Agar Enak Disantap, Begini 3 Cara Mengolah Daging yang Benar

  • clip daging

Daging sapi merupakan makanan yang dijadikan sebagai salah satu sumber protein terbaik. Selain protein, daging yang satu ini juga mengandung zat besi, selenium, zink, vitamin B kompleks, serta omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan hanya karena kandungan gizi, daging sapi difavoritkan karena kemudahannya untuk diolah ke dalam beragam macam menu makanan. Beberapa makanan olahan daging yang populer yakni antara lain sate, rendang, dendeng, semur, dan bakso.

Nah, untuk mendapatkan kesempurnaan cita rasa dari sepotong daging sapi, ada baiknya jika Anda melakukan pengolahan secara benar. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

Proses Pembersihan dan Pencucian Daging

Langkah pertama untuk pengolahan daging sapi yang benar terletak pada proses pembersihan dan pencucian daging. Ketika mencuci atau merendam daging, ada baiknya jika waktu yang digunakan tidak terlalu lama.

Proses perendaman yang lama akan menghilangkan gizi yang terkandung pada daging. Hal ini juga berisiko membuat daging terasa keras setelah dimasak. Selain itu, jangan pernah merendamnya di dalam air sebab akan membuat daging berwarna pucat.

Proses Pemotongan yang Benar

Ketika daging sapi masih mentah, tekstur yang dimiliki terkesan alot. Maka dari itu, ketika akan memotongnya, ada baiknya untuk memotong dengan cara melawan arah serat. Hal ini akan berguna agar nanti jika dimasak, maka daging tidak akan menempel dan rasanya menjadi lebih empuk.

Proses Memasak Daging

Nah, kunci terakhir untuk mendapatkan daging yang enak disantap adalah terletak pada proses memasaknya. Seluruh proses memasak ini akan menentukan cita rasa daging sapi yang Anda olah. Ada beberapa proses memasak daging, antara lain sebagai berikut:

Dengan Cara Direbus

Ketika merebus daging, disarankan untuk tidak memotongnya terlalu besar agar teksturnya lebih cepat empuk dan bumbunya segera meresap.

Dengan Cara Dipanggang

Jika akan mengolah daging dengan cara dipanggang, ada baiknya untuk memilih bagian paha. Sebelum diolah, rendam daging sapi yang telah dipotong ke dalam bumbu selama 2 jam.

Dengan Cara Digoreng

Bagi Anda yang mengolah daging dengan cara digoreng, daging has dalam seharusnya telah diberi bumbu hingga benar-benar terasa empuk. Adapun ketebalan potongan daging berkisar antara 1,2 hingga 2 sentimeter.

Bukan hanya proses pengolahan yang perlu diperhatikan ketika membuat makanan berbahan daging sapi, tapi juga alat yang digunakan. Beberapa alat yang sering digunakan untuk mendapatkan makanan dari olahan daging antara lain smoked house, mesin gilingan, cooling chamber, mesin packaging, dan yang populer adalah clip daging.

Clip daging inilah yang akan bermanfaat untuk menjaga kualitas dan aroma daging sebelum diolah. Tidak hanya itu, clip daging juga berguna untu menghindarkan daging dari bau serta bakteri dan kuman yang beredar di lingkungan sekitar.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang detil produk dan cara pemesanan clip daging dan perlengkapan pengolahan makanan lainnya, Anda dapat menghubungi kami di halaman kontak website di www.markaindo.co.id. Anda juga dapat mengirimkan email ke  marketing@markaindo.co.id. Berbelanja perlengkapan usaha pangan yang mudah, praktis dan lengkap hanya di Markaindo Selaras.