yang tinggi. Karena karakteristiknya ini, potato flakes merupakan bahan penting dalam produksi stackable potato chips.

Untuk mendapatkan potato flakes yang berkualitas, kunjungi saja website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id. Selain potato flakes, ada juga potato granule yang cocok digunakan untuk membuat berbagai olahan berbahan kentang seperti mashed potato maupun frozen food berbahan dasar kentang.