7 Fakta Unik Hotdog yang Menarik untuk Diketahui

Penggemar makanan cepat saji tentu mengenal makanan satu ini. Ya, hotdog merupakan salah satu kudapan nikmat yang terbuat dari sosis dengan tambahan saus, sayuran, dan dijepit 2 tangkup roti. Di Indonesia, hotdog dikenal sebagai makanan khas dari Amerika. Namun sebenarnya, hotdog sendiri serta isiannya yang berupa sosis ditemukan di Jerman dan dikenal dengan nama frankfurter. Masih banyak fakta unik hotdog lainnya yang menarik untuk Anda ketahui. Yuk, simak informasinya:

Di Amerika, sosis = hotdog

Meski mengenal kata sausage (sosis), namun masyarakat Amerika lebih banyak menyebut sosis pada umumnya sebagai hotdog. Jenis sosis yang disebut dengan hotdog ini berukuran lebih kecil dari sosis khas Jerman yang bernama bratwurst. Hotdog juga memiliki ukuran yang lebih panjang karena mengikuti bentuk roti yang digunakan.

Hotdog bisa terbuat dari berbagai jenis daging

Di Indonesia, Anda hanya mengenal isian hotdog yang terbuat dari sosis ayam atau daging sapi. Namun di Amerika dan negara-negara Eropa lainnya, jenis daging yang digunakan untuk isian hotdog lebih bervariasi, mulai dari daging kalkun hingga babi. Bumbu yang digunakan juga lebih beragam, misalnya saja paprika atau keju.

Hotdog pertama kali dimakan dengan roti biasa

Roti yang digunakan untuk membuat hotdog biasanya dikenal dengan hotdog bun. Rasa, tekstur, dan warnanya mirip sekali dengan roti hamburger hanya saja bentuknya panjang mengikuti bentuk sosis. Saat pertama kali hotdog masuk ke Amerika pada tahun 1871, ternyata yang digunakan adalah roti tawar biasa. Variasi sayuran dan saus yang digunakan pun belum beragam seperti saat ini.

Penjual hotdog pertama di Amerika adalah orang Jerman

Fakta unik hotdog berikutnya berkaitan dengan kedai hotdog pertama yang ada di Amerika. Pada tahun 1871, seorang pembuat roti asal Jerman bernama Charles Feltman membuka kedai  hotdog pertama di Amerika, tepatnya di Coney Island. Pada saat itu, hotdog langsung populer sebagai salah satu makanan ringan yang murah, lezat, dan mengenyangkan.

Hotdog terbuat dari daging anjing?

Karena namanya, sempat beredar kabar di tahun 1845 bahwa bahan utama untuk pembuatan hotdog adalah daging anjing. Hal ini tentu mengejutkan lantaran di Amerika dan Jerman sendiri, anjing bukanlah hewan yang lazim dikonsumsi dagingnya melainkan lebih banyak dijadikan peliharaan. Namun untungnya kabar ini tidak terbukti.

Asal usul nama hotdog

Ada banyak fakta unik hotdog yang membahas mengenai asal usul nama hotdog. Tak jelas mana yang benar, namun informasi yang paling umum menyebutkan bahwa nama hotdog berasal dari bahasa Jerman untuk sosis, yaitu dachshund yang memiliki arti little dog atau anjing kecil. Ada pula yang menyebutkan bahwa karena dulu hotdog banyak dijual dengan menggunakan dog wagons (salah satu jenis mobil wagon) dalam keadaan masih panas, maka orang-orang menyebutnya dengan nama hotdog.

Hotdog pernah menjadi makanan kehormatan

Di Amerika dan Eropa, hotdog lebih dikenal sebagai jajanan murah karena harganya yang memang sangat terjangkau dan banyak dijual di pinggir jalan. Namun ternyata, ada fakta unik hotdog di mana pada tahun 1939, makanan ini pernah menjadi sajian kehormatan. Pada saat itu, Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt menyajikan hotdog kepada King George VI dari Inggris pada saat berkunjung ke Negeri Paman Sam.

Fakta unik hotdog berikutnya yang mungkin belum Anda tahu adalah makanan ini sangat mudah dibuat sendiri. Bahkan, sosis sebagai bahan isian hotdog juga bisa dengan mudah dibuat sendiri dan cukup menjanjikan dijadikan lahan bisnis. Anda bisa memperoleh pembungkus sosis berkualitas seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.