Aneka Cara Lezat untuk Menikmati Sosis Bratwurst

Di antara semua jenis sosis, bratwurst bisa dibilang yang paling terkenal. Sosis bratwurst yang berasal dari Jerman ini memang memiliki ukuran yang lebih besar dengan rasa daging yang sangat kuat. Di Indonesia sendiri, sosis jenis ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat meski harganya tergolong lebih mahal dibanding sosis biasa.

Kelebihan lain dari sosis bratwurst adalah enak disantap dengan cara apapun, baik itu direbus, digoreng, dipanggang, ataupun dicampurkan ke dalam masakan. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara mengolah sosis bratwurst yang harus Anda coba:

Sosis Bratwurst rebus

Olahan satu ini cocok sekali untuk Anda yang sedang berdiet, sebab sosi diolah tanpa menggunakan minyak sama sekali. Untuk merebus sosis bratwurst, pertama-tama siapkan panci yang ukurannya sesuai dengan jumlah sosis yang akan Anda rebus. Pastikan seluruh sosis bisa tenggelam di dalam air dan usahakan sosis tidak saling berdesakan supaya tidak pecah. Untuk menambah rasa, Anda bisa menggunakan kaldu dalam merebus bratwurst. Memasukkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, daun bawang, dan bawang bombai juga dapat memberikan cita rasa lebih lezat pada sosis bratwurst rebus.

Sosis Bratwurst panggang

Untuk memanggang sosis, Anda bisa menggunakan pan atau juga pemanggang yang berbentuk seperti jeruji. Yang terpenting, pastikan untuk mengoleskan minyak terlebih dahulu pada panggangan supaya sosis tidak lengket. Anda bisa memanggang sosis tanpa bumbu atau hanya menambahkan taburan garam dan lada hitam. Namun jika ingin rasanya lebih menonjol, olesi sosis dengan campuran saus tomat dan kecap manis. Jika ingin rasa yang berbeda, Anda bisa menggunakan saus barbekyu atau saus jamur sebagai olesan. Saat memanggang, pastikan api tidak terlalu besar supaya sosis tidak pecah. Selain itu, jangan terlalu sering membalik sosis sehingga kematangannya bisa sempurna.

Sosis Bratwurst masak oven

Selain dipanggang langsung di atas api, sosis bratwurst juga nikmat dipanggang di dalam oven. Gunakan aluminium foil sebagai alas panggangan supaya sosis tidak lengket. Tata sosis dengan memberikan jarak di antaranya, kemudian Anda bisa mengoleskan sedikit minyak di bagian atas sosis. Hal ini akan mencegah kulit sosis pecah saat terkena panas tinggi. Anda juga bisa memasukkan potongan bawang putih ke dalam oven untuk memberikan aroma wangi pada sosis panggang. Hindari memanggang sosis di dalam oven setelah Anda memotongnya. Sebab hal ini akan membuat sosis lebih kering dan kehilangan sari patinya.

Jika Anda membeli sosis bratwurst dalam jumlah besar dan tidak habis dalam sekali konsumsi, maka simpanlah di dalam kulkas. Jika Anda memasukkannya ke dalam plastik kedap udara dan disimpan di dalam freezer, sosis bisa bertahan hingga 2 bulan. Jika ingin sosis bertahan lebih lama di dalam kulkas, Anda bisa membungkusnya dengan aluminium foil.

Nah, kalau Anda ingin bereksperimen dengan membuat sosis bratwurst sendiri, sekarang  sudah ada casing siap pakai yang juga bisa langsung dimakan. Casing sosis ini terbuat dari bahan yang aman dikonsumsi dan tentu lebih mudah digunakan dibanding casing alami dari usus hewan.

Apabila anda tertarik untuk membeli casing sosis, langsung saja hubungi PT. Markaindo Selaras. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau melalui email marketing@markaindo.co.id.