7 Makanan Sumber Kolagen Alami yang Baik untuk Kulit

  • Kolagen alami

Anda tipe orang yang senang melakukan perawatan kulit? Boleh-boleh saja merawat kulit dari luar dengan banyak produk skin care, namun tahukah Anda bahwa ada banyak makanan yang dapat membantu memberikan nutrisi untuk kulit dan wajah Anda dari dalam karena mengandung zat yang disebut kolagen? Kolagen adalah salah satu protein yang paling berlimpah dalam tubuh yang menghubungkan dan mendukung jaringan tubuh. Manfaat kolagen untuk tubuh dan kulit yaitu untuk menjaga elastisitas dan kekuatan protein kulit, otot, ligamen, tendon, serta tulang rawan. Ingin tahu makanan apa saja yang banyak mengandung kolagen alami dan bisa bermanfaat untuk mempercantik diri Anda? Berikut rekomendasi kami tentang 7 makanan sumber kolagen alami yang bagus untuk tubuh dan kulit wajah!

1. Kaldu tulang

Terdengar sedikit mengejutkan, bukan? Namun, hal ini nyata. Kaldu tulang merupakan salah satu makanan sumber kolagen, sehingga tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, namun kaldu tulang juga bisa memperbaiki saluran pencernaan sehingga mencegah inflamasi serta penuaan dini.

2. Produk kedelai

Produk yang berbahan dasar kedelai seperti susu kedelai dan keju sebenarnya mengandung elemen penting yang disebut genistein. Elemen ini membuat produk kedelai menjadi makanan sumber kolagen alami serta membantu menghambat enzim yang mudah hancur dan membuat kulit cepat tua, sehingga anda dapat tetap tampil awet muda secara alami. Genistein terkandung di banyak produk berbahan dasar kedelai, termasuk yang disajikan sebagai pengganti produk hewani. Mulailah mengonsumsi banyak kedelai untuk mendapatkan manfaat kolagen yang menyehatkan.

3. Sayuran hijau gelap

Banyak zat yang bisa membantu produksi kolagen terdapat pada sayur-sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, kubis, dan kale. Daftarkan bahan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda untuk mendapatkan manfaat kolagen, karena bahan-bahan tersebut mengandung zat-zat pembangkit kolagen seperti antioksidan dan lutein. Bila Anda mengonsumsi 10 miligram bayam, Anda akan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit, serta mencegah keriput dan Anda akan terlihat awet muda secara alami.

4. Kacang-kacangan

Sebagai salah satu rahasia awet muda, produk kacang-kacangan mengandung hyaluronic acid (asam hyaluronat) yang tidak hanya baik untuk sendi dan tulang, namun juga kuat dalam memerangi penuaan dini. Konsumsi minimal dua sendok makan kacang-kacangan setiap harinya untuk hasil yang maksimal.

5. Ikan dan daging tanpa lemak

Kaya kandungan omega-3, ikan-ikan seperti mackerel, salmon dan tuna serta daging tanpa lemak juga merupakan makanan sumber kolagen, sehingga sangat membantu untuk memberikan perlindungan dari membran lemak di sekitar sel kulit. Sebagai salah satu resep awet muda secara alami, Omega-3 membuat sel tetap kenyal dan mencegah penuaan dini.

6. Vitamin C

Jeruk, cabe, jambu biji, dan segala makanan yang mengandung banyak Vitamin C merupakan sumber kolagen alami yang baik dalam pencegahan keriput, kecantikan kulit, serta menunda penuaan. Mengonsumsi Vitamin C merupakan salah satu cara merawat wajah secara alami agar awet muda. Kandungan kolagen dalam makanan ini perlu dikonsumsi setiap hari demi hasil yang maksimal.

7. Bawang putih

Makanan yang satu ini menawarkan asam lipoat dan taurine yang sangat membantu dalam proses produksi ulang kolagen yang rusak di dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga merupakan sumber sulfur terbaik, di mana sulfur merupakan salah satu unsur penting produksi kolagen.

 

Tidak hanya pada makanan alami, protein kolagen alami juga terdapat pada produk makanan olahan. Protein kolagen adalah salah satu unsur makanan yang mengandung protein hewani yang sangat bermanfaat demi kesehatan tubuh. Nah, salah satu zat additif alami yang memproduksi kolagen terdapat pada Kapro B95.

Diproduksi oleh perusahaan D.C.P. Ingredients di Belanda, Kapro B95 mempunyai manfaat yang sangat baik tidak hanya untuk meningkatkan kandungan protein produk olahan, namun juga untuk meningkatkan kolagen di dalam tubuh dan mempercantik kulit Anda. Bila berminat untuk membelinya, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo Selaras. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa dengan mudah mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id