8 Bahan Baku Makanan yang Harus Ada di Dapur

  • bahan baku makanan

Bagi mereka yang memiliki hobi memasak, memerhatikan persediaan bahan baku makanan di dapur adalah hal yang tidak bisa ditawar. Namun, faktanya hal ini sebaiknya dilakukan oleh siapapun.

Tersedianya bahan-bahan baku makanan di dapur akan membantu Anda ketika malas untuk ke warung. Solusinya, Anda bisa memasak sendiri makanan untuk disantap. Rasa yang ditawarkan pun tentu saja dapat di sesuaikan dengan lidah sendiri.

Nah, apa saja bahan baku makanan yang standby di dapur? Yuk, simak 8 listnya di bawah ini:

Garam dan Merica

Kedua bumbu dapur ini merupakan bahan-bahan yang wajib hadir di dapur. Pasalnya, garam dan merica adalah bumbu yang paling penting agar masakan lebih berasa. Seenak apapun sebuah masakan, jika tidak memiliki garam atau merica yang sesuai, maka masakan tersebut akan menjadi hambar.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bahan-bahan baku makanan yang selanjutnya harus dipastikan keberadaan adalah bawang merah dan bawang putih. Setelah garam dan merica, bumbu dasar ini dibutuhkan untuk membuat beberapa jenis makanan, misalnya sup, sayuran, serta gorengan. Agar tahan lama, tempatkan bawang di tempat yang kering di dalam toples.

Telur

Untuk membuat makanan dengan praktis, Anda dapat menggunakan telur sebagai bahannya. Telur memiliki beragam kemungkinan untuk diolah, baik digoreng atau direbus. Selain itu, kandungan protein di dalamnya akan menjadi asupan nutrisi yang baik oleh tubuh.

Minyak Goreng

Beberapa masakan diolah dengan bahan dapur yang satu ini. Minyak goreng pun seperti menjadi tuan rumah di dapur. Sebagai contoh, ketika ingin menggoreng ayam, ikan, atau telur, bahkan menumis sayur pun membutuhkan minyak goreng agar dapat dinikmati.

Ada beberapa minyak goreng yang dapat diandalkan untuk memasak, antara lain minyak sayur atau minyak sawit.

Kecap dan Saus Sambal

Bahan baku makanan lainnya yang tidak dapat dipisahkan sebagai bahan pelengkap sebuah masakan adalah kecap dan saus sambal. Kedua bahan ini bersifat praktis dalam penggunaannya. Kecap berguna untuk memberikan rasa manis, misalnya nasi goreng atau semur. Sementara untuk saus sambal akan memberikan rasa pedas dan gurih sehingga Anda tidak perlu lagi menghaluskan cabai.

Gula

Siapa yang tidak suka dengan rasa manis? Penggunaan gula sangat dibutuhkan untuk beragam makanan dan minuman, mulai dari memasak sayur, membuat kue, hingga membuat teh atau kopi.

Kaldu

Keberadaan kaldu dalam sebuah masakan akan memberikan rasa sedap. Kaldu ini dapat berasal dari olahan sendiri maupun olahan sehingga praktis untuk digunakan.

Makanan Awetan Hewani

Bahan pangan makanan terbagi ke dalam dua jenis, yakni bahan pangan nabati dan hewani. Nabati bersumber dari bahan makaan yang berasal dari olahan tanaman, sedangkan hewani merupakan bahan makanan yang bersumber dari olahan hewan seperti susu, telur, ikan, daging,dan sosis.

Makanan awetan hewani menjadi kebutuhan penting untuk di dapur Anda. Beragam varian masakan dapat dihasilkan dari bahan baku makanan yang satu ini melalui proses penggorengan atau perebusan.

Beragam aneka makanan awetan hewani dengan kualitas terbaik dapat Anda dapatkan di PT. Markaindo Selaras atau dengan menungunjungi websitewww.markaindo.co.id. PT. Markaindo Selaras adalah salah satu produsen penyedia bahan olahan pangan Anda. Jika ada pertanyaan, Anda cukup menghubungi email marketing@markaindo.co.id.