8 Fakta Seru Tentang Burger yang Jarang Diketahui

  • Bahan burger

Salah Satu makanan yang cukup digemari hampir di seluruh dunia adalah hamburger atau yang sering dikenal dengan sebutan burger. Makanan yang berbahan dasar daging (patty) dan roti ini menjadi salah satu makanan dari Amerika yang paling digemari hampir di seluruh dunia. DI Indonesia sendiri, burger juga menjadi favorit yang terbukti dengan banyaknya restoran fast food yang menjual burger sebagai menu utamanya. Menarik untuk melihat beberapa fakta dari burger yang pastinya belum Anda ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Fakta Burger yang Belum Diketahui

Burger Pertama

Kebanyakan orang mungkin banyak yang menyangka jika burger berasal dari Amerika. Tetapi sebenarnya nyatanya kata hamburger diambil dari kota asalnya yaitu Hamburg, Jerman. Berdasarkan sejarahnya, Louis Lassen yang menemukan burger pada tahun 1900. Di awal hamburger ditemukan, makanan ini disajikan selayaknya sandwich dengan isi daging.

Penemu Burger di Amerika

Sejarah berawal dari para imigran yang berasal dari Hamburg mulai berdatangan ke Amerika Serikat, lalu mengenalkan burger kepada para penduduk Amerika. Maka dari itu, dulu makanan ini sempat dikenal dengan hamburg steak karena dimakan seperti steak, bukan hamburger saat ini.  Pada tahun 1885 Frank dan Charles Menches (kakak beradik) yang tinggal di kawasan Hamburg, New York, yang menjadi penemu pertama burger di Amerika Serikat. Ketika keduanya berjualan sandwich dan kehabisan sosis, mereka menggantinya dengan daging sapi cincang yang dibuat bulat. Ternyata, para konsumen saat itu menyukai sandwich yang dilapisi daging sapi tersebut. Namun, Library of Congress menyebut restoran Louis' Lunch sebagai tempat pertama yang menjual hamburger pada tahun 1895.

Berganti Nama

Diperkirakan pemerintah Amerika sempat mengubah nama hamburger menjadi Liberty Sandwiches setelah perang dunia kedua. Namun tidak diketahui apa alasannya. Namun, nama tersebut tidak bertahan lama karena publik sudah jatuh cinta dengan 'hamburger'.

Baca juga : Yuk Buat Burger dengan Bumbu Burger TVP

Tingkat Konsumsi

Terdapat fakta jika tingkat konsumsi makan burger di Amerika mencapai 13 juta per porsi per tahun. Diperkirakan jumlah ini sama dengan jarak 32 kali keliling dunia. Jumlah konsumsi tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat, tentunya bila digabungkan dengan negara lain, jumlahnya pasti akan banyak sekali.

Burger Sayuran

Patty yang paling populer berasal dari daging sapi. Namun, untuk sebagian orang yang tidak mengonsumsi daging sapi (vegetarian), akan sangat sulit mengonsumsi burger. Di India terdapat restoran cepat saji yang menjual burger dari sayuran. Bahan utama yang mereka gunakan adalah kacang kedelai.

Burger Paling Mahal di Dunia

Di Las Vegas, Amerika Serikat ada burger paling mahal di dunia yakni The Fleur Burger 5000 yang dijual seharga $5000. Hal ini karena dalam pembuatannya, menggunakan daging wagyu kelas teratas sebagai sumber protein utamanya. Burger ini juga dilengkapi dengan topping foie gras dan truffle terbaik di dunia. Selain itu, setiap pembelian burger ini akan dilengkapi dengan satu botol wine Chateau Petrus 1995.

Makanan Favorit Elvis Presley

Ternyata salah satu makanan kesukaan Elvis Presley adalah burger. Hampir di setiap turnya, ia harus makan burger terlebih dulu sebelum bernyanyi di atas panggung.

Hall of Fame

Karena cukup terkenalnya burger, membuat makanan ini dijadikan salah satu hall of fame. Galeri reputasi ini berada di Seymour, Wisconsin, Amerika Serikat. Bagi Anda yang menjadi penggemar burger, harus mengunjungi tempat ini.

Sekarang untuk menyantap burger tidak hanya membelinya di restoran cepat saji. Anda bisa membuat sendiri burger dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Sekarang burger bisa dibuat bukan hanya mengandalkan daging saja. Sekarang Anda bisa berkreasi membuat burger dengan bahan burger pengganti daging dari nabati. Salah satu produk inovasi pangan yang banyak dikembangkan dan telah digunakan secara komersil saat ini dan bisa menjadi bahan burger adalah Texturized Vegetable Protein atau yang lebih dikenal dengan TVP.

Texturized Vegetable Protein (TVP) bisa disebut juga sebagai bumbu yang dibuat dari tepung kedelai yang telah dikukus dan dikeringkan, sehingga menjadi protein lezat. Tekstur dari TVP mirip daging cincang, dan rasanya lezat jika dimasak dengan berbagai bumbu. TVP menjadi bahan yang sering dijadikan sebagai proses pengolahan produk daging olahan seperti sosis, burger, nugget dan lain-lain.

Jika Anda ingin membeli bahan burger secara hemat, Anda bisa mendapatkan Texturized Vegetable Protein di Indonesia melalui PT. Markaindo Selaras. Anda bisa menghubungi mereka di www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Produk Texturized Vegetable Protein yang dijual Markaindo merupakan produk dari Crown soya, Crown soya sendiri adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk-produk olahan yang terbuat dari kedelai. dan produk-produk dari crown soya juga sudah berstandard internasional, jadi jangan ragu membeli produk Texturized Vegetable Protein di Markaindo.