Aneka Cara Kreatif Manfaatkan Corn Starch

Selain kentang dan singkong, jagung juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik dijadikan pengganti nasi. Namun tak sedikit orang yang bingung untuk mengolah bahan satu ini, selain dengan cara dijadikan nasi jagung atau direbus. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan menggunakan olahan jagung, salah satunya corn starch atau tepung jagung.

 

Corn starch berbentuk butiran-butiran halus. Produksi corn starch (tepung jagung) digunakan untuk bahan makanan yang lezat. Simak informasinya seperti berikut:

 

Menggantikan Tepung Roti

Tepung roti atau yang juga disebut dengan panko, banyak digunakan dalam pembuatan makanan yang digoreng. Tepung roti biasanya dipakai untuk lapisan terluar yang memberikan rasa renyah. Nah, corn starch ternyata bisa dijadikan pengganti tepung roti tentunya dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Tekstur corn flakes ini juga jauh lebih renyah daripada tepung roti.

Digunakan untuk Teknik Oven Fries

Siapa yang tak suka kentang goreng atau ayam goreng dengan tepung renyah? Meski lezat, namun merendam makanan dalam minyak dalam waktu lama akan membuat kadar kolesterolnya meningkat drastis. Solusinya, Anda bisa menggunakan teknik memasak yang bernama oven fries. Teknik masak ini dilakukan dengan cara memanggang makanan, namun memiliki hasil mirip seperti makanan yang digoreng. Caranya, lapisi ayam atau kentang dengan corn starch kemudian panggang hingga matang.

Gunakan untuk Membuat Camilan Manis

Anak-anak tentu suka dengan camilan yang manis dan renyah. Namun membeli snack dalam kemasan bukanlah ide yang baik karena berbagai kandungan di dalamnya. Nah, Anda bisa memanfaatkan corn starch untuk membuat aneka camilan manis, misalnya dengan mencampurkan selai kacang atau cokelat leleh ke dalamnya.

Dijadikan Kue Kering

Mengingat teksturnya yang renyah, corn starch juga cocok sekali dijadikan campuran kue kering. Anda tinggal menambahkan tepung jagung ini ke dalam adonan kue kering dan memanggangnya hingga matang. Rasa gurih dari corn starch cocok dipadukan dengan berbagai bahan yang biasa dipakai dalam kue kering, misalnya saja choco chips dan juga keju.

Dijadikan Kulit Pie

Renyahnya kulit pie buatan Anda akan semakin terasa dengan campuran corn starch di dalamnya. Selain itu, corn starch juga membuat tekstur kulit pie lebih tahan lama dan tidak mudah melempem. Anda bisa memvariasikan kulit pie ini dengan berbagai isian, baik yang manis ataupun yang asin.

Untuk Lapisan Es Krim Goreng

Ya, es krim goreng tak cuma bisa dinikmati di kafe saja. Kini Anda bisa membuatnya sendiri dan tak akan leleh dengan mudah karena lapisan corn starch yang tebal. Lapisan corn flakes ini juga akan memberikan kerenyahan yang lebih saat disantap.

 

Corn starch ini bisa lebih mudah dicampurkan ke dalam lebih banyak variasi makanan, misalnya saja saat Anda ingin membuat roti. Corn starch juga pas dijadikan campuran untuk kue kering. Untuk mendapatkan corn starch berkualitas, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.