Agar Tak Keseringan Gagal, Ini Trik Membuat Brownies Kukus yang Harus Diingat

  • brownies kukus

Berkumpul dengan keluarga tidak akan lengkap tanpa hadirnya penganan yang enak. Kudapan tersebut bisa saja terdiri dari makanan berat, minuman ringan, hingga kue-kue manis seperti brownies kukus. Brownies kukus menjadi favorit dan kerap dijadikan salah satu menu andalan untuk arisan, silaturahmi, atau kumpul keluarga.

Hal ini dikarenakan rasanya yang manis dengan bahan utama cokelat yang nikmat. Penganan ini pun dapat disajikan dengan beragam jenis minuman, mulai dari teh hingga sirup. Sayangnya, membuat Brownies kukus cenderung rumit sebab jika tidak dilakukan dengan benar, maka bisa jadi kue ini tidak dapat dinikmati dengan sempurna.

Lantas, bagaimana cara membuat Brownies kukus yang benar? Berikut beberapa trik yang dapat Anda terapkan agar tak keseringan gagal!

Gunakan Dark Cooking Chocolate 72%

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dengan matang saat mulai membuat Brownies kukus adalah bahan yang digunakan. Cokelat pun menjadi bahan utama yang membutuhkan perhatian khusus dalam proses pembuatan brownies kukus sehingga Anda harus memakai Dark Cooking Chocolate minimai 72% agar hasilnya maksimal.

Pasalnya, cokelat jenis ini berbeda dari cokelat bubuk biasanya yang cenderung menghasilkan Brownies yang lebih kering serta sulit meleleh saat dipanggang. Jangn lupa pastikan Dark Cooking Chocolate yang akan Anda pakai tidak kedaluwarsa.

Pemilihan Loyang yang Tepat

Siapa sangka bahwa pemilihan loyang juga berpengaruh pada hasil kue Anda? Loyang yang tepat dan sesuai dengan jumlah adonan akan menghasilkan Brownies dengan tekstur dan kelembutan yang pas.

Loyang yang kebesaran akan menghasilkan kue tipis, keras, serta terlalu matang. Sebaliknya, loyang yang kekecilkan akan membuat Brownies tebal dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda.

Tunggu Hingga Cokelat Sesuai Suhu Ruangan

Bukan hanya itu, suhu ruangan juga menjadi faktor penting jika ingin mendapatkan Brownies kukus dengan cita rasa tinggi. Setelah melelehkan cokelat dalam takaran pas, Anda tidak boleh langsung menuang cokelat ke adonan.

Disarankan agar Anda menunggu hingga cokelat sesuai dengan suhu ruangan. Trik ini bertujuan untuk menghindari cokelat hangus saat adonan kue ini dipanggang.

Waktu Pemanggangan Selama 30-40 Menit

Trik yang tidak kalah pentingnya dalam proses pembuatan menu satu ini yaitu waktu pemanggangan yang sebaiknya hanya berlangsung selama 30-40 menit. Proses pemanggangan ini tidak boleh terlalu sebentar atau lama.

Pastikan Anda menggunakan alat penghitung waktu untuk menghitung waktu ini. Jangan pernah mengira-ngira waktu pemanggangan karena hal ini bisa saja menyebabkan Brownies kukus buatan Anda kehilangan kenikmatannya.

Nah, itu tadi beberapa trik khusus membuat Brownies kukus. Salah satu yang penting untuk Anda perhatikan yakni penggunaan Potato Starch pada Brownies. Komponen bahan makanan ini menjadi salah satu bahan yang harus ada saat membuat kue apapun.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan Potato Starch yang bisa digunakan untuk memperbesar ukuran produk maupun sebagai pembentuk tekstur tanpa mengubah rasa pada makanan. Selain itu, bahan makanan ini biasanya dimanfaatkan sebagai pelapis dan pengikat makanan.

Bagi yang penasaran di mana mendapatkan Potato Starch, Anda tidak perlu khawatir. Bahan makanan ini bisa Anda dapatkan di Markaindo. Markaindo sendiri menyediakan bahan makanan dan pengawet yang aman serta beragam bahan tambahan pangan lainnya dengan mutu yang terjamin.

Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi websitewww.markaindo.co.id atau konsultasi melalui e-mail di marketing@markaindo.coid. Nah, tunggu apalagi? Segera buat Brownies kukus terbaik Anda sekarang juga!